March 19, 2024

Rampungkan Akusisi Splunk, Cisco Perkuat Posisinya di Pasar Keamanan Siber

Penulis: Rizki R
Rampungkan Akusisi Splunk, Cisco Perkuat Posisinya di Pasar Keamanan Siber  

Mobitekno – Cisco (NASDAQ: CSCO) telah mengukuhkan posisinya dalam menyediakan visibilitas dan wawasan yang tak tertandingi di seluruh jejak digital perusahaan usai merampungkan proses akuisisi Splunk. Dalam era digital yang terus berkembang, konektivitas dan perlindungan yang holistik menjadi kunci. Perusahaan harus menghubungkan dan melindungi semua aspek bisnis mereka, dari orang hingga perangkat, dari data hingga aplikasi, dari ancaman keamanan hingga risiko bisnis.

Lewat langkah ambisius ini, Cisco menghadirkan kekuatan jaringan dan solusi keamanan terdepan untuk memberikan tampilan menyeluruh dari lanskap digital perusahaan secara real-time.

“Kami sangat bersemangat menyambut kehadiran Splunk secara resmi di Cisco,” kata Chuck Robbins, Chair dan CEO Cisco. Ia menekankan bahwa dengan bergabungnya Splunk, Cisco akan merevolusi cara perusahaan memanfaatkan data untuk menghubungkan dan melindungi setiap aspek dalam bisnis mereka, sambil mendorong revolusi AI.

Splunk

Gary Steele, Executive Vice President dan General Manager Splunk, juga menegaskan bahwa penggabungan kedua perusahaan akan memberikan nilai besar bagi pelanggan di seluruh dunia, dengan menyediakan visibilitas dan wawasan yang komprehensif di seluruh jejak digital perusahaan.

Pengadopsian dan dampak AI telah melampaui segala yang pernah ada sebelumnya, dan untuk benar-benar memanfaatkannya, infrastruktur yang tepat, data yang melimpah, platform keamanan yang solid, dan solusi observability real-time diperlukan. Dalam hal ini, Cisco memegang peran kunci dengan menyediakan solusi yang memadai untuk mendukung dan mengelola AI.

Benefit Usai Akusisi Splunk oleh Cisco

Menyusul akuisisi ini, pelanggan akan merasakan sejumlah manfaat, termasuk keamanan yang lebih baik, solusi observability full stack, jaringan yang aman dan tangguh, serta pemanfaatan AI yang lebih besar. Pendekatan platform dari kedua perusahaan ini juga akan membantu pelanggan untuk mengonsolidasikan produk, meraih outcomes bisnis yang lebih baik, dan mengurangi biaya.

Cisco AI Assistant

Selain itu, ekosistem mitra dari kedua perusahaan ini akan membawa inovasi baru dalam meningkatkan keamanan, observability, dan kemampuan platform data. Pelanggan dapat mengharapkan sejumlah inovasi dalam beberapa bulan mendatang, yang akan ditampilkan di acara-acara industri seperti Cisco Live dan .conf24.

Dengan kesatuan ini, Cisco dan Splunk membuka era baru dalam kemajuan teknologi dan transformasi digital bisnis. Dalam era di mana data adalah aset terbesar, kemitraan semacam ini menjanjikan perkembangan yang signifikan bagi pelanggan, mitra, dan pengembang di seluruh dunia.

Rincian Transaksi

Dalam perjanjian ini, Cisco mengakuisisi Splunk dengan nilai US$157 per saham tunai, merepresentasikan  sekitar US$28 miliar dalam nilai ekuitas. Transaksi ini diharapkan menghasilkan arus kas positif (tidak termasuk item terkait akuisisi tertentu dan item lainnya) dan peningkatan margin kotor non-GAAP pada tahun fiskal Cisco 2025, dan peningkatan EPS non-GAAP pada tahun fiskal 2026. Selain itu,akuisisi ini juga akan mempercepat pertumbuhan pendapatan Cisco dan ekspansi margin kotor non-GAAP.

Splunk

Cisco dan Splunk melaporkan rampungnya akuisisi ini kepada NASDAQ dan meminta NASDAQ menyampaikan pemberitahuan delisting kepada Securities and Exchange Commission (the “SEC”) atas nama Splunk. Penjualan saham Splunk di NASDAQ dihentikan sebelum pembukaan perdagangan hari ini.

Tags: , , ,


COMMENTS