February 19, 2024

Red Hat Developer Hub, Satu Tempat untuk Semua Kebutuhan Developer Kini Tersedia untuk Umum

Penulis: Rizki R
Red Hat Developer Hub, Satu Tempat untuk Semua Kebutuhan Developer Kini Tersedia untuk Umum  

MobiteknoRed Hat, penyedia solusi open source ternama di dunia secara proaktif meningkatkan pengalaman pengembangan perangkat lunak dengan menciptakan Red Hat Developer Hub, serangkaian plug-in teknologi yang disumbangkan kepada komunitas Backstage. Ini bertujuan untuk memberikan solusi yang lebih aman, terukur, dan terverifikasi untuk para pengguna, serta memberikan fleksibilitas dan kendali yang lebih besar kepada perusahaan dalam mengelola lingkungan pengembangan mereka.

Balaji Sivasubramanian, senior director, Developer Tools Product Management, Red Hat, menjelaskan bahwa Red Hat Developer Hub memungkinkan perusahaan mengadopsi Internal Developer Platform (IDP) dengan lebih cepat dan mengembangkannya di perusahaan dengan cara yang fleksibel, lebih aman, dan mendapatkan dukungan penuh.

“Platform developer internal adalah tempat terbaik di mana pengetahuan domain dan praktik terbaik bersinggungan dengan tooling dan proses yang terstandarisasi, untuk meningkatkan pengalaman developer yang menghasilkan produktivitas lebih tinggi, time-to-market yang lebih cepat, dan jalur yang lebih efektif menuju inovasi,” ungkap Sivasubramanian.

Red Hat Developer Hub

Salah satu aspek penting dalam pengembangan perangkat lunak adalah keamanan, yang meliputi manusia, proses, dan tools. Red Hat Developer Hub telah memperkenalkan plug-in baru yang menyederhanakan manajemen pengguna melalui role-based access control (RBAC). Dengan RBAC, administrator dan pemimpin proyek dapat dengan mudah mengelola akses pengguna berdasarkan peran mereka dalam tim.

Plug-in ini dapat terhubung ke penyedia layanan otentikasi yang digunakan oleh perusahaan, memungkinkan pengaturan akses yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Red Hat Developer Hub Terintegrasi dengan Red Hat Trusted Software Supply Chain

Red Hat Developer Hub

Selain itu, Red Hat Developer Hub juga terintegrasi dengan Red Hat Trusted Software Supply Chain, sebuah solusi untuk mengamankan rantai pasokan perangkat lunak. Dengan kerangka kerja yang terverifikasi, solusi ini memastikan konten yang terkait dengan pengembangan perangkat lunak dapat dipercaya dan sesuai dengan standar keamanan.

Hal ini memberikan pembuktian dan pengesahan untuk bahasa, kerangka kerja, dan dependensi yang digunakan, serta memungkinkan platform engineering untuk merespons lebih cepat terhadap pembaruan yang diperlukan untuk keamanan dan kepatuhan.

Red Hat Developer Hub juga memperkenalkan pratinjau teknologi seperti Red Hat Trusted Application Pipelines, Red Hat Trusted Profile Analyzer, dan Red Hat Trusted Artifact Signer. Dengan demikian, Red Hat terus berkomitmen untuk memberikan solusi yang andal dan terpercaya kepada pengembang perangkat lunak.

Red Hat memperkuat posisinya sebagai pemimpin dalam pengembangan perangkat lunak yang aman, terukur, dan terpercaya. Diharapkan bahwa ketersediaan umum untuk pratinjau teknologi tersebut akan dirilis di akhir kuartal ini, membawa keamanan dan kendali yang lebih besar dalam pengembangan perangkat lunak.

Lara Greden, research director for Cloud Platforms, IDC, mengatakan, “Fragmentasi pengetahuan, kurangnya standarisasi pada tools dan dokumentasi, serta kompleksitas yang begitu besar, akan menghambat inovasi dan menyulitkan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan bisnis digital saat ini,”

Red Hat Ilustrasi 6

“Tim platform engineering dapat membantu menertibkan kekacauan tersebut; namun untuk membangun dan memelihara portal khusus bisa jadi sulit untuk ditingkatkan dalam jangka panjang. Red Hat Developer Hub melepaskan beban ini dari tim ini dan memberi mereka tools yang mendukung upaya DevOps kolektif, sehingga para developer dapat fokus pada penulisan kode dan memberikan keunggulan kompetitif untuk perusahaan mereka,” pungkas Greden.

Tags: , , , ,


COMMENTS