September 9, 2015

SHARP AQUOS Android TV juga Punya Remote Control yang Smart

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
SHARP AQUOS Android TV juga Punya Remote Control yang Smart  

MOBITEKNO – SHARP sedikit terlambat masuk ke pasar Indonesia dengan produk Smart TV dibandingkan beberapa produsen TV besar lainnya. Meski demikian, bukan berarti produk Smart TV SHARP dari seri AQUOS yang dirilis mereka baru-baru ini (9/9/2015) kalah canggih dibandingkan Smart TV lainnya di pasar (baca juga "SHARP Pasarkan Tiga Ukuran Layar AQUOS 4K Android TV di Indonesia"). 

Selain mengusung fitur yang biasanya dihadirkan pada TV kelas atas atau premium, seperti panel LCD 4K atau Ultra HH (3840 x 2160 pixels, 8,29 juta pixels), “segudang” aplikasi Android yang dioptimalkan untuk TV, dukungan Google Cast, SHARP AQUOS Android TV yang tersedia dalam tiga ukuran layar ini (50 inci, 58 inci, 65 inci) juga menyertakan remote control yang lebih cerdas dibandingkan remote control TV yang umumnya ditawarkan produsen TV.

Pada ketiga model AQUOS Android TV yang datang dari seri UE630X, yaitu 50UE630X (Rp 18 juta), 58UE630X (Rp 29,9 juta), dan 65UE630X (Rp 38,9 juta), SHARP telah menyertakan dua remote control sekaligus.

Selain remote pertamanya yang standar, AQUOS Android TV menyertakan remote control yang disebutnya berbeda dibandingkan remote pada TV umumnya karena menyediakan fasilitas touchscreen (mirip touchpad notebook) dan pencarian berbasis suara (voice search) yang mendukung 87 bahasa, termasuk Indonesia, dengan tingkat akurasi yang cukup tinggi.

Pada fasilitas voice search, pengguna cukup menekan tombol khusus pada remote tersebut dan langsung berbicara ke microphone agar diterjemahkan menjadi perintah pencarian. Pengguna diberi pilihan untuk melakukan pencarian pada TV yang menggunakan platform Android TV tersebut yang berkaitan dengan movie, klip TV, dan video YouTube.

Fitur touchscreen juga tidak kalah menarik. Berbeda dibandingkan produsen TV lainnya, remote control yang disebut SHARP sebagai Smart Remote memudahkan pengguna dalam melakukan navigasi antar-menu. Smart Remote tersebut juga menyediakan tombol khusus untuk menampilkan kursor seperti halnya kursor di Windows.

 

 

Tags: , , , ,


COMMENTS