February 5, 2022

Bulan Depan Apple Mungkin akan Hadirkan Dukungan 5G untuk iPhone SE dan iPad Air

Penulis: Iwan RS
Bulan Depan Apple Mungkin akan Hadirkan Dukungan 5G untuk iPhone SE dan iPad Air  

Mobitekno – Setelah lini iPhone 12 sudah mendukung konektivitas 5G sejak tahun 2020, Apple dikabarkan akan menghadirkan teknologi tersebut untuk seri terbaru iPhone SE dan iPad Air dalam waktu dekat ini.

Rumor ini dilontarkan oleh jurnalis Bloomberg, Mark Gurman yang bocorannya terkait rencana Apple ke depan dianggap cukup akurat. Jadawalnya diperkirakan akan terjadi di acara Apple pada tanggal 8 Maret 2022 (Spring Apple Event).

Apple iPhone SE generasi terbaru dilaporkan akan mirip dengan iPhone 8 yang diluncurkan pada tahun 2020. Perbedaannya, iPhone SE akan diperkuat chip andalan Apple A15 Bionic dan modem 5G. Ditambahkan oleh Mark, ada kemungkinan Apple juga akan melakukan peningkatan kualitas kamera iPhone entry-level tersebut yang dianggap kalah jauh dibandingkan kamera pada lini iPhone 13.

Kehadiran iPhone SE baru akan didampingi oleh iPad Air baru yang juga akan mendapatkan dukungan konektivitas 5G dan chipset A-series Bionic yang lebih cepat. Mengingat iPad Air (2020) hadir dengan desain ulang penuh warna seperti iPad Pro, kecil kemungkinan update kali ini akan banyak perubahan signifikan.

Seperti juga iPhone 13, Apple mungkin akan menggunakan modem Snapdragon X60 5G dari Qualcomm untuk iPhone SE (Foto: Qualcomm)

 

Terakhir, Mark juga menyebutkan peluang hadirnya Mac mini (small form factor desktop PC) dengan chipset/SoC berbasis ARM, yakni M1 di acara tersebut. Selain itu, Apple juga diduga akan mengumumkan rilis publik iOS 15.4/iPadoS 15.4 dalam beberapa minggu ke depan.

Apple iOS 15.4 akan menghadirkan beberapa fitur signifikan ke serangkaian produk iPhone, seperti Face ID yang mendukung masker dan fitur Universal COntrol, yang memungkinkan pengguna beralih antara Mac dan iPad secara bersamaan menggunakan trackpad atau mouse.

Mirip dengan acara Apple sebelumnya, acara Apple pada bulan Maret nanti diharapkan akan disiarkan secara online mengingat pandemi COVID-19 yang masih terus berlangsung.

Tags: , , , , ,


COMMENTS