July 7, 2023

Masuk Segmen Smart TV Premium, Sharp AQUOS XLED 4K Resmi Masuk Indonesia. Ini Fitur Unggulannya

Penulis: Iwan RS
Masuk Segmen Smart TV Premium, Sharp AQUOS XLED 4K Resmi Masuk Indonesia. Ini Fitur Unggulannya  

Mobitekno – Sharp (PT Sharp Electronics Indonesia) resmi meluncurkan Sharp TV AQUOS XLED 4K ke pasar tanah air. AQUOS XLED 4K merupakan generasi terbaru dari teknologi TV dengan desain, kualitas gambar, dan audio terbaik dari Sharp. Smart TV ini sebelumnya telah diperkenalkan oleh Sharp di Jepang pada tahun 2021 lalu.

Mengusung slogan “True To Life” (True Brightness x True Color), AQUOS XLED 4K mengunggulkan panel Mini LED yang menggabungkan keunggulan teknologi panel layar LCD dengan kecerahan tinggi, serta OLED yang menawarkan kontras dan warna yang lebih cemerlang.

Riset pasar avio terbaru mengungkap bahwa calon konsumen semakin menaruh minat pada TV layar besar dengan resolusi tinggi (4K). Menurut avio, perkembangan TV 4K akan mengalami peningkatan pada beberapa tahun ke depan. Avio memperkirakan bahwa pasar TV 4K akan tumbuh sekitar 17,54 persen secara YoY di pasar global pada 2023.

Smart TV Sharp AQUOS XLED 4K
Sharp meluncurkan AQUOS XLED 4K di pasar Smart TV premium di Indonesia.

Pasar TV 4K tampaknya akan melihat Compound Annual Growth Rate (CAGR) atau Tingkat Pertumbuhan Tahunan Gabungan sekitar 19 persen dalam periode lima tahun mulai dari 2022 dan 2027.

Fitur Unggulan Sharp AQUOS XLED TV

Panel Mini LED di TV AQUOS XLED 4K ini disebut telah dilengkapi dengan 2000 zona pencahayaan belakang (backlight dimming zones) alias 88 kali lebih banyak dibandingkan panel TV konvensional.

Menurut Sharp, AQUOS XLED 4K telah memiliki kecerahan 6 kali lipat lebih tinggi dibandingkan LCD TV. Level kontrasnya juga diklaim lebih tinggi dibandingkan dengan OLED TV standar yang ada di pasaran.

Selain kecerahan dan kontras, fitur Deep Chroma QD yang dimiliki AQUOS XLED 4K juga memberikan color gamut hingga 20% lebih luas dibandingkan TV konvensional lainnya. Jadi pengguna bisa menikmati pengalaman menonton dengan warna yang lebih hidup dan mendalam.

Smart TV Sharp AQUOS XLED 4K
Smart TV AQUOS XLED 4K tersedia dalam dua ukuran, 75 inci dan 65 inci.

Dari segi audio, smart TV ini dilengkapi dengan teknologi ARSS+ yang menghadirkan suara berkualitas tinggi. Terdiri dari 11 speaker surround yang mencakup Tweeter, Mid Range, dan Sub Woofer, TV AQUOS XLED 4K mampu menghasilkan suara kaya dengan daya hingga 85W, memberikan pengalaman audio yang lebih memuaskan di semua frekuensi, baik mid, high, maupun low.

Tak hanya itu, AQUOS XLED 4K juga telah menggunakan OS Google TV, yang memungkinkan pengguna untuk mengakses berbagai aplikasi dan layanan streaming konten video favorit mereka.

TV ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur konektivitas terkini, termasuk HDMI VRR (4K 120Hz), ALMM (Auto Game Mode Switching), dan eARC (Dolby Atmos Audio Output), serta mendukung fitur AMD Freesync untuk para gamer.

Sebagai informasi, fitur AMD FreeSync pada TV LED memungkinkan TV untuk menyesuaikan refresh rate dengan perangkat yang terhubung seperti Xbox One X, Xbox One S, atau komputer dengan GPU yang kompatibel dengan AMD FreeSync. Dengan fitur ini, gambar yang ditampilkan pada layar TV akan lebih mulus dan bebas dari efek tearing.

Harga TV Sharp AQUOS XLED 4K

Smart TV AQUOS XLED 4K tersedia dalam dua ukuran, yaitu 75 inci dan 65 inci. Untuk yang berminat memiliki TV ini, varian 65 inci akan tersedia mulai bulan Agustus 2023 di Indonesia dengan harga Rp 40 Jutaan. Sedangkan untuk 75 inci, di harga sekitar Rp 60 jutaan, yang baru akan tersedia dalam waktu dekat nanti.

Andry Adi Utomo, National Sales Senior GM, PT Sharp Electronics Indonesia mengatakan optimismenya atas peluncuran TV kelas premium Sharp kali ini. Pasarnya ada dan Sharp telah mempersiapkan berbagai strategi untuk memperkenalkan teknologi baru kami yang luar biasa guna meningkatkan penjualan. Kami menargetkan penjualan per tahun sebanyak 1.200 unit.

“Kami luncurkan kedua produk ini dengan harga sekitar Rp39.900.000,- untuk ukuran 65 inci dan Rp59,900,000,  untuk ukuran 75 inci. Sharp AQUOS XLED TV dapat dibeli di toko – toko elektronik rekanan kami baik toko tradisional, modern channel, hingga toko elektronik premium di seluruh Indonesia,” tutupnya.

Tags: , , , ,


COMMENTS