December 15, 2022

Kembali Update, WhatsApp Hadirkan Fitur Baru Untuk Panggilan Video

Penulis: Iwan RS
Kembali Update, WhatsApp Hadirkan Fitur Baru Untuk Panggilan Video  

Mobitekno – WhatsApp telah mengumumkan sejumlah fitur baru yang ditujukan khusus untuk meningkatkan pengalaman pengguna dalam melakukan panggilan video (video calling). Pembaruan ini sebenarnya menghadirkan banyak fitur yang sebelumnya sudah ditambahkan ke aplikasi pada awal tahun untuk fitur panggilan suara (voice call).

Setelah diluncurkan Oktober 2022 lalu, pengguna WhatsApp kini telah dapat melakukan group video call hingga 32 orang sekaligus, empat kali lipat dari batas sebelumnya. Peningkatan jumlah ini pada awalnya diperkenalkan untuk fitur panggilan suara bersama dengan fitur Komunitas (Communities).

Panggilan grup besar ini juga memungkinkan pengguna memiliki kontrol yang lebih luas terkait siapa saja peserta yang perlu dengar. Caranya dengan menekan video peserta beberapa saat untuk menonaktifkan (mute) mereka atau mengirim pesan secara terpisah tanpa mengganggu panggilan video yang sedang berlangsung.

Untuk pengguna platform iOS akan mendapatkan akses ke fitur picture-in-picture untuk multitasking saat pengguna melakukan panggilan video. WhatsApp mengatakan bahwa saat ini fitur ini masih dalam pengujian (beta) dan direncanakan akan diluncurkan tahun depan, meskipun tidak jelas kapan pengguna Android akan dapat menggunakannya.

Fitur “call links” yang dirilis bulan September lalu untuk panggilan suara dan video juga masih hadir. Fitur ini memudahkan pengguna lain untuk bergabung jika group video calling sedang berlangsung, meskipun masih tidak belum dapat menggantikan aplikasi konferensi video, seperti Zoom karena tidak mengizinkan penjadwalan panggilan.

Sebagai informasi, WhatsApp telah meluncurkan beberapa fitur baru lainnya baru-baru ini. Pengguna dapat menyesuaikan avatar mereka sendiri di aplikasi, yang juga menghasilkan 36 paket stiker.

Selain itu, ada fitur menarik lainnya yakni “Message Yourself” yang memungkinkan pengguna menggunakan aplikasi untuk mengirim pesan kepada diri sendiri sebagai catatan kecil atau notes. Pada bulan Agustus lalu, platform milik Meta ini juga meluncurkan fasilitas yang telah banyak diminta oleh pengguna untuk meninggalkan grup secara diam-diam alias hanya diketahui oleh admin.

Tags: , , , ,


COMMENTS