January 19, 2022

Bitcoin Makin Diterima Luas, Intel Minat Buat Chip ASIC Hemat Energi untuk Menambangnya

Penulis: Iwan RS
Bitcoin Makin Diterima Luas, Intel Minat Buat Chip ASIC Hemat Energi untuk Menambangnya  

Mobitekno – Sejak dipimpin CEO Patrick Gelsinger awal tahun lalu, sepak terjang Intel mulai kembali menarik perhatian industri. Setelah ‘bangkit’ di persaingan prosesor PC dengan merilis CPU Alder Lake Gen 12, Intel dikabarkan berminat masuk ke pasar chip ASIC. Lebih spesifik lagi chip untuk menambang (mining) Bitcoin.

Meskipun relatif baru di bidang chip ASIC untuk mining kripto, Intel mengklaim desain chip mereka yang bersandi “Bonanza Mine” akan jauh lebih hemat energi daripada chip ASIC yang di pasaran saat ini yang dihuni pemain, seperti Bitmain atau Canaan.

Menurut laporan awal Tom’s Hardware, beberapa detail mengenai chip ASIC Intel akan disampaikan melalui presentasi online di ajang ISSCC (International Solid-State Circuits Conference) 2022 tanggal 23 Februari nanti.

Masih belum diketahui detail chip/prosesor ini, tetapi paling tidak tema tanya jawab akan berkisar tentang “Bitcoin Mining ASIC” yang hemat energi. Sebagai catatan, Raja Koduri, SVP dan GM Accelerated Computing Systems & Graphics (AXG) Group Intel, pernah menyatakan bahwa bahwa mereka sedang mengerjakan solusi yang berkaitan dengan teknologi blockchain dan bukan berkaitan dengan GPU.

Menurut Raja, proses validasi transaksi di jaringan blockchain yang jauh lebih efisien dengan daya yang jauh lebih rendah atau biaya lebih rendah sebenarnya merupakan masalah yang dipecahkan oleh Intel.

Banyak kritik terhadap Bitcoin karena aktivitas mining dianggap mengkonsumsi energi secara masif. Bahkan Tesla yang sebelumnya mendukung Bitcoin belakangan menarik dukungannya karena bosnya Elon Musk menggangap aktivitas mining masih terlalu boros energi dan kurang ramah lingkungan.

Tidak seperti CPU dan GPU yang lebih flksibel untuk kebutuhan komputasi (general purposue chip), chip ASIC (Application-specific integrated circuit) dirancang untuk tugas komputasi yang spesifik, dalam hal ini, menambang Bitcoin atau kripto lainnya. Chip jenis ini hanya melakukan satu tugas, tetapi sangat ‘jempolan’ dalam tugas tersebut.

Terlepas dari masih sedikit informasi soal chip ASIC Intel Bonanza Mine, minat Intel masuk industri mining cukup beralasan mengingat peluang bisnis yang masih terbuka dengan hijrahnya pelaku bisnis mining kakap dari Cina ke berbagai negara termasuk ke AS.

Intel sebenarnya bukan pendatang baru di dunia Bitcoin. Bertahun-tahun lalu, Intel pernah dikaitkan menjadi mitra pada materi presentasi sebuah startup bitcoin, yakni 21 Inc. Materi tersebut mengungkapkan bahwa Intel telah memproduksi chip mining di pabriknya untuk 21 Inc. Namun, sejalan waktu perkembangan chip ini tidak terekspos luas. Selain itu, Intel juga telah memenangkan sebuah paten berkaitan dengan proses mining Bitcoin yang hemat energi.

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS