May 29, 2023

Berawal untuk Layanan Infrastruktur, Implementasi Cloud Mulai Rambah Sektor Ini. ICS Compute Perkenalkan SmartAi Shop

Penulis: Iwan RS
Berawal untuk Layanan Infrastruktur, Implementasi Cloud Mulai Rambah Sektor Ini. ICS Compute Perkenalkan SmartAi Shop  

Mobitekno – ICS Compute merupakan mitra lokal di Indonesia pertama yang meraih kompetensi DevOps dari provider cloud kakap Amazon Web Services (AWS), Inc. Sejak dua bulan berdiri, ICS Compute sukses menjadi Standard Consulting Partner dari AWS. Pada 2020 lalu, perusahan yang berkantor di kawasan bisnis Mega Kuningan, Jakarta ini dinobatkan sebagai ASEAN Rising Star Partner of the Year dan tahun lalu sebagai Consulting Partner of the Year (Indonesia) dari AWS.

Perusahaan sistem integrasi yang fokus pada cloud solution, ICS Compute memperkenalkan SmartAI Shop, sebuah kiosk ritel yang memanfaatkan layanan AWS (Amazon Web Services). Teknologi ini dikembangkan untuk menciptakan pengalaman belanja yang revolusioner kepada pelanggan.

CEO ICS Compute, Budhi Wibawa, mengatakan SmartAI Shop dilengkapi teknologi pengenalan wajah melalui layanan SaaS (Software as a Service) Amazon Rekognition. Melalui platform computer vision ini, kiosk dapat mengidentifikasi pelanggan secara individu saat mereka memasuki toko.

ICS Compute SmartAi Shop 05

ICS Compute SmartAi Shop 02

Menurut Budi yang juga penggemar dan pemerhati kopi ini, solusi ini memunghkinkan suatu SmartAI Shop dapat menyajikan pengalaman belanja yang personal dan disesuaikan dengan preferensi masing-masing pelanggan. Dengan informasi sejarah belanja dan preferensi pelanggan yang terdeteksi, kiosk ini dapat memberikan rekomendasi produk yang sesuai, meningkatkan kepuasan pelanggan.

SmartAI Shop juga menggunakan layanan Amazon SageMaker untuk memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) yang canggih. Dengan analisis data yang kuat, kiosk ini dapat mempelajari pola belanja pelanggan dan melakukan prediksi tren belanja di masa depan.

Melalui teknologi ini, sangat memungkinkan pemilik toko untuk mengoptimalkan stok produk, mengatur penawaran khusus, dan merancang strategi pemasaran yang lebih efektif. Bahkan, kata Budhi, SmartAI Shop memberikan pengalaman belanja yang dipersonalisasi dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

SmartAI Shop akan memanfaatkan teknologi IoT dari AWS dengan menggunakan sensor suhu dan sensor kelembaban, yang nantinya akan termonitor melalui Amazon Managed Service for Grafana. Teknologi ini untuk memastikan kondisi dan mutu produk terjaga dengan baik.

ICS Compute SmartAi Shop 07

ICS Compute SmartAi Shop 01

Sementara itu, saat ini ICS juga tengah mengembangkan produk-produk yg memanfaatkan AI dan machine learning seperti Face Recognition, Object Detection, TextTrack, OCR, dan lebih banyak lagi. Selain itu, ICS fokus memanfaatkan AWS IoT untuk membantu pelanggan yang membutuhkan solusi berbasis cloud untuk memonitor device maupun sensor IoT-nya masing-masing.

Hal ini sejalan dengan komitmen ICS untuk menyediakan solusi mutakhir bagi peritel di Indonesia. Terlebih jika merujuk International Data Corporation (IDC) yang memprediksi pasar cloud Indonesia akan menembus angka USD 1,3 miliar pada 2025 dengan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) sebesar 28,1 persen dalam rentang waktu lima tahun antara 2020-2025.

ICS optmis bisnisnya akan terus bertumbuh dengan tetap konsisten menjaga komitmen dalam menyediakan solusi mutakhir berkolaborasi dengan Tim AWS dan ISV Partner untuk mendorong transformasi digital dan kesuksesan bisnis di Indonesia.

Berdasarkan prediksi IDC, berbagai layanan dan fungsi-fungsi advanced dalam cloud computing akan semakin meningkat di Indonesia. Menurut Budi, pasar cloud di Indonesia yang sebelumnya lebih didominasi aspek infrastruktur dalam adopsi cloud akan memasuki tahap cloud transformation pada tahun 2025 nanti.

Ini berarti perusahaan-perusahaa pengguna cloud di Idnonesia akan bertransformasi ke fungsi-fungsi advanced yang bisa dilakukan dengan cloud, seperti pemanfaatan teknologi AI, machine learning, data analytics yang tersedia di cloud.

ICS Compute SmartAi Shop 03

ICS Compute SmartAi Shop 04

Sejauh ini ICS Compute telah mengembangkan berabagai produk dan solusi cloud yang memanfaatkan teknologi AI dan machine learning, seperti Face Recognition, Object Detection, TextTrack, OCR, dan lain sebagainya.

Selain itu, ICS fokus memanfaatkan AWS IoT untuk membantu pelanggan yang membutuhkan solusi berbasis cloud untuk memonitor device maupun sensor IoT-nya masing-masing.

ICS Compute menargetkan untuk meluncurkan solusi dengan fitur dan fungsi advanced ini di akhir tahun ini. Selain retail, sektor manufaktur, industri jasa keuangan, dan healthcare menjadi target ICS Compute untuk berbagai solusi berbasis teknologi terkini dan cloud.

Tags: , , , , , , , , , ,


COMMENTS