August 31, 2022

Upaya Edukasi Sejarah, McDonald’s Indonesia Luncurkan Microsite ‘Pahlawan Sekitar Kita’

Penulis: Rizki R
Upaya Edukasi Sejarah, McDonald’s Indonesia Luncurkan Microsite ‘Pahlawan Sekitar Kita’  

Mobitekno – Banyak cara dilakukan guna memperkenalkan pahlawan nasional kepada generasi muda. Sebagaimana yang dilakukan oleh McDonald’s Indonesia, mereka baru-baru ini membuat microsite “Pahlawan Sekitar Kita”.

Associate Director of Communications McDonald’s Indonesia, Sutji Lantyka, menjelaskan bahwa sebagai Warga Negara Indonesia, kita semua perlu mengambil peran dalam edukasi sejarah apapun bentuknya.

“Banyak dari kita yang saat ini tidak lagi mengingat jasa para pahlawan karena arus modernisasi, padahal, negara yang kita tinggali saat ini bisa ada karena jasa para pahlawan terdahulu. Oleh karenanya, pada kesempatan kali ini, McDonald’s Indonesia ingin turut berperan aktif dalam upaya edukasi sejarah dengan memanfaatkan teknologi masa kini agar tetap relevan, menarik, dan menyenangkan bagi generasi muda,” katanya dalam siaran resmi yang diterima redaksi Mobitekno.

Microsite ini dapat digunakan untuk mengetahui kisah pahlawan dengan cara yang mudah hanya dengan menggunakan smartphone. Inisiatif microsite “Pahlawan Sekitar Kita” dari McDonald’s Indonesia memberikan akses mudah dan interaktif dengan hanya menggunakan smartphone untuk mengetahui kisah para pahlawan dan menghidupkan kembali semangat nasionalisme.

Foto 1 Laman depan microsite “Pahlawan Sekitar Kita” McDonald’s Indonesia

Pengguna cukup mengambil foto nama pahlawan yang ditemui di sekitar, seperti buku teks, nama jalan, nama tempat, ataupun nama gedung, lalu gunakan fitur kamera dari microsite https://mcd-pahlawan-sekitarkita.com/ untuk dapat mengetahui kisah pahlawan nasional.

Sebelumnya dalam rangka Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-77, McDonald’s Indonesia juga berkolaborasi dengan Komunitas Historia Indonesia (KHI) untuk mengadakan walking tour yang bertajuk “Jakarta Heritage Trails: Jejak Sejarah Pahlawan Nasional dalam Kemerdekaan Indonesia” pada 13 Agustus 2022 lalu.

Walking tour ini menelusuri dan mengunjungi Museum Kebangkitan Nasional, Museum Sumpah Pemuda, dan museum Perumusan Naskah Proklamasi yang diikuti oleh anggota KHI dan juga publik, dipandu secara langsung oleh Asep Kambali, Sejarawan dan Pendiri Komunitas Historia Indonesia.

“Banyak anak muda yang tidak memahami sejarah bangsanya sendiri. Oleh karenanya, kegiatan walking tour ini digelar sebagai upaya perjuangan melawan lupa. Bersama dengan McDonald’s Indonesia, Komunitas Historia Indonesia akan terus berkomitmen untuk mengajak masyarakat Indonesia belajar sejarah dengan cara kekinian yang seru, mudah dipahami, serta sarat makna dan nilai,” tambah Asep Kambali, Sejarawan dan Pendiri Komunitas Historia Indonesia.

Tags: , , , , ,


COMMENTS