July 20, 2023

HUB.ID Accelerator Jaring 25 Startup Digital Terpilih, Buka Peluang Bisnis Baru

Penulis: Rizki R
HUB.ID Accelerator Jaring 25 Startup Digital Terpilih, Buka Peluang Bisnis Baru  

MobiteknoHUB.ID Accelerator, program hasil inisiatif Kemenkominfo yang mewadahi perusahaan rintisan alias startup untuk fokus membantu startup lokal Indonesia dalam meningkatkan akses pendanaan serta kerjasama bisnis, melalui Business Matchmaking dengan memanfaatkan jaringan luas BUMN, korporasi, dan sektor pemerintah, kembali digelar.

Ajang ini telah mendapatkan 25 (dua puluh lima) startup terbaik dan lolos kurasi tahap akhir untuk mengikuti serangkaian kegiatan seperti mentoring dengan para mentor yang berpengalaman, business matchmaking, networking session di 5 kota (Medan, Surabaya, Denpasar, Samarinda dan Makassar) hingga Partner Day di Bali sebagai puncak acara ini.

Tahun ini sebanyak 116 startup yang mendaftar pada program ini, dan telah dilakukan Kurasi HUB.ID accelerator 2023 melalui 2 (dua) tahapan yaitu kurasi I mendapatkan 50 startup pilihan dan di kuratori pada ahli seperti Clarissa Kartika (Vertex Ventures), Alexandra Claudia (East Ventures), Ainaya Irham (Altler) dan Ghibran Ilman (MDI Ventures).

Pada kurasi tahap II, para kurator yaitu Irmansyah Putera (Principal Vertex Ventures), Edmund Carulli (VP, Living Lab Ventures), Sumarny Manurung (VP, SPIL Ventures) dan Faizil Ikram (Principal, MDI Ventures) telah melakukan wawancara secara online dengan mempertimbangkan deck dari masing-masing startup dan kualifikasi founder profiles serta tahap kedua ini terpilih 25 startup berdasarkan teknik presentasi dan kapabilitas founder, product roadmap, business model, dan potential investment.

HUB.ID Accelerator

Adapun startup yang lolos pada program HUB.ID Accelerator 2023 yaitu BroilerX, GENN, Broom.id, Peris.ai, TruClimate, PathGen, Bebasinvestasi, Belanjaparts, Mindtera, Bizhare, Bepahkupi, Cardlez, Habibi Garden, CARDS, Logice, Healthpro.id, Semaai, Soul Parking, REDY, MySkill, Nafas, PINTAR, Bioma, Gapai by Academix dan EBM Scitech.

I Nyoman Adhiarna selaku Direktur Ekonomi Digital menjelaskan bahwa ke-25 startup yang terpilih untuk mengikuti HUB.ID Accelerator 2023 berfokus pada lima sektor vertikal yaitu Healthtech, Agritech &  Fisheries, ESG Related (Cleantech, Climatetech, etc.), SME Enablers & Logistic, serta Financial Technology

“Startup yang terpilih selanjutnya akan mengikuti beberapa rangkaian kegiatan HUB.ID Accelerator selama 5 bulan, mulai dari Startup Gathering, Business Matchmaking, Mentoring hingga Partner Day gang akan berlangsung pada bulan September 2023 mendatang. Diharapkan melalui program-program tersebut, seluruh startup dapat mengakselerasi serta menguatkan bisnisnya melalui sinergi, networking, dan kolaborasi hingga berhasil mendapatkan akses pendanaan dan kerjasama bisnis baru seperti startup binaan HUB.ID Accelerator tahun 2021 dan 2022 yaitu HiPajak, Dagangan, Grouu, Eratani, PasarMIKRO dan banyak startup lainnya.” papar I Nyoman Adhiarna.

HUB.ID Accelerator Gali Potensi Startup Digital

Adapun 25 startup digital dengan kriteria pada posisi seeds sampai dengan pre-series A ini akan melaksanakan kegiatan pertamanya pada sesi Business Mentoring (1-on1 coaching) yang akan dilakukan secara daring oleh mentor profesional yaitu Norman Sasono (CTO, Dana), Johnny Widodo (CEORingan), Markus Rahadja (CIO, BRI Ventures) dan Aldi Adrian (Partner, Arise Fund).

Pitch training bersama pitch trainer ternama, Peter Browne yang telah melatih lebih dari 750 pendiri startup di Asia dan Australia dalam mengembangkan dan menyampaikan Investor Pitch-nya.,” tutur Luat Sihombing, Ketua Tim Business Matchmaking.

HUB.ID Accelerator

Lebih dari 40 mitra bisnis yang ada dalam jejaring HUB.ID Accelerator dan terus bertambah sesuai dengan kebutuhan target dari para startup digital, akan dihubungkan dalam acara Business Matchmaking di Jakarta, Networking Session di 5 kota, dan Partner Day di Bali pada tanggal 13-14 September 2023.

Sejak tahun 2021, program HUB.ID Accelerator telah terbukti sebagai wadah yang efektif bagi startup untuk merealisasikan potensi bisnis startup digital dan akan terus berlanjut dalam memberikan kontribusi positif bagi perkembangan startup digital di Indonesia. Startup yang belum lolos program HUB.ID Accelerator 2023 masih tetap bergabung di dalam ekosistem HUB.ID melalui platform www.hub.id dan akan diundang pada berbagai aktivitas HUB.ID lainnya.

Tags: , , ,


COMMENTS