November 8, 2023

Dilengkapi Fitur AIMesh, Rangkaian Router ASUS Wi-Fi 6 Jawab Kebutuhan Konektivitas Digital Masyarakat Indonesia

Penulis: Rizki R
Dilengkapi Fitur AIMesh, Rangkaian Router ASUS Wi-Fi 6 Jawab Kebutuhan Konektivitas Digital Masyarakat Indonesia  

Mobitekno – ASUS Indonesia, pemimpin teknologi global yang menyediakan perangkat, komponen, dan solusi terdepan di dunia, memperkenalkan rangkaian produk router terbaru yang akan menjawab kebutuhan pengguna dalam menghadapi tantangan konektivitas digital saat ini. Produk-produk ASUS ini menawarkan solusi lengkap untuk berbagai keperluan pengguna, mulai dari gaming hingga penggunaan sehari-hari.

Rangkaian router ASUS ini mencakup berbagai unit dengan fitur-fitur terdepan di kelasnya, termasuk gaming router seperti GT6 Rapture dan AX11000 Pro, serta router Wifi6 seperti RT-AX57 dan AX1800HP. ASUS juga menawarkan mesh router yang ideal untuk penggunaan sehari-hari, seperti ZenWifi XT8 dan ZenWifi XD4S. Semua line-up router ASUS saat ini sudah tersedia di Indonesia.

Septianda Angelica, Country Product Manager ASUS Router Indonesia, mengungkap bahwa memilih router yang dapat memberikan koneksi internet yang konsisten dan andal di seluruh rumah sangat penting. Untuk itu, ASUS telah merancang produk router dengan beragam fitur unggulan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

“Salah satu fitur utama yang ditawarkan oleh router ASUS adalah AiMesh. Teknologi AiMesh memungkinkan pengguna untuk menghubungkan beberapa router ASUS yang kompatibel, menciptakan jaringan WiFi mesh di seluruh rumah,” papar Angel sapaan akrab Septianda Angelica dalam media gathering ASUS yang digelar di Jakarta, Selasa (7/11).

IMG 20231107 133027 1 scaled

Septianda Angelica, Country Product Manager ASUS Router Indonesia,

Dengan ini, pengguna dapat menambahkan router baru kapan saja untuk meningkatkan cakupan jaringan mereka. Semua perangkat di jaringan AiMesh memiliki akses ke fitur-fitur canggih seperti gaming, keamanan kelas komersial AiProtection, dan lainnya.

Cara Kerja AIMesh pada Router ASUS Wi-Fi 6

Dibandingkan dengan router biasa atau WiFi extender, jaringan router ASUS dengan AiMesh akan membentuk jaringan yang dapat diperluas. Hal ini membuat pengguna tidak perlu lagi beralih jaringan saat berpindah tempat di rumah.

Router dalam jaringan akan bekerja sama untuk menentukan router mana yang akan memberikan sinyal terbaik untuk setiap perangkat yang terhubung. Mereka akan mengelola transfer koneksi di antara mereka tanpa perlu campur tangan pengguna.

Screenshot 20231108 094159

Untuk menggunakan AIMesh, setidaknya perlu menyediakan dua router Asus Wi-Fi 6 yang kompatibel. Router utama akan menjadi titik akses utama untuk jaringan Wi-Fi, sementara router lain akan bertindak sebagai titik akses satelit.

Untuk menghubungkan router ke AIMesh, pengguna perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Hubungkan router utama ke modem.
  2. Nyalakan router satelit Anda dan sambungkan ke jaringan Wi-Fi utama.
  3. Buka aplikasi Asus Router di perangkat Anda.
  4. Ketuk “AIMesh”.
  5. Ketuk “Tambah router”.
  6. Pilih router satelit Anda dari daftar.
  7. Ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan pengaturan.

Setelah router terhubung ke AIMesh, pengguna akan melihat satu jaringan Wi-Fi mesh untuk seluruh rumah atau kantor. Perangkat akan secara otomatis beralih ke router terdekat untuk mendapatkan jangkauan dan kinerja terbaik.

Berikut adalah cara AIMesh bekerja secara teknis:

  • Router utama bertindak sebagai otak dari jaringan mesh. Ini mengelola lalu lintas Wi-Fi dan memastikan bahwa semua perangkat tetap terhubung.
  • Router satelit membantu memperluas jangkauan jaringan mesh. Mereka juga membantu mengurangi lalu lintas di router utama.
  • Teknologi AiProtection Pro dari Asus digunakan untuk melindungi jaringan mesh Anda dari ancaman keamanan.

Keuntungan menggunakan AIMesh:

  • Rentang yang lebih luas: AIMesh memungkinkan Anda untuk mendapatkan jangkauan Wi-Fi yang lebih luas di seluruh rumah atau kantor Anda.
  • Kinerja yang lebih konsisten: AIMesh memastikan bahwa semua perangkat Anda mendapatkan jangkauan dan kinerja Wi-Fi terbaik.
  • Keamanan yang lebih baik: AiProtection Pro melindungi jaringan mesh Anda dari ancaman keamanan.

Angel menambahkan, “Semua fitur unggulan seperti AiMesh, AiProtection, fitur gaming, dan lainnya dapat diakses dengan mudah melalui aplikasi ASUS Router. Aplikasi ini juga memberikan alat yang sederhana untuk memantau topologi jaringan pengguna, memungkinkan mereka untuk mengoptimalkan jaringan rumah, seperti menentukan lokasi terbaik untuk node dan mengelola perangkat yang terhubung, semuanya hanya dalam genggaman smartphone.”

Produk Router ASUS Raih Penghargaan

Router ASUS

Produk router ASUS secara konsisten meraih penghargaan sebagai yang terbaik di pasar, termasuk penghargaan PCMag Reader’s Choice Award yang diterima setiap tahun sejak 2012, selama 11 tahun berturut-turut. Hal ini menjadikan ASUS sebagai pilihan utama dalam produk jaringan, yang siap menghadapi perubahan dan perkembangan kebutuhan internet yang terus berkembang dari waktu ke waktu.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS