May 27, 2022

Perkuat Ekosistem IoT, Xiaomi Hadirkan Xiaomi TV Q1E 55 dan Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite di Indonesia

Penulis: Iwan RS
Perkuat Ekosistem IoT, Xiaomi Hadirkan Xiaomi TV Q1E 55 dan Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite di Indonesia  

Mobitekno – Xiaomi yang lebih dikenal sebagai salah satu produsen ponsel terbesar di dunia sebenarnya juga mengembangkan produk IoT (Internet of Things). Bahkan sejak 2020, Xiaomi sudah menjadi perusahaan IoT raksasa untuk konsumen dengan pendapatan mencapai US$ 37miliar. Ini semua berkat kesuksesannya menjual lebih dari 210 juta produk IoT (Smart TV, AI speaker, smart vacuum, smart bulb, dan lain-lain) di lebih dari 90 negara di luar smartphone dan laptop.

Menjelang akhir paruh kedua 2022, Xiaomi kembali melengkapi ekosistem produk IoT di pasar tanah air dengan meluncurkan dua produk elektronik yaitu Xiaomi TV Q1E 55” sebagai smart TV pertama dari Xiaomi yang mendukung DVB T-2 dan Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite yang merupakan robot vacuum multifungsi bagi rumah tangga.

Xiaomi TV Q1E 55 inci hadir dengan desain estetik yang ramping dengan yang nyaris tnpa bingkai. Layar Xiaomi TV Q1E sudah berkualitas 4K dengan teknologi panel Quantum Dot-based LED (QLED) yang mendukung fitur DCI-P3 color gamut (hingga 97%) dan spektrum warna NTSC min 100% menghasilkan tingkat gambar yang luar biasa.

“Sementara dengan dynamic range tinggi didukung oleh Dolby Vision dan HDR10+, menciptakan pengalaman sinematik yang luar biasa. Tidak hanya itu, dengan teknologi MEMC hingga 60Hz perpindahan dan pergerakan gambar menjadi sangat halus,” tulis Xiaomi dalam rilis yang diterima redaksi..

Xiaomi TV Q1E 55” yang menjalankan Android 10 for TV seperti halnya smart TV umumnya sudah menyediakan fasiltas untuk mengakses film, streaming, dan menjalankan aplikasi, termasuk akses langsung ke aplikasi Netflix dan Amazone Prime Video via remote bluetooth. Pengguna juga dapat melakukan perintah suara dengan Google Assistant yang terhubung dengan perangkat AIoT.

Sudah pasti Smart TV ini juga mendukung fungsi chromecast untuk kemudahan menampilkan konten multimedia yang ada pada smartphone, tablet, atau laptop ke TV.

Xiaomi juga meluncurkan produk ekosistem baru di Indonesia, yaitu Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite. Produk yang cocok untuk konsumen tanah air yang hidup di iklim tropis saat musin panas yang cenderung berdebu.

Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite dianggap tepat bagi pengguna yang pertama kali ingin memiliki robot vacuum. Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite sudha menyediakan fungsi lengkap karena menyediakan 3 mode untuk menyapu, mengepel, dan combo sapu-pel.

Dengan sistem navigasi pintas dengan sensor visual, Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite mampu mengenali setiap garis pembatas untuk secara otomatis menyesuaikan arah dan membuat proses pembersihan menjadi lebih efisien dan optimal. Perbedaan elevasi lantai juga bukan masalah, karena perangkat ini memiliki kemampuan memanjat hingga ketinggian 20mm.

Perangkat ini memiliki desain yang ramping serta tinggi hanya 8.2cm dari permukaan lantai, sehingga mampu menjangkau dan membersihkan berbagai area yang sempit dengan mudah. Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite dilengkapi penampungan debu berkapasitas 450ml dan tangki air 270ml yang mudah dibuka-pasang, disamping itu, perangkat ini juga bisa mengisi ulang dan melanjutkan pembersihan secara otomatis.

Dengan daya hisap hingga 2200 Pa, Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite mampu mengangkat berbagai debu dan kotoran dengan optimal, walaupun begitu, dengan ruang struktural yang lebih baik, membuat Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite memiliki tingkat kebisingan yang rendah dan konstan.

Untuk konektivitas nirkabel, perangkat ini kompatibel dengan Mi Home/Xiaomi Home App Control, serta perintah suara melalui Google Assistant dan Alexa.

Penjualan perdana Xiaomi TV Q1E 55” (Rp8,499 juta) dan Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite (Rp 2,799 juta) akan dilakukan pada 1 Juni mendatang di sejumlah platform penjualan online dan offline.

Penjualan online tersedia di Mi.com, Shopee, Lazada, Tokopedia, BliBli, Bukalapak, Akulaku, dan JD.ID. Sedangkan offline di Xiaomi Store, dan beberapa Xiaomi Shop, dan Erafone.

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS