October 28, 2021

Sukses di Batch 1, Cakap Teacher Academy Lanjut ke Batch 2

Penulis: Desmal Andi
Sukses di Batch 1, Cakap Teacher Academy Lanjut ke Batch 2  

Mobitekno – Cakap yang merupakan platform pembelajaran online di Indonesia terus berupaya memberikan pengalaman pembelajaran, terutama untuk ribuan pengajar. Upaya yang dilakukan Cakap ini tidak lain karena memilikimisi untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia lewat pemerataan akses pendidikan yang berkualitas. Oleh sebab itu, setelah sukses menyelenggarakan Cakap Teacher Academy batch 1 beberapa bulan lalu, kini Cakap Teacher Academy batch 2pun digelar. Program ini tetap berisi materi-materi pelatihan mengajar secara digital.

“Kami bersyukur telah dipercaya oleh para tenaga pengajar dari berbagai latar belakang serta negara dan budaya, seperti dari Indonesia, Filipina, China, Jepang, dan juga Korea Selatan telah bergabung di platform Cakap. Melihat kebutuhan akan peningkatan kompetensi guru pada pendidikan Bahasa Asing, kami hadirkan kembali program Cakap Teacher Academy Batch 2 sebagai Langkah nyata untuk meningkatkan kompetensi pengajar yang secara langsung dapat meningkatkan kompetensi sumber daya manusia di tanah air,” ujar Tomy Yunus, CEO dan Co-Founder Cakap, Rabu, 27/10/2021.

Apa yang dilakukan Cakap ini ternyata sudah berhasil memberdayakan lebih dari 1000 guru lokal sertta global untuk memanfaatkan sistem pembelajaran digital. Oleh sebab itu, aktivitas yang dilakukan Cakap ini juga diapresiasi oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI. Program yang dilakukan Cakap sejalan dengan program yang dimiliki Kemendikbud Ristek RI, yaitu Program Guru Penggerak.

Cakap Teacher Academy Interactive Selfpaced Platform

“Peran guru merupakan ujung tombak bagi transformasi pendidikan. Hal ini menjadi sangat penting bagi setiap pihak untuk turut mendukung pemberdayaan guru dan tenaga pendidik. Kami mengapresiasi Cakap sebagai salah satu platform digital yang peduli dengan pengembangan kompetensi guru di Indonesia yang berdampak pada kualitas pendidikan Indonesia melalui program Cakap Teacher Academy. Kami berharap upaya pemberdayaan ini terus akan berjalan dan meluas hingga ke seluruh wilayah Indonesia,” kata Rachmadi Widdiharto, Direktur Guru Pendidikan Dasar, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI.

Program Guru Penggerak yang dimiliki Kemendikbud Ristek RI sendiri meripakan program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran. Program ini meliputi pelatihan daring, lokakarya, konferensi, dan pendampingan selama 9 bulan bagi calon Guru Penggerak.

Dan, Cakap Teacher Academy juga memiliki memiliki misi untuk mendorong guru dan tenaga pendidik di Indonesia agar lebih paham digital. Cakap Teacher Academy telah sukses memberdayakan guru dan beberapa di antaranya berhasil bergabung menjadi bagian dari tim pengajar Cakap. Program ini merupakan program sertifikasi yang secara langsung memberikan pelatihan peningkatan kapasitas serta kompetensi guru dalam mengajar anak didik.

 

Tags: , ,


COMMENTS