October 26, 2022

Review Mi Robot Vacuum Mop-2 Lite, Bikin Aktivitas Menyapu dan Mengepel Jadi Menyenangkan

Penulis: Desmal Andi
Review Mi Robot Vacuum Mop-2 Lite, Bikin Aktivitas Menyapu dan Mengepel Jadi Menyenangkan  

Mobitekno – Teknologi memang dapat membantu aktivitas manusia. Dengan teknologi pekerjaan yang sebelumnya memiliki beban yang berat bisa menjadi lebih ringan. Salah satunya bisa ditemukan pada perangkat pintar Robot Vacuum keluaran Xiaomi ini, yaitu Mi Robot Vacuum Mop-2 Lite. Produk ini bisa membantu pekerjaan rumah tangga, terutama aktivitas menyapu dan mengepel yang seringkali cukup merepotkan bagi sebagian orang.

Menyapu dan mengepel memang sudah menjadi aktivitas pekerjaan rumah yang rutin dilakukan. Hal ini agar ruangan-ruangan di dalam rumah bisa tampil selalu bersih dan resik. Bisa dibilang, aktivitas ini tidak ada habisnya, karena dilakukan setiap hari. Dan bahkan, dalam sehari bisa dilakukan lebih dari satu kali.

Kini, berkat adanya perkembangan teknologi, aktivitas tersebut pun bisa dialihkan ke perangkat Robot Vacuum ini. Mi Robot Vacuum Mop-2 Lite dapat menggantikan manusia untuk melakukan proses pembersihan ruangan (menyapu) sekaligus mengepel. Tentu saja hal ini menjadi lebih menyenangkan bagi seluruh anggota keluarga. Apalagi berkat dukungan teknologi pintar seperti AI, produk AiOT ini dapat diatur aktivitasnya, menyesuaikan dengan keinginan pengguna.

Mi Robot Vacuum Mop-2 Lite

Kelengkapan

Hadir dalam sebuaCh kotak kemasan cukup besar, Mi Robot Vacuum Mop-2 Lite ini dibekali juga dengan berbagai perangkat pendukung di dalamnya. Jadi, pengguna tinggal pakai saja dengan meg-install aplikasi pendukung di dalam smartphone mereka. Untuk lebih detailnya, berikut isi kemasannya:

  1. Mi Robot Vacuum Mpp-2 Lite berwarna putih
  2. Water tank untuk proses mengepel
  3. Mop Pad sebagai kain pel
  4. Charging Dock untuk proses charge
  5. Kabel daya
  6. Side brush cadangan
  7. Cleaning Tool
kelengkapan

Desain

Perangkat pintar ini tampil dengan bentuk bundar yang cukup dinamis. Warna putih yang melekat membuat Mi Robot vacuum Mop-2 Lite menjadi lebih enak untuk dilihat. Diameter totalnya 353mm sehingga cukup ringkas untuk digunakan di semua jenis ruangan. Sementara bobotnya hanya 3,1 kg saja. Cukup ringan. Ketebalannya juga hanya 81,3 mm. Ini membuatnya bisa masuk ke kolong-kolong kursi dengan lebih mudah.

Tidak ada tombol-tombol yang merepotkan pengguna di robot vacuum ini, karena semuanya mengandalkan aplikasi Mi Home di smartphone pengguna. Yang ada hanya tombol power di bagian atas. Cukup tekan sekali untuk mengoperasikannya dan tidak perlu dimatikan jika ingin menggunakannya setiap hari. Di dekat tombol power terdapat sensor giroskop dan navigasi yang akan memetakan ruangan dengan cepat, dibantu pandangan visual dari bagian depan. Berkat sistem navigasi baru dan lensa ultra-lebar, robot penyedot debu dan pel ini mampu mendeteksi tata letak dan lingkungan di rumah Anda dengan akurasi yang tinggi.

Tombol power berdampingan dengan sensor gyroscope

Di bagian bawah terdapat dua buah roda sejajar yang ditemani dengan roda kecil di depannya yang dapat berputar secara fleksibel. Roda kecil ini yang mengarahkan perangkat untuk bergerak ke semua sisi ruangan dengan bantuan sensor. Di sisi bawah juga terdapat penghisap debu yang bekerja maksimal dan dibantu dengan side brush untuk membersihkan kotoran serta debu dengan lebih detail. Daya hisapnya mencapai 2.200 Pa yang tidak hanya dapat menghisap debu, tetapi juga rambut, sehingga dapat membersihkan secara maksimal. Sementara kompartemen debu juga cukup lega terletak di bagian bawah. Volume penampungan debu adalah 450ml. Ini membuat pengguna tidak perlu sering-sering membersihkan penampungan debu tersebut.

