March 7, 2023

Raup 43 Juta Pengguna Aktif Bulanan, SnackVideo Ungkap Tiga Resep Tumbuh Pesat

Penulis: Rizki R
Raup 43 Juta Pengguna Aktif Bulanan, SnackVideo Ungkap Tiga Resep Tumbuh Pesat  

Mobitekno – SnackVideo, salah satu platform video singkat terkemuka di Indonesia, sukses mencatatkan performa impresif selama dua (2) tahun pertama sejak beroperasi di Indonesia. Aplikasi ini menorehkan pertumbuhan tahunan sebesar 318% dan memiliki 43 juta pengguna aktif per bulan pada tahun 2022.

Hasil yang terbilang memuaskan itu diungkap oleh Ipsos, pemimpin global dalam riset pasar asal Prancis. Ipsos mengumumkan hasil riset independen melalui dokumen “Indonesia Short Video White Paper 2023”.

Pada laporan itu, Ipsos menyoroti cara masyarakat Indonesia mengakses media dan bagaimana platform video pendek dapat menonjol di industri.

“Sejak diluncurkan di Indonesia pada tahun 2020, SnackVideo telah diterima dengan baik oleh pasar Indonesia dan dengan cepat menjadi aplikasi Video Pendek Terbesar ke-2 di Indonesia. Hal ini sejalan dengan temuan Ipsos yang juga menemukan bahwa reputasi brand kami menonjol di antara aplikasi video pendek lainnya, yaitu konten yang relevan dengan kehidupan sehari-hari para pengguna,” ungkap Teng Yee Kiong, Country Manager, SnackVideo Indonesia.

SnackVideo

Ipsos menyebut, konsumen Indonesia menghabiskan 2,1 jam per hari untuk menonton video pendek. Alasan konsumen mengonsumsi konten video pendek adalah sesuatu yang dapat mengisi waktu luang (56%), hiburan dan santai (53%), pengetahuan dan keahlian yang bermanfaat (41%), menjelajahi dunia (40%), berita dan informasi terkini (36%), ekspresi diri (34%), menjalin pertemanan (30%), menjembatani komunikasi (26%), berintegrasi dalam lingkungan sosial sehari-hari (25%), dan berbelanja (22%).

Pada tahun 2022, video pendek disebut akan memasuki fase diferensiasi, di mana penyedia platform mulai merangkul keunikan dan komersialisme. Fase ini memberikan kesempatan bagi penyedia platform seperti SnackVideo untuk menunjukkan karakternya sebagai konten yang ‘relevan dengan keseharianku’.

SnackVideo

Karakter tersebut telah mendorong pertumbuhan SnackVideo menjadi platform video pendek yang dikenal luas dengan 90% brand awareness dan 64% brand salience. SnackVideo juga terdengar di berbagai platform media lain dengan tingkat pertumbuhan sebesar 119% pada Q2 2022 dibandingkan dengan Q2 2021.

Teng Yee Kiong mengurutkan setidaknya ada tiga kunci sukses pertumbuhan pesat SnackVideo, antara lain inklusivitas dan kesetaraan, ekosistem komunitas, serta konten yang unik dan bernuansa lokal.

“Mengusung tagline Indonesia “Bikin Semua Beken”, SnackVideo selalu mendorong pengguna untuk berbagi cerita mereka sendiri dan cerita asli karena kontennya dapat diterima dengan baik oleh audiens dan memenuhi kebutuhan pengguna atau semua orang di dalam komunitas, yang membuatnya inklusif dan setara,” ujarnya.

Inklusivitas dan kesetaraan ini terus membangun ekosistem komunitas yang interaktif dengan interaksi aktif dan saling menghormati antara kreator dan pengguna. Terkait dengan kunci sukses ketiga, pengguna Indonesia bangga dengan budaya yang kaya dan beragam, yang mengarah pada kebutuhan kuat terhadap konten yang relevan dengan budaya lokal.

SnackVideo

“SnackVideo menyediakan banyak konten lokal yang telah menunjukkan popularitas cukup baik di kalangan pengguna,” lanjutnya.

Selain konten lokal, laporan Ipsos juga menyebutkan bahwa 60% pengguna menonton konten Religi dan Motivasi dalam 1 (satu) bulan terakhir. Jenis konten ini memiliki pertumbuhan tinggi mengungguli konten Makanan dan Resep Memasak, dan berada di belakang konten Komedi dan Lucu.

Kunci keberhasilan juga ditunjukkan oleh metrik Monitoring Data di dalam aplikasi SnackVideo mengenai antusiasme dan interaksi, yang melibatkan kreator dan pengguna. Metrik tersebut menampilkan lebih dari 700 ribu kreator aktif harian, lebih dari 1,5 juta postingan harian, 2,7 miliar penayangan harian, dan 70 juta likes harian, yang menghasilkan engagement berupa lebih dari 7 juta komentar harian.

Selain itu, SnackVideo membangun komunitas pembuat konten resmi yang terdiri dari sekelompok pengguna dalam berbagai kategori. Komunitas ini disebut SnackVideo Family, yang saat ini memiliki lebih dari 58.000 Family, lebih dari 800.000 anggota SnackVideo Family serta menghasilkan 50% tingkat keaktifan harian.

Dengan pencapaian yang luar biasa dalam tiga tahun pertama, SnackVideo berkomitmen untuk memperkuat penetrasi pasar dengan terus menyediakan konten yang relevan, unik, berbeda, dan terkini untuk SnackVideo Family dan penonton di Indonesia. Scripted drama, yang merupakan ciri khas dan konten favorit pengguna, akan terus dilanjutkan dan diharapkan dapat meningkatkan durasi waktu yang dihabiskan pengguna di aplikasi SnackVideo.

Tags: , , , ,


COMMENTS