February 1, 2024

Samsung Innovation Campus Batch 5 Digelar, Siap Mengubah Wajah Talenta Terampil Digital di Indonesia

Penulis: Rizki R
Samsung Innovation Campus Batch 5 Digelar, Siap Mengubah Wajah Talenta Terampil Digital di Indonesia  

Mobitekno – Transformasi digital di Indonesia semakin masif terlihat di banyak sektor industri.  Menanggapi antusiasme masyarakat terhadap pemanfaatan produk dan layanan berbasis AI, Samsung Innovation Campus (SIC) Batch 5 kembali hadir sebagai wadah inovatif untuk membentuk talenta digital yang mumpuni di bidang Artificial Intelligence (AI), Internet of Things (IoT), serta Coding & Programming.

Sebuah survei mengungkapkan bahwa 75% penduduk Indonesia sangat antusias terhadap produk dan layanan berbasis AI, melihatnya sebagai kunci untuk mempercepat tugas dan pekerjaan.

Tak hanya itu, laporan memprediksi kontribusi AI terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia akan mencapai US$366 miliar pada tahun 2030. Meskipun minat ini tinggi, kekurangan talenta digital yang mahir AI menjadi kendala utama, dengan kebutuhan sekitar 600 ribu talenta baru setiap tahunnya hingga 2030.

Dalam upaya mengatasi tantangan ini, pemerintah Indonesia mengeluarkan Peraturan Presiden Nomor 68 tahun 2022 tentang revitalisasi pendidikan dan pelatihan vokasi. Fokusnya adalah meningkatkan daya saing lulusan di pasar tenaga kerja, khususnya dalam industri digital.

Samsung Innovation Campus

Sebagai langkah konkret, Samsung melanjutkan komitmennya melalui program Samsung Innovation Campus, mencapai batch 5 pada tahun ini.

Program Samsung Innovation Campus memberikan pelatihan formal kepada peserta, termasuk pengembangan soft skills dan karier. Dengan durasi program selama 6 bulan, peserta akan mendapatkan pengetahuan mendalam di bidang AI, IoT, Coding & Programming. Pada akhir program, mereka akan mengeksplorasi solusi teknologi dengan menciptakan prototipe produk yang menjawab permasalahan sehari-hari.

Ennita Pramono, Head of Corporate Citizenship Samsung Electronics Indonesia, menyatakan bahwa dengan perkembangan teknologi AI, kebutuhan akan talenta digital yang memiliki keterampilan AI semakin meningkat.

Program Samsung Innovation Campus, ungkap Ennita, bertujuan untuk membekali talenta muda Indonesia agar memiliki daya saing tinggi di tengah kebutuhan industri. Tidak hanya itu, program ini juga berperan memberikan keterampilan TIK kepada guru dan dosen untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Cara Mendaftarkan Diri di Samsung Innovation Campus (SIC) Batch 5

generative AI 01

Saat ini SIC Batch 5 2023/2024 telah memasuki fase pendaftaran sampai 31 Januari 2024 untuk siswa SMA/MA sederajat dan Mahasiswa (D3-S1) aktif. Karena tahun ini pertama kalinya Mahasiswa dilibatkan, maka ada tambahan waktu pendaftaran hingga 11 Februari 2024.

Bagi yang berminat silakan mendaftar melalui tautan berikut ini. Pendaftaran ini terbuka bagi pelajar SMK binaan program STI Samsung di kelas 10-11 (3 tahun akademik) dan kelas 11-12 (4 tahun akademik), siswa SMA dan MA sederajat di kelas 10 dan 11, serta untuk pertama kalinya dibuka juga untuk mahasiswa D3/S1 yang masih aktif dari berbagai universitas dan politeknik di seluruh Indonesia.

Khusus untuk mahasiswa, kurikulum SIC ini dapat dikonversi menjadi jam kuliah yang difasilitasi oleh Kemendikbud melalui program Kampus Merdeka, di mana proses ini dilakukan secara mandiri oleh mahasiswa yang bersangkutan dan melalui persetujuan kampus.

Samsung Innovation Campus

Program Samsung Innovation Campus Batch 5 tidak hanya memperkenalkan AI Course yang mencakup data science, machine learning, dan deep learning, tetapi juga Training of Trainer. Program ini, meskipun ditujukan untuk para guru, mendorong peserta agar dapat menjadi agen digital di lingkungan sekitarnya.

“Para peserta juga akan mendapatkan pelatihan soft skills & career development sebagai persiapan menghadapi dunia industri yang terus berkembang,” jelas Ennita.

Dengan kontribusi dari berbagai pihak, program Samsung Innovation Campus Batch 5 diharapkan tidak hanya mencetak talenta digital muda yang andal, tetapi juga menciptakan ekosistem pendidikan yang mampu merespons tuntutan industri di era digital. Indonesia, dengan lebih dari 5.919 alumni dari Batch 1-4, kini menantikan lebih dari 2.000 peserta untuk Batch 5, yang akan membawa inovasi baru dan energi segar dalam menghadapi tantangan teknologi masa depan.

Setiap tim terdiri dari 4 anggota dari sekolah yang sama. Untuk kategori SMA (setara) wajib didampingi satu guru yang ditunjuk dari sekolah. Tiap sekolah boleh mendaftarkan lebih dari 1 kelompok dan satu guru maksimal mendampingi maksimal 12 siswa (3 kelompok).

Seluruh peserta wajib mengikuti seluruh rangkaian program SIC Batch 5 yang akan digelar selama 6 bulan, mulai dari Februari hingga Juli 2024.

Dari masing-masing kategori akan diseleksi lagi menjadi 40 tim untuk melaju ke babak semifinal dan dikerucutkan menjadi 10 tim masing-masing untuk melaju ke babak final. Dari tiap kategori, juri akan memilih juara 1,2 dan 3. Sementara publik akan memilih satu tim untuk kategori People Choice Award, berdasarkan video yang paling banyak dipilih.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS