December 3, 2015

Review Lenovo Vibe S1: Bukan Sekadar Selfie, Tetapi Selfie Maker

Penulis: Desmal Andi
Review Lenovo Vibe S1: Bukan Sekadar Selfie, Tetapi Selfie Maker  

MOBITEKNO – Lenovo kembali merilis satu produk smartphone yang memiliki kemampuan kamera mengagumkan. Setelah diperkenalkan untuk pertama kalinya di ajang IFA berlin pada September 2015 lalu, kini Lenovo Vibe S1 dapat dinikmati oleh masyarakat Indonesia.

Namun, apa saja kemampuan yang diadopsi Lenovo Vibe S1? Mobitekno mendapat kesempatan untuk mencoba Lenovo Vibe S1 ini untuk diuji kemampuannya, terutama dalam hal kamera depan. Ya, Lenovo Vibe S1 memiliki dual kamera depan yang dapat menangkap objek secara terpisah sehingga hasil foto bisa difokuskan ke satu objek. Menariknya, pemilihan objek yang akan difokuskan, bisa dilakukan setelah proses mengambil gambar.

Kemampuan inilah yang menjadi andalan Lenovo Vibe S1. Lenovo sendiri menyebutnya sebagai Selfie MakerSmartphone. Lenovo juga menjadikan smartphone ini sebagai flagship di akhir tahun.

Lenovo Vibe S1 sendiri akan hadir dalam dua warna yang menarik khusus untuk pasar Indonesia. Kedua warna tersebut adalah Pearl White dan Midnight Blue. Keduanya dibalut dengan bezel yang membuat Lenovo Vibe S1 tampil lebih elegan.

Desain

Dari sisi desain, Lenovo Vibe S1 ini mengadopsi model sudut melengkung. Layarnya yang berukuran 5 inci dengan kemampuan full HD, sudah dibalut dengan lapisan pelindung Gorilla Glass 3. Bahkan Gorilla Glass 3 ini tidak hanya dibalut untuk layar depan, tetapi hingga ke bagian belakang Lenovo Vibe S1. Layarnya ini juga sudah mengadopsi teknologi 5 point multitouch untuk memudahkan konsumen dalam menggunakan Lenovo Vibe S1 sebagai smartphone yang menunjang aktivitas harian.

Di bagian atas ini juga terdapat dua kamera untuk kebutuhan selfie. Kamera dengan kemampuan 8 MP dan 2 MP ini digunakan bersamaan untuk menangkap objek dengan detail. Penangkapan objek dilakukan oleh kamera berkapasitas 8 MP. Sementara satunya lagi berfungsi untuk menciptakan efek blur atau bokeh dalam proses edit selanjutnya.

Port Micro USB terletetak di bagian bawah, diapit oleh lima lubang speaker di kiri dan kanannya. Dengan begitu, praktis, di bagian atas hanya terdapat port audio saja. Peletakan port audio ini tentu memudahkan konsumen jika ingin mendengarkan audio dalam kondisi smartphone berada di saku baju.

Di sisi kirinya terdapat port untuk SIM card yang bisa dikeluarkan dengan bantuan pin kecil (sudah disediakan dalam paket pembeliannya). Di bagian ini, konsumen bisa menggunakan dua SIM card berukuran nano. Anda juga bisa memasukkan micro SD berukuran hingga 128 GB untuk menambah kapasitas memori.

Di sisi kanan, terdapat dua tombol tipis untuk volume dan power. Desain tombol ini sama seperti seri-seri Vibe lainnya dari Lenovo. Dengan desain bodi belakang yang agak melengkung, mengakses tombol power dan volume ini menjadi lebih mudah.

Kini, balik Lenovo Vibe S1 menghadap ke bawah. Bodi belakang didesain agak melengkung. Kamera utama ada di bagian atas dengan lampu LED flash di bawahnya. Tidak ada fitur lain yang ada di bagian belakang ini. Hanya tulisan VIBE di bagia tengah dan brand Lenovo di bawahnya.

Fitur & Performa

Sebagai smartphone yang membawa label sebagai The Selfie Maker, sudah tentu keunggulan utama Lenovo Vibe S1 ada di kamera depan. Dual kamera yang ada di bagian atas mampu menangkap objek dengan detail. Aktifkan fungsi “Dual Camera” untuk mendapatkan efek blur pada hasil tangkapan selfie.

Dari hasil jepretan kamera depan ini melalui fungsi dual camera, Anda bisa menentukan objek yang ingin tampil lebih fokus. Objek lainnya akan dibuat blur. Tidak hanya untuk foreground, background pun bisa Anda fokuskan untuk tampil lebih jelas sehingga foreground akan tampil blur.

Tidak hanya itu, melalui fungsi edit sederhana, aplikasi bawaan Lenovo Vibe S1 juga bisa melakukan proses crop atau menghapus bagian-bagian yang ingin dibuang. Bahkan, melalui fungsi “Smart Cropping”, foto selfie Anda bisa diambil bagian tubuh atau wajah Anda saja secara otomatis. Dengan tambahan gambar lainnya, foto diri bisa disandingan dengan foto background menara Eiffel atau Piramida di Mesir. Dengan demikian, Anda seolah-olah sedang melakukan selfie di lokasi tersebut.

Tidak hanya kamera depan yang tampil menjadi keunggulan lenovo Vibe S1. Kamera belakang yang beresolusi 13 MP juga mampu menangkap gambar dengan jelas dan detail. Beberapa efek juga sudah disediakan di dalamnya. Dengan adanya BSI sensor, kamera ini bisa menangkap objek dalam suasana yang kurang cahaya. Dengan bantuan LED Flash, objek gambar menjadi lebih terang.

