August 30, 2023

Susul Windows, Aplikasi Desktop WhatsApp for Mac Telah Hadir. Bisa Group Video Call Hingga 8 Orang

Penulis: Iwan RS
Susul Windows, Aplikasi Desktop WhatsApp for Mac Telah Hadir. Bisa Group Video Call Hingga 8 Orang  

Mobitekno – Aplikasi WhatsApp untuk Mac (aplikasi native WhatsApp for Mac) akan menjadi pilihan menarik bagi orang-orang yang lebih memilih kenyamanan berkirim pesan instan daripada pesan teks atau email di komputernya, baik desktop atau laptop.

Dengan dirilisnya versi terbaru ini, pengguna di platform Mac kini dapat menikmati panggilan video grup (group video call) hingga 8 orang dan panggilan audio (group audio call) hingga 32 orang.

WhatsApp telah menguji aplikasi native client untuk platform Mac ini selama beberapa waktu. Awal tahun ini, mereka telah merilis aplikasinya dalam versi beta publik, sehingga pengguna yang menjalankannya pada komputer Apple (Apple Silicon) dengan sistem macOS 11 Big Sur atau yang lebih baru.

WhatsApp for Mac 03
Hadirnya aplikasi native WhatsApp for Mac akan membuat popularitas instant messaging ini akan semakin populer di dunia.

Dengan banyaknya orang di seluruh dunia mengandalkan panggilan video dan audio untuk tetap terhubung saat pandemi lalu, aplikasi messaging paling populer ini terus mengalami banyak pembaruan di berbagai platform.

Kehadiran fitur baru ini berarti keluarga, teman, dan kolega dapat dengan mudah terhubung dan bercakap-cakap secara langsung, di mana pun mereka berada di seluruh dunia.

8 orang Group Video Call, 32 orang Group Audio Call

Untuk memulai panggilan video grup menggunakan WhatsApp for Mac, pengguna sudah pasti membutuhkan koneksi internet, webcam, dan mikrofon. Mereka juga harus memastikan telah menginstal aplikasi WhatsApp for Mac versi terbaru di desktop/laptop mereka dari Mac App Store.

Setelah persyaratan telah terpenuhi, panggilan video grup dapat langsung dimulai oleh pengguna. Pengguna perlu membuka WhatsApp di Mac mereka dan masuk ke tab ‘Call’. Dari sana, mereka dapat memilih tombol ‘New Call’, diikuti dengan opsi ‘New group call’. Mereka dilanjutkan dengan memilih hingga tujuh kontak WhatsApp lainnya untuk bergabung dalam panggilan dan akhirnya mengklik tombol ‘Video Call’.

WhatsApp for Mac 01
Tampilan aplikasi desktop WhatsApp for Mac saat melakukan group video call.

Salah satu hal terbaik dari panggilan video dan audio grup di WhatsApp adalah panggilan dapat dilakukan secara gratis. Pengguna dapat melakukan panggilan grup sebanyak yang mereka suka, selama yang mereka inginkan, tanpa perlu khawatir dengan biayanya. Hal ini menjadikannya pilihan yang menarik bagi orang-orang yang ingin tetap terhubung dengan keluarga, teman, atau kolega dalam jangka waktu yang lama.

WhatsApp for Mac: Dukung enskripsi end-to-end

Fitur yang juga penting dari panggilan grup WhatsApp adalah proses percakapan telah dienkripsi secara end-to-end, yang berarti bahwa privasi dan keamanan percakapan pengguna terlindungi. Hal ini sangat penting bagi orang-orang yang ingin mendiskusikan topik atau informasi sensitif selama panggilan mereka. Misalnya pertemuan bisnis atau hal-hal yang berhubungan dengan informasi pribadi, kesehatan dan lain-lain.

Pembaruan terbaru WhatsApp fro Mac juga mencakup sejumlah peningkatan dan perbaikan bug lainnya untuk membuat pengalaman pengguna menjadi lebih lancar dan menyenangkan. Sebagai contoh, pembaruan ini memperkenalkan tombol ‘mute video’ baru yang memungkinkan pengguna untuk mematikan video feed-nya selama panggilan tanpa harus meninggalkan panggilan tersebut.

Selain itu, pengguna kini juga dapat menambah dan menghapus orang dari panggilan grup mereka, membuatnya lebih mudah untuk mengelola grup yang lebih besar. Dan jika koneksi internet mereka buruk, aplikasi ini akan secara otomatis menyesuaikan kualitas video untuk memastikan panggilan tetap stabil.

Secara keseluruhan, hadirnya WhatsApp for Mac dengan fitur tambahan baru ini pasti akan disambut baik semua pihak dan semakin memperkokoh popularitasnya di tengah persaingan dengan aplikasi instan messaging lainnya.

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS