June 21, 2022

Apple Perkenalkan Passkeys, ‘Kunci Sandi’ Pengganti Password

Penulis: Muhammad R
Apple Perkenalkan Passkeys, ‘Kunci Sandi’ Pengganti Password  

Mobitekno – Apple memperkenalkan sederet fitur baru iOS 16 pada pergelaran WWDC 2022 baru-baru ini, salah satunya adalah Passkeys.

Perusahaan mengumumkan akan mengganti kata sandi di Mac, iPhone, iPad, dan Apple TV pada September tahun ini. Alih-alih menggunakan kata sandi, pengguna dapat masuk ke situs web dan aplikasi menggunakan “Kunci Sandi” dengan iOS 16 dan macOS Ventura.

Passkeys, menggantikan kata sandi lama dengan membuat kunci digital baru menggunakan Touch ID atau ID Wajah.

Darin Adler selaku wakil presiden teknologi internet Apple menjelaskan bahwa, saat membuat akun online dengan situs web, pengguna dapat menggunakan Kunci Sandi ketimbang kata sandi. Untuk membuat Passkey, cukup gunakan Touch ID atau Face ID untuk mengautentikasi, dan selesai.

Apple mengatakan bahwa Passkeys menawarkan perlindungan yang lebih baik dibandingkan Passwords.

Fitur tersebut mampu melindungi pengguna dari phshing, malware, dan serangan lainnya yang menargetkan akses akun pengguna.

Menurut Apple, Passkeys adalah kredensial generasi terbaru yang lebih aman dan mudah digunakan daripada passwords. Dokumen fitur Passkeys menyebutkan bahwa fitur ini dibuat berdasarkan standar WebAuthn dan menggunakan cryptographic unik untuk situs maupun akun.

Satu kunci bersifat publik dan disimpan di server situs web sedangkan kunci kedua bersiffat pribadi dan disimpan di perangkat. Di iPhone dan perangkat lain yang menggunakan Face ID dan Touch ID, pengguna bisa menggunakannya untuk otorisasi passkey untuk mengautentikasi pengguna ke situs web.

Passkeys harus cocok untuk memungkinkan aktivitas login karena kunci kedua bersifat pribadi dan hanya tersedia untuk pengguna. Kunci tersebut tak dapat dicuri, dibocorkan, ataupun dikelabuhi.

Passkeys bergantung pada iCloud Keychain yang memerlukan autentikasi 2 faktor untuk perlindungan lebih kuat. Passkeys dapat disinkronkan di semua perangkat pengguna melalaui iCloud Keychain yang dilindungi oleh enkripsi end-to-end.

Sementara Passkey Apple akan meluncur beberapa bulan lagi, bukan berarti pengguna harus terus menggunakan kata sandi yang lemah atau berulang.

Apple menyarankan setiap kata sandi yang digunakan untuk akun yang digunakan untuk belanja online, atau sosial media harus kuat dan unik. Jangan gunakan frasa umum, nama teman atau hewan peliharaan, atau informasi pribadi yang ditautkan ke pengguna dalam kata sandi.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS