April 5, 2022

Intel Luncurkan Chip ASIC untuk Crypto Mining yang Hemat Energi. Sudah Diorder Empat Perusahaan Mining

Penulis: Iwan RS
Intel Luncurkan Chip ASIC untuk Crypto Mining yang Hemat Energi. Sudah Diorder Empat Perusahaan Mining  

Mobitekno – Raksasa chip Intel (INTC) telah meluncurkan chip bitcoin mining terbaru “Intel Blockscale ASIC” untuk membangun mining system/rig yang lebih efisien daripada model yang tersedia di pasar saat ini. Chip ASIC dari Intel ini diharapkan dapat membantu perusahaan dalam merespons isu lingkungan terkait komitmen ESG (environmental, social, and governance) yang selama ini menjadi perdebatan di industri kripto.

Chip lntel Blockscale ASIC yang baru diumumkan ini (4/4/2022) menawarkan kemampuan hingga 580 gigahash per detik (GH/s) dengan konsumsi energi 26 Joule per terahash (J/TH). Ini membuat chip Intel ini lebih efisien daripada chip ASIC lainnya di pasar saat ini, seperti Bitmain atau MicroBT.

Hashrate merupakan ukuran daya komputasi per detik yang digunakan saat menambang (mining), sementara joule per terahash mengukur berapa banyak energi yang dikonsumsi untuk menghasilkan setiap terahash.

Pendiri Ripple juga merasakan hal itu, oleh karenanya ia dan tim mulai mendukung kampanye mengakhiri penambangan Bitcoin sepenuhnya.

Ketakutan terkait energi bahkan memengaruhi pembuat kebijakan. Bulan lalu, Uni Eropa mengajukan regulasi larangan “de facto” terhadap penambangan Bitcoin sebagai bagian dari paket regulasi cryptocurrrency.

“Untuk mendukung era komputasi baru ini, Intel memberikan solusi yang dapat menawarkan keseimbangan optimal antara throughput hashing dan efisiensi energi terlepas dari masalah lingkungan,” kata Wakil Presiden Balaji Kanigicherla dalam sebuah pers.

Beberapa perusahaan diketahui sudah memesan chip Intel Blockscale ASIC yang akan hadir pada kuartal ketiga tahun ini. Diantaranya adalah Argo Blockchain, Block Inc., Hive Blockchain Technologies, dan GRIID Infrastructure.

Block Inc yang sebelumnya bernama Square Inc adalah perusahaan penyedia solusi pembayaran mobile yang didirikan oleh pendiri Twitter, Jack Dorsey . Adapun Jack selama ini dikenal sebagai seorang pendukung kuat Bitcoin (Bitcoin maximalist).

Intel menjamin dapat memasok chip ASIC dalam jumlah besar dan kontinyu tanpa harus mengorbankan pasokan chip CPU atau GPU yang selama ini sudah berjalan. Hadirnya chip mining baru Intel ini setidaknya dapat menjadi solusi bagi industri penambangan crypto yang terdampak masalah rantai pasokan karena pandemi yang berkepanjangan.

Tags: , , , ,


COMMENTS