Sisi-sisinya terutama di bagian depan,diberikan bumper, mengamankan perangkat saat melaju di sisi-sisi dinding atau rintangan di dalam ruangan.

Dilengkapi bumper untuk pengaman perangkat

Setengah sisi depan didesain seperti tampilan mata robot yang memanjang dengan warna hitam. Di sini terdapat banyak sensor yang dapat memetakan ruangan, sehingga pembersihan menjadi lebih tepat sasaran. Ada 25 sensor di dalamnya dengan presisi tinggi sehingga mendeteksi lingkungan rumah Anda secara real-time dan menyesuaikan kinerjanya di lingkungan yang kompleks.

Untuk proses mengepel, water tanknya juga cukup banyak, menampung hingga 270ml air. Dengan begitu, cukup isi sekali bisa untuk proses mengepel lebih dari 3 hari. Proses pemasangan water tank ini juga sangat mudah. Pengguna tinggal mendorong dan menekannya di bagian bawah sampai terdengar bunyi klik menandakan water tank sudah terkunci. Jangan khawatir pemasangan tidak sempurna karena robot juga akan menginformasikannya dengan suara.

Kompartemen debu yang cukup luas sehingga tidak perlu terlalu sering membuang debu-debu di dalamnya

Fitur dan Performa

Untuk menggunakan perangkat ini, sebelumnya pengguna harus meng-install aplikasi Mi Home di smartphone. Tentu saja, pengguna juga harus memiliki akun Xiaomi di dalamnya. Registrasikan Robot Vacuum ini ke dalam aplikasi tersebut. Ikuti wizard yang diberikan aplikasi sampai Robot vacuum siap digunakan.

Di dalam aplikasi tersebut, ada banyak fungsi yang bisa dioperasikan untuk Robot vacuum ini. Selain fungsi menyapu, ada juga fungsi mengepel. Bahkan, bisa juga dilakukan proses menyapu dan mengepel secara bersamaan. Untuk proses mengepel, pengguna bisa memberikan informasi tingkat air dalam water tank agar kinerja Robot Vacuum bisa lebih optimal. Jika opsi-opsi ini sudah dipilih, cukup tekan tombol Start saja.

Selama proses pembersihan, Mi Robot Vacuum Mop-2 Lite akan berjalan secara zig zag. Ini membuat pembersihan menjadi lebih efektif. Kolong tempat tidur, kursi, hingga lemari bisa dilaluinya dengan mudah asalkan ketinggian kolong di atas tinggi Robot Vacuum ini.

Charging dock dan Mi Robot Vacuum Mop-2 Lite

Jangan khawatir jika proses pembersihan telah selesai, karena secara otomatis, Robot Vacuum ini akan mencari docking basenya, melakukan mode standby, dan mengisi ulang daya baterainya.

Saat tidak bekerja, perangkat mengisi dayanya di charging dock

Selama tidak digunakan, ada baiknya selalu periksa kondisi air di water tank atau membersihkan Mop pad dengan mencucinya secara berkala. Ini dapat membuat kebersihan ruangan selalu terjaga.

Spesifikasi

 

Nama Unit Mi Robot Vacuum Mop-2 Lite
Diameter, tinggi, dan bobot 353mm, 81,1mm, dan 3,1 kg
Daya 35W
Baterai 2.500mAh
Dukungan Aplikasi Mi Home
Fungsi Menyapu, Mengepel, Menyapu dan mengepel
Jumlah Sensor 25 sensor
Daya hisap 2.200Pa

 

Kesimpulan

Perangkat ini menjad alat bantu yang baik di dalam rumah. Pekerjaan menyapu dan mengepel pun menjadi lebih mudah dan praktis. Berbeda dengan vacuum cleaner yang masih membutuhkan bantuan pengguna untuk memegangnya, perangkat ini murni bekerja tanpa harus dibantu oleh pengguna secara fisik. Cukup pantau dari aplikasi di dalam smartphone

Pembersihannya juga cukup optimal untuk ruangan yang tidak terlalu banyak barang di dalamnya. Perangkat akan terasa sulit bergerak jika terdapat banyak barang atau rintangan di dalam ruangan, sehingga membuat pembersihan tidak maksimal.

Bisa menjadi asisten rumah tangga yang rajin

Proses mengepel pun juga optimal. Jika ingin lebih segar, tambahkan cairan pewangi ruangan di dalam water tank sehhingga ruangan akan lebih harus setelah proses mengepel selesai. Dengan begitu, produk yang berharga 2 jutaan ini, bisa menjadi asisten rumah tangga yang baik, terutama untuk pekerjaan menyapu dan mengepel.

Tags: , , ,


COMMENTS