June 25, 2024

Talenta Accelerator 2024: Program Transformasi Digital untuk Dukung Inovasi Teknologi di Kalangan Startup dan UKM

Penulis: Iwan RS
Talenta Accelerator 2024: Program Transformasi Digital untuk Dukung Inovasi Teknologi di Kalangan Startup dan UKM  

Mobitekno – PT Data Sinergitama Jaya Tbk (ELIT) atau Elitery bekerja sama dengan USAID (United States Agency for International Development) dan Amazon Web Service (AWS) mengumumkan peluncuran tahun kedua program Talenta Accelerator 2024 (Talenta Akselerator 2024) melalui acara Plenary Talenta Acceleration: Unleashing Potential, Accelerating Growth pada Senin lalu (24/6/2024).

Hadir dalam peluncuran tahun kedua program Talenta Accelerator 2024 di @america Pacific Place, Jakarta itu yakni, President Director Elitery Kresna Adiprawira, Senior Partner Account Manager AWS Kurniawan Wiraatmadja, Deputy Director of Acquisition and Assistance Office Usaid Indonesia Brian Chang, dan President Director Elite Academy Ahmad Gilang.

Talenta Accelerator 2024 02
Alumni Talenta Accelerator, Ogy Winenriandhika dari KlinikGo (kiri) dan Holy Sie dari Mom Work (tengah) berbagi cerita tentang tantangan dan kesuksesan mereka sebagai wirausaha.

Acara ini dihadiri secara hybrid oleh 35 startup terpilih dari total 75 pendaftar, para alumni program 2023 lalu, dan berbagai stakeholder terkait lainnya.

President Director Elitery, Kresna Adiprawira, mengatakan bahwa inisiatif ini bertujuan menjadi katalis dalam transformasi digital Indonesia sekaligus memperkuat fondasi ekonomi negara melalui teknologi. Acara ini merupakan kelanjutan kesuksesan program tahun pertama yang berhasil melibatkan 32 startup dalam program akselerasi

Talenta Accelerator 2024 didominasi startup HealthTech, AgriTech, dan EdTech

“Program tahun kedua ini dirancang untuk mendorong lebih banyak lagi startup tahap awal yang potensial di industri EdTech, HealthTech, AgriTech, GovTech, dan smart cities, dengan menyediakan sumber daya esensial yang membantu startup mendapatkan akses ke modal ventura dan menciptakan dampak sosio ekonomi yang signifikan,” terang Kresna dalam keterangan tertulisnya (25/6/2024).

Kresna melanjutkan dari 35 startup yang mengikuti program Talenta Akselerator 2024, terdapat tiga industri yang paling banyak diikuti yakni HealthTech (8 startup), AgriTech (8 startup), dan EdTech (6 startup).

“Program tahun ini juga dihadiri dua startup Talenta 2023, yaitu MomWork dan KlinikGo, yang mewakili sektor HealthTech dan EdTech, dan memberikan sesi sharing inspirasi untuk para peserta,” imbuhnya.

Talenta Accelerator 2024 didukung penuh Elite Academy, Think.Web dan Impactto. Nantinya, peserta yang terpilih mendapat kesempatan untuk meningkatkan kapasitas inovasi dan daya saing mereka di pasar global melalui akses ke teknologi cloud AWS terdepan serta bimbingan dari para pemimpin industri.

“Melalui program Talenta Accelerator ini diharapkan dapat menjadi cikal bakal dalam mempersiapkan usaha kecil dan menengah untuk menghadapi pertumbuhan digitalisasi pasar di masa depan. Program ini juga berperan penting dalam menghadapi tantangan transformasi digital dan memberikan landasan yang kuat untuk memajukan ekonomi digital Indonesia,” jelas Kresna.

President Director Elite Academy Ahmad Gilang menambahkan program ini menawarkan pendekatan hybrid, menggabungkan sesi interaktif online dan pertemuan tatap muka yang menghadirkan kelas akselerator, workshop, dan sesi pendampingan.

Talenta Accelerator 2024 03
Ahmad Gilang, Presiden Direktur Elite Academy, sedang memaparkan program Talenta Akselerator untuk pertumbuhan ekonomi digital Indponesia dengan meningkatkan kualitas talenta digital.

“Semua dirancang khusus untuk mengasah kemampuan startup dalam mempresentasikan model bisnis mereka kepada panel investor dan kapitalis ventura yang berpengalaman dengan tujuan untuk mendapatkan pendanaan dan kemitraan strategis,” tutur Ahmad.

Tidak lupa Ahmad juga menyampaikan bahwa program Talenta Akselerator 2024 juga memberikan perhatian khusus pada aspek inklusivitas dan keragaman.

“Ini tercermin dari kurikulum akselerator yang berfokus pada pembentukan lingkungan kerja inklusif, integrasi keberagaman, segmentasi pasar yang efektif, validasi bisnis yang solid, pengembangan produk minimum viable (MVP), serta strategi keberlanjutan yang kokoh untuk startup dan ekosistem mereka” tutupnya.

Talenta Accelerator 2024 01

Sebagai program untuk mempercepat transformasi digital berbasis cloud di Indonesia melalui pelatihan tenaga kerja dan dukungan teknologi digital untuk usaha rintisan, usaha kecil dan menengah, program Talenta diharapkan dapat memperkuat perekonomian Indonesia dengan mempersiapkan lulusan yang siap kerja, dan usaha kecil dan menengah yang siap menghadapi laju digitalisasi pasar di masa depan.

Program ini akan digulirkan ke universitas, mahasiswa/i, dan usaha rintisan. Program ini akan berfokus pada kerja sama dengan universitas untuk mengembangkan tenaga kerja cloud computing Indonesia dengan meningkatkan keterampilan digital mahasiswa/i, dosen, dan universitas. Kemitraan dengan AWS dan Elitery juga akan membekali usaha rintisan di Indonesia dengan pelatihan teknologi cloud digital dan memfasilitasi adopsi teknologi, memberikan dukungan untuk inovasi, dan menghubungkan usaha rintisan dengan calon  investor.

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS