September 1, 2023

Kemkominfo Gelar Business Matchmaking untuk Startup HUB.ID Accelerator 2023

Penulis: Rizki R
Kemkominfo Gelar Business Matchmaking untuk Startup HUB.ID Accelerator 2023  

Mobitekno – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) kembali menghadirkan kegiatan Business Matchmaking sebagai bagian dari program unggulan HUB.ID Accelerator 2023. Kegiatan ini bertujuan untuk membawa 25 startup HUB.ID Accelerator berjumpa dengan lebih dari 90 Business Partner potensial dari berbagai perusahaan/institusi, termasuk BUMN, Pemerintahan, Korporasi Swasta, serta Institusi Riset/Pendidikan.

Business Matchmaking HUB.ID Accelerator digelar di Jakarta dalam format offline, dengan lima sesi matchmaking yang dilaksanakan pada tanggal 15 – 16 Agustus & 29 – 31 Agustus 2023. Acara ini telah berhasil mempertemukan para mitra bisnis dari berbagai kategori seperti Kesehatan, Pertanian, Finansial, dan Logistik, dengan 25 startup yang terpilih untuk HUB.ID Accelerator.

Kesuksesan Business Matchmaking Dilanjutkan ke Bali

Business Matchmaking

Beberapa dari startup yang ikut serta dalam kegiatan ini antara lain BroilerX, GENN, Broom.id, Peris.ai, TruClimate, PathGen, Bebasinvestasi, Belanjaparts, Mindtera, Bizhare, Bepahkupi, Cardlez, Habibi Garden, CARDS, Logice, Healthpro.id, Semaai, Soul Parking, REDY, MySkill, Nafas, PINTAR, Bioma, Gapai by Academix, dan EBM Scitech.

HUB.ID Accelerator bukanlah kegiatan yang berdiri sendiri. Setelah suksesnya Business Matchmaking di Jakarta, rangkaian program akan berlanjut dengan HUB.ID Partner Day x Nex-BE Fest di Bali pada tanggal 13 – 14 September 2023, serta Networking Session yang akan diadakan di 5 kota di Indonesia, yaitu Medan, Samarinda, Makassar, Surabaya, dan Semarang, pada bulan September hingga November mendatang.

Direktur Ekonomi Digital Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kemkominfo, I Nyoman Adhiarna, menyampaikan keyakinannya bahwa HUB.ID Accelerator akan berperan penting dalam menghadapi tantangan di era tech winter. Program ini diharapkan dapat memperbanyak dan meningkatkan kualitas, networking, serta sinergi bisnis startup. Ini sejalan dengan komitmen Kemkominfo untuk terus mengembangkan sektor ekonomi digital di Indonesia.

Business Matchmaking

Selama Business Matchmaking, para startup tidak hanya berdiskusi potensi kerja sama dengan business partner, tetapi juga mendapatkan kesempatan untuk mempresentasikan bisnis dan produk mereka melalui sesi pitching. Rangkaian acara juga mencakup Business Mentoring, di mana seluruh startup menerima pelatihan dan pitch training dari Peter Browne, seorang pitch trainer berpengalaman yang telah mendidik lebih dari 750 founder startup dari berbagai belahan dunia.

Puncak acara Business Matchmaking di Jakarta ditutup dengan apresiasi dari Direktur Ekonomi Digital Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kemkominfo, I Nyoman Adhiarna, kepada semua pihak yang telah berpartisipasi.

“Kolaborasi dari Kementerian/Lembaga, BUMN, Institusi Pendidikan, dan Korporasi Swasta merupakan kunci sukses terselenggaranya Business Matchmaking HUB.ID Accelerator. Rangkaian program HUB.ID Accelerator 2023 yang telah berjalan merupakan langkah awal untuk memperkuat sinergi, kerja sama, dan pertumbuhan startup digital secara optimal dan berkelanjutan,” pungkasnya.

Business Matchmaking

Tags: , , , , ,


COMMENTS