June 21, 2022

Fokus ke Progressive Web App, Zoom Stop Aplikasi Native App-nya di Chromebook

Penulis: Iwan RS
Fokus ke Progressive Web App, Zoom Stop Aplikasi Native App-nya di Chromebook  

Mobitekno – Zoom (Zoom Video Communications, Inc.) telah menyatakan akan menghentikan dukungan video conference native app-nya di perangkat Chromebook. Aplikasi yang lama tidak di-update di Chromebook tersebut akan distop dukungannya mulai Agustus 2022 nanti.

Pihak Zoom merekomendasikan pengguna Chromebook untuk beralih ke solusi Zoom lainnya, yaitu Zoom PWA (Progressive Web App) yang berjalan dalam browser Chrome. Zoom PWA sendiri sudah tersedia di browser Chrome sejak Juni 2021.

Aplikasi native Zoom untuk Chromebook sudah ada selama beberapa tahun ini meski dengan fungsionalitas yang terbatas. Selain tidak mendapatkan update rutin, aplikaksi Zoom di Chromebook hanya berguna untuk menghadiri suatu rapat (meeting) Zoom minus fitur-filtur lain yang biasanya ditemukan pada aplikasi Zoom di platform lainnya (Windows, Mac dll).

Untuk mengatasi kekurangan yang ada pada aplikasi native Zoom di Chromebook, pihak Zoom meluncurkan Zoom versi PWA dengan beberapa fitur tambahan tahun lalu. Hadirnya Zoom PWA di Chromebook cukup menjawab beberapa keluhan penggunana saat melakukan rapat virtual di layanan Zoom.

Meski alternatifnya sudah hadir (Zoom PWA) saat itu, aplikasi native Zoom tetap tersedai hingga akhirnya pihak Zoom mengumumkan mencabut dukungannya untuk Zoom native app baru-baru ini.

Aplikasi Zoom lama (native app) untuk Chromebook dikembangkan di atas teknologi “Chrome app” yang relatif jadul. Seperti diketahui, Agustus 2020 lalu Google mengumumkan akan menghapus Chrome app di semua platform (Windows, Mac, Linux) pada Juni 2021. Mulai bulan Juni 2022, Google juga menstop Chrome app di Chrome OS sehingga tidak lagi menerima aplikasi baru

Dengan rencana Google tersebutm, keputusan pihak Zoom untuk ‘mempensiunkan’ aplikasi video conference tradisionalnya di Chromebook sudah dapat diprediksi berbagai pihak. Perusahaan telah melakukan pemberitahuan kepada pengguna Chromebook yang masih mengandalkan aplikasi Zoom selama ini untuk kebutuhan konferensi video mereka.

Apabila native app dibuat khusus untuk platform tertentu, PWA app diracnang untuk berjalan di dalam browser web. Native app biasanya dikembangkan dengan bahasa pemrograman yang umum untuk suatu platform (Objective-C dan Swift untuk iOS, dan Java untuk Android), sedangkan, PWA menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript.

Instalasi PWA realtoif cepat dan mudah dilakukan di sebagian besar web browser, termasuk Chrome. Biasanya, penguna dapat menemukan opsi instalasi dengan mengakses ikon tiga titik di sudut kanan atas browser.

PWA baru yang diluncurkan Zoom setahun lalu dapat melakukan semua yang dilakukan aplikasi tradisional di platform Windows atau Mac. Selain itu, Zoom PWA juga sudah menyediakan fitur yang umumnya termuat pada aplikasi video conferencu umumnya, seperti transkripsi langsung, background blur, video background, live translatiion, dan banyak fitur lainnya.

Tags: , , , , ,


COMMENTS