Tidak hanya itu saja, Lenovo Vibe S1 yang dibekali dengan prosesor MediaTek MT6752 64bit 1,7 GHz Octa-Core dan GPU Mali T760 MP2, mampu menjalankan file multimedia dengan lancar. Video HD 720 berjalan dengan mulus. Apalagi dengan memori sebesar 3 GB RAM, membuat semuanya terassa lancar.

 

Untuk masalah baterai, Lenovo Vibe S1 menggunakan jenis Litium Polymer 2.500 mAh. Memang, karena bukan dikategorikan sebagai smartphone Captain Power, baterai tidak terlalu besar. Jadi jika dijejali dengan aplikasi yang cukup banyak,, tampaknya kapasitas 2.500 mAh masih terasa kurang. Kemampuan baterainya kurang dari 12 jam.

Untuk aplikasi, sama seperti seri Lenovo premium lainnya, Lenovo Vibe S1 sudah dibekali aplikasi yang optimal untuk menunjang aktivitas sehari-hari.Aplikasi bawaan lenovo seperti Share It dan Sync It juga terdapat di dalamnya. Bahkan, melalui fungsi Secure Zone, Anda bisa membuat ruang privasi untuk berbagai file penting.

Lenovo Vibe S1 juga dibekali dengan fungsi Quick Snap untuk mengaktifkan kamera secara cepat. Aktifkan fungsi ini, kamera bisa aktif hanya dengan melakukan “Double press” pada tombol volume. Fungsi Knock to light juga bermanfaat untuk mengakses screen secara cepat dengan mengetuknya dua kali. Hal ini tentu berguna saat Anda membutuhkan fungsi smartphone secara cepat, walau dalam keadaan layar sedang terkunci.

Anda juga bisa menemukan fungsi lainnya, seperti Smart Scene untuk mengganti scene pada smartphone dan Wide Touch untuk mengakses beberapa fungsi melalui shortcut.

Performa

Kemampuan Lenovo Vibe S1 ternyata tidak hanya mengandalkan dual camera saja. Dari hasil pengujian beberapa aplikasi benchmark, ternyata Lenovo Vibe S1 juga mumpuni untuk melakukan berbagai hal, seperti pekerjaan rutin dari kantor, bahkan untuk bermain game.

Berikut ini hasil benchmark dari beberapa aplikasi.

Antutu:

 

PC Mark:

 

3D mark:

Spesifikasi

Ukuran layar 5 inci Full HD Gorilla Glass 3
Sistem Operasi Android 5.0 Lollipop
Prosesor MediaTek MT6752 64bit 1,7 GHz Octa-Core
GPU Mali T760 MP2
Kamera 13 MP (belakang); 8 MP & 2 MP (depan) dengan BSI sensor
RAM 3 GB
Storage 32 GB + Micro SD up to 128 GB
Jaringan GSM / HSPA / 4G LTE
Kartu SIM Dual microNanoSIM Card
Komunikasi Wi-Fi 802.11 b/g/n, Hotspot, Bluetooth 4.0, GPS, Micro USB
Baterai Li-Po 2500 mAh

 

Kesimpulan

Lenovo Vibe S1 tidak hanya unggul dalam segi kamera, terutama kamera depan yang memiliki fungsi Selfie Maker, tetapi juga bagus kinerjanya dalam menunjang pekerjaan dan aktivitas sehari-hari. Ukurannya yang 5.0 inci membuat Lenovo Vibe S1 nyaman digenggam. Hal ini ditambah dengan bodi belakang yang sedikit melengkung sehingga dapat menyesuaikan dengan permukaan telapak tangan sehingga lebih menempel saat dipegang dan dibawa kemanapun.

Seperti kebanyakan smartphone Lenovo lainnya, aplikasi dalam lenovo Vibe S1 ini sudah cukup lengkap dalam keadaan standarnya. Dengan demikian, tanpa harus menambah aplikasi lainnya, Anda sudah bisa beriteraksi dengan teman-teman melalui Lenovo ibe S1.

Untuk masalah kinerja, dengan prosesor dan GPU yang andal, Lenovo Vibe S1 dapat diajak untuk menunjang aktivitas harian. Khusus untuk foto Selfie, sudah jelas kemampuan smartphone ini di atas smartphone lainnya. Hasil kamera pun jauh dari kata mengecewakan. Memang, tidak seperti saudaranya, Vibe Shoot, yang memiliki mode Profesional dalam kamera belakang, di lenovo Vibe S1, walau hanya menggunakan mode Auto, hasil gambar tampak begitu jelas, termasuk di ruang yang kurang cahaya.

Apabila digunakan untuk aktivitas rutin yang tidak memerlukan terlalu banyak aplikasi, baterai sebesar 2.500 mAh Litium polymer sudah dapat menunjang smartphone dalam satu hari. Namun, jika penggunaannya cukup sering, terutama untuk sosial media dan kebutuhan selfie yang berlebihan, daya baterai tidak sampai 12 jam.

Secara keseluruhan, Lenovo Vibe S1 bisa menjadi teman untuk aktivitas harian. Bahkan, dengan kemampuan Selfie Maker, Lenovo Vibe S1 dapat dijadikan sarana untuk bergaul dan menambah teman.

Tags: , , , ,


COMMENTS