August 30, 2023

Samsung Innovation Campus Mainkan Peran Penting dalam Revolusi IoT

Penulis: Rizki R
Samsung Innovation Campus Mainkan Peran Penting dalam Revolusi IoT  

Mobitekno – Di dalam lanskap teknologi yang terus berkembang, Samsung Innovation Campus (SIC) besutan Samsung Electronics Indonesia senantiasa memainkan peran penting untuk menyediakan pendidikan dan pelatihan teknologi yang relevan. Dengan adopsi cepat Internet of Things (IoT) di Indonesia, SIC menjadi pusat perhatian dalam mempersiapkan siswa-siswi sekolah menengah untuk menjadi pengembang produk IoT.

Inisiatif inovatif ini mendorong penciptaan solusi prototipe IoT yang inovatif dan bermanfaat, berkontribusi pada masa depan yang lebih maju bagi Indonesia. Pentingnya penguasaan IoT tidak dapat diabaikan, karena aplikasinya tumbuh secara luas dan mempengaruhi gaya hidup kita.

Pertumbuhan eksponensial perangkat IoT, yang didukung oleh konektivitas yang merata, menegaskan pentingnya hal ini. Menyadari hal ini, Head of Corporate Citizenship Samsung, Ennita Pramono, menekankan komitmen Samsung Innovation Campus dalam membekali siswa-siswi sekolah menengah Indonesia dengan keterampilan sesuai dengan tuntutan industri untuk masa depan yang lebih cerah.

“Melalui Samsung Innovation Campus, Samsung berkomitmen untuk membekali anak-anak SMK dan Madrasah Aliyah di Indonesia dengan keterampilan yang relevan dengan kebutuhan industri, demi masa depan yang lebih baik,” ungkap Ennita.

Samsung Innovation Campus

Diluncurkan pada tahun 2019, Samsung Innovation Campus terus berkembang, menyesuaikan pelatihan teknologi informasinya dengan tren dan tuntutan saat ini. Inovasi signifikan telah muncul dari upaya Samsung Innovation Campus sebelumnya, seperti Teknologi Hidroponik Pintar (SAHYT), pemrograman pembelajaran jarak jauh berbasis web, dan helm canggih MyWay yang dirancang untuk tunanetra.

MyWay menggunakan Sensor Ultrasonik untuk mendeteksi hambatan dalam jarak 80 sentimeter. Melalui aplikasi WayApp, MyWay memberikan informasi penting kepada tunanetra, termasuk peringatan, notifikasi lokasi pengguna, dan bantuan deteksi hambatan. Samsung Innovation Campus menjadi platform bagi generasi muda Indonesia untuk mengembangkan pengetahuan teknologi kontemporer, memberdayakan mereka untuk membentuk masa depan yang lebih baik dan memajukan Indonesia.

Pengembangan produk IoT menjadi keterampilan penting yang dibutuhkan oleh industri saat ini, mengingat peran integral produk IoT dalam kehidupan manusia. Berbagai perangkat rumah tangga sehari-hari, mulai dari kulkas hingga mesin cuci dan bahkan unit pendingin udara, kini dapat terhubung ke Internet dan dikendalikan melalui smartphone. Jumlah perangkat IoT telah melampaui koneksi seluler di Indonesia.

Pada tahun 2022, perangkat IoT mencapai 400 juta dan diproyeksikan mencapai 678 juta pada tahun 2025. Sementara itu, koneksi seluler pada tahun 2022 mencapai 370,1 juta.

Samsung Innovation Campus Batch 4 2022/2023: Mendorong Pendidikan IoT

Komitmen berkelanjutan Samsung terhadap Samsung Innovation Campus ditegaskan oleh fokus pada keterampilan abad ke-21, seperti yang terlihat pada SIC Batch 4 2022/2023. Batch ini berpusat pada IoT dengan tema pendidikan, teknologi bangunan pintar, inisiatif berkelanjutan, dan pemberdayaan usaha kecil dan menengah.

Samsung Innovation Campus

Bootcamp Pengembangan Produk IoT yang sedang berlangsung dalam SIC Batch 4 berlangsung selama 12 minggu hingga September 2023. Program ini melibatkan pembelajaran gabungan, termasuk webinar, pembelajaran mandiri, proyek, pembelajaran sebaya, dan mentoring kelompok intensif dengan 25 mentor khusus untuk 500 peserta, yang terorganisir dalam 100 tim.

Sebagai pengakuan atas upayanya, komitmen Samsung dalam memberdayakan generasi muda Indonesia melalui pendidikan teknologi inovatif dihargai dengan Penghargaan Emas untuk Keunggulan dalam Penyediaan Literasi & Pendidikan pada The 15th Annual Global CSR & ESG Summit and Awards™ 2023. Penghargaan ini menguatkan komitmen Samsung dalam meningkatkan literasi dan pendidikan generasi muda, membekali mereka dengan keterampilan pemecahan masalah dan kreatif untuk masa depan yang penuh harapan.

“Tahun ini, upaya kami membawa generasi muda Indonesia lebih fasih dalam mengembangkan inovasi teknologi kembali mendapatkan penghargaan Gold Award untuk untuk kategori Excellence in Provision of Literacy & Education Award dari The 15th Annual Global CSR & ESG Summit and Awards2023. Penghargaan ini menjadi semangat baru atas komitmen kami untuk meningkatkan literasi dan pendidikan generasi muda dalam meningkatkan kemampuan memecahkan masalah secara kreatif dan mengembangkan keterampilan untuk masa depan,” pungkas Ennita.

Samsung Innovation Campus adalah bukti dari dedikasi Samsung Electronics Indonesia dalam membimbing generasi muda di Indonesia. Saat IoT terus membentuk lanskap teknologi, Samsung Innovation Campus membuka jalan bagi generasi pengembang produk IoT yang terampil, mendorong Indonesia menuju masa depan yang lebih maju dan sejahtera.

Tags: , , ,


COMMENTS