November 30, 2023

Startup Binaan HUB.ID Accelerator Bisa Dapatkan Peluang Bisnis Melalui Agenda Networking Session

Penulis: Desmal Andi
Startup Binaan HUB.ID Accelerator Bisa Dapatkan Peluang Bisnis Melalui Agenda Networking Session  

Mobitekno – Keberadaan Startup perlu dijaga untuk menyeimbangkan perekonomian indonesia. Oleh sebab itu, belum lama ini  Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (RI) kembali menggelar pertemuan bisnis yang menarik antara Startup Digital binaan HUB.ID Accelerator dengan Pemerintah daerah. Rangkaian kegiatan ini telah sukses dilaksanakan di lima kota di Indonesia, dimulai dari Kota Surabaya (5 Oktober 2023), Semarang (19 Oktober 2023), Makassar (2 November 2023), Medan (14 November 2023), dan diakhiri di kota Samarinda (28 November 2023).

Kegiatan Networking Session merupakan puncak dari program HUB.ID Accelerator 2023. Tidak hanya menjadi forum pertemuan dengan perwakilan pemerintah daerah, tetapi juga mempertemukan startup dengan investor daerah melalui Private Investor Dinner yang diadakan pada malam hari yang sama dengan acara Networking Session di setiap kota. Startup binaan HUB.ID Accelerator yang turut serta dalam kegiatan ini meliputi nama-nama seperti Soul Parking, Bioma, Bizhare, Healthpro, Gapai by Academix, MySkill, BepahKupi, TrueClimate, Nafas, Broiler-X, EBM Scitech, GENN, Pathgen, Cardlez, CARDS, Mindtera, Bebas Investasi, Logice, Belanjaparts, Semaai, Broom, Habibi Garden, Peris.AI, dan REDY.

Selama sesi Networking Session di tahun 2023 yang telah berlangsung di lima kota, HUB.ID Accelerator berhasil menyatukan lebih dari 95 perwakilan dari pemerintah daerah dan investor. Mereka aktif mengikuti serangkaian acara, termasuk diskusi panel, pertemuan bisnis, hingga acara makan malam pribadi. Diskusi panel di Networking Session Samarinda mengusung tema “Inovasi Tanpa Batas: Mengoptimalkan Kolaborasi Startup Untuk Membentuk Masa Depan” dengan pembicara utama Rizki Ruandhito, COO & Co-Founder BroilerX, dan Endang Rahmat, CBO MySkill. Hasil diskusi menunjukkan perlunya peningkatan optimalisasi teknologi digital guna mendukung kualitas layanan masyarakat di berbagai sektor.

Startup
Bonifasius Pudjianto – Direktur Ekonomi Digital memberikan sambutan di Networking Session Medan

Peluang Kolaborasi untuk Startup

Pentingnya rangkaian Business Meeting yang dilaksanakan di Jakarta, Bali, Surabaya, Semarang, Makassar, Medan, dan Samarinda dengan pemerintah daerah dan investor terletak pada terbukanya berbagai inisiatif kolaborasi bagi startup. Sebagai contoh, REDY menjalin kolaborasi dengan CARDS, LOGICE, dan GAPAI untuk mendigitalisasi koperasi, meningkatkan pencarian SDM baru bagi koperasi, serta membuka peluang rantai pasok berbasis cold storage bagi UMKM di sektor terkait. Para peserta koperasi juga dapat memanfaatkan akses untuk mencari pekerjaan di luar negeri melalui GAPAI. Selain itu, beberapa startup berhasil mendapatkan inisiatif komitmen melalui program kolaborasi, seperti pelatihan yang diberikan oleh MYSKILL.

Harapan ke depannya adalah agar kegiatan HUB.ID Networking Session terus berlanjut, menciptakan sinergi dan kolaborasi berkelanjutan antara startup, pemerintah daerah, mitra bisnis, dan investor yang tersebar di seluruh Indonesia. Dengan demikian, Indonesia dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi digital dan menghadirkan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

Tags: ,


COMMENTS