July 20, 2023

Top! Pengguna Smartwatch dengan Google Wear OS 3 Kini Bisa Pakai WhatsApp Layaknya di Ponsel

Penulis: Iwan RS
Top! Pengguna Smartwatch dengan Google Wear OS 3 Kini Bisa Pakai WhatsApp Layaknya di Ponsel  

Mobitekno – Setelah bertahun-tahun menunggu, WhatsApp akhirnya tersedia secara native di produk smartwatch (jam tangan pintar) berbasis Wear OS dari Google. Aplikasi standalone ini pertama kali diumumkan di ajang tahunannya Google I/O 2023 pada Mei 2023 lalu.

Dalam ajang tersebut, Google menyatakan bahwa aplikasi WhatsApp resmi mendukung sistem operasi (OS) smartwatch buatan Google, Wear OS. Ini berarti, aplikasi WhatsApp dapat diakses langsung lewat smartwatch yang menjalankan OS dari Google tersebut.

Tidak menunggu lama, aplikasi instant messenger paling populer di dunia ini akhirnya tersedia bagi pengguna smartwatch di seluruh dunia. Google menjelaskan bahwa aplikasi WhatsApp di perangkat WearOS memungkinkan pengguna dapat langsung membuat pesan baru, membalas pesan menggunakan suara, hingga melakukan panggilan suara.

WhatsApp Wear OS 01
Aplikasi WhatsApp standalone resmi hadir di smartwatch Wear OS. Pengguna kini dapat mengirim dan menerima chat, voice note, dan stiker.

 

Makin nyaman pakai WhatsApp di smartwatch

CEO Meta, Mark Zuckerberg, induk perusahaan Facebook yang menaungi berbagai platform media sosial, seperti Instagram dan WhatsApp hingga yang terbaru Threads, telah mengumumkan bahwa aplikasi WhatsApp smartwatch pertama kini sudah tersedia di Wear OS.

Melalu akun Meta Channel di Instagram, menyatakan Mark Zuckerberg bahwa pengguna telah dapat ber-WhatsApp-an dari pergelangan tangan berkat aplikasi WhatsApp untuk Wear OS.

Waktu peluncuran WhastsApp cukup menarik karena Samsung dijadwalkan akan merilis smartphone berbasis Wear OS seri terbaru, Galaxy Watch 6 pada 26 Juli 2023 nanti.

Raksasa Korea Selatan telah berkolaborasi erat dengan Google untuk meningkatkan kemampuan OS Wear untuk smartwatch mereka. Google juga secara aktif mulai meningkatkan OS untuk wearable devices tersebut sejak produk smartwatch Pixel Watch diperkenalkan mereka.

WhatsApp Wear OS 04
Kehadiran aplikasi WhatsApp standalone pertama kali dibocorkan Google di ajang tahunannya Google I/O 2023 pada Mei 2023 lalu.

 

Fitur ini membuat smartwatch menjadi perangkat yang lebih lengkap dan mandiri tanpa harus bergantung dari ponsel. Meskipun selam ini Bluetooth sync telah memungkinkan perangkat Wear OS seperti smartwatch dapat mengakses pemberitahuan/notifikasi WhatsApp, ponsel tetap masih diperlukan untuk menjawab pesan yang diterima tersebut.

Aplikasi beta untuk smartwatch Google sudah dirilis pada bulan Mei lalu, dan kini aplikasi mandiri WhatsApp (standalone app) telah diluncurkan untuk smartwatch. Syaratnya, smartwatch sudah menjalankan Wear OS 3 atau versi yang lebih baru.

WhatsApp untuk smartwatch merupakan aplikasi sederhana yang memungkinkan pengguna melakukan aktivitas pesan mendasar, seperti memulai percakapan baru, membalas pesan, dan menerima panggilan. Pengguna juga dapat mengirimkan pesan suara, emoji, dan teks biasa.

Apabila smartwatch telah mendukung konseksi seluler LTE secara langsung, pengguna dapat langsung menggunakan WhatsApp tanpa perlu dukungan ponsel ponsel di dekatnya. Ini berarti pengguna akan selalu terhubung dengan teman dan keluarga bahkan ketika sedang bepergian.

Komitmen Google untuk perangkat Wear OS

Beberapa fitur WhatsApp di Wear OS antara lain memulai percakapan dan membalas pesan yang diterimanya, termasuk mengirim pesan suara, emoji, dan teks biasa. Pengguna smartwatch dengan WhatsApp standalone ini juga dapat langsung menerima panggilan.

Ketersediaan WhatsApp menjadi angin segar bagi platform wearable devices Google. Pasalnya, WhatsApp merupakan aplikasi pesan instan populer di dunia dengan lebih dari 2 miliar pengguna aktif. Ini berarti bahwa jutaan orang sekarang akan dapat menggunakan WhatsApp pada smartwatch mereka.

WhatsApp Wear OS 03
Dukungan WhatsApp untuk platform Wear OS akan menambah popularitas aplikasi pesan anadalan dari Meta.

Hadirnya aplikasi WhatsApp di Wear OS juga menjadi pertanda komitmen Google terhadap platform untuk wearable device. Google telah banyak berinvestasi dalam Wear OS dalam beberapa tahun terakhir, dan kehadiran aplikasi WhatsApp native menjadi langkah besar bagi Google.

Meski baru hadir, aplikasi WhatsAppp bisa menjadi killer-app bagi pengguna smartwatch berbasis Wear OS. Kemampuan untuk tetap terhubung dengan teman dan keluarga dari pergelangan tangan adalah fitur yang penting bagi konsumen di era serba terhubung saat ini. Selain itu, penjualan smartwatch berbasis Google pun diharapkan akan semakin meningkat di tengah persaingannya dengan Apple Watch di pasar global.

Tags: , , , ,


COMMENTS