January 19, 2021

Hijrah dari WhatsApp, 4 Aplikasi Obrolan Ini Bisa Jadi Pertimbangan Kamu …

Penulis: Muhammad R
Hijrah dari WhatsApp, 4 Aplikasi Obrolan Ini Bisa Jadi Pertimbangan Kamu …  

Mobitekno – Berkat pembaruan aturan kebijakan data privasi, WhatsApp menjadi ‘bulan-bulanan’ penggunanya di awal bulan ini. Pengguna boleh dibilang ‘dipaksa’ untuk menyetujui kebijakan baru yang membuat aplikasi bisa membagikan data-data pengguna ke perusahaan induknnya, Facebook serta afiliasinya.

Bila tidak setuju, pengguna tidak dapat menggunakan WhatsApp untuk chatting atau telepon. Kebijakan baru ini tentu membuat privasi setiap indvidu terganggu dan menimbulkan perasaan tidak aman. Oleh karena itu banyak orang yang kemudian mulai mencari platform sejenis yang menawarkan privasi dan keamanan lebih baik daripada WhatsApp.

Terkait hal ini, Gerald Mursjid, Chief Representatives Officer MiChat Indonesia, menilai perkembangan tersebut, jika benar, tidak akan diterima dengan baik oleh pengguna. Di era digital di mana informasi mudah dicari dan diperoleh, pengguna menjadi lebih fokus pada privasi mereka.

“Karena itu filosofi kami adalah memprioritaskan privasi mereka dan mengamankan data pribadi mereka. Kami tidak membagikan atau menjual data pribadi mereka untuk digunakan di aplikasi lain,” kata Gerald seperti dilansir laman Sindonews.

Saat masyarakat mulai mempertimbangkan untuk bermigrasi ke aplikasi perpesanan lain, berikut ini adalah aplikasi alternatif yang bisa dipertimbangkan diunduh:

Signal

Signal merupakan aplikasi pesan singkat yang beroperasi di Amerika Serikat. Sebagaimana WhatsApp, Signal juga menggunakan end-to-end encryption untuk semua fiturnya. Satu hal yang membedakan Signal dengan aplikasi lainnya adalah Signal hanya menyimpan nomor handphone pengguna. Sebagai organisasi nirlaba, perusahaan tidak membagikan nomor ponsel pengguna ke pihak lain.

MiChat

Seperti Signal yang mulai populer, MiChat juga mengutamakan dan menghormati privasi dan keamanan setiap penggunanya. MiChat, aplikasi pesan singkat asal Singapura, juga menggunakan fitur end-to-end encryption sehingga pesan yang dikirim hanya bisa dibaca oleh pengirim dan penerima.

MiChat juga mengklaim tidak menjual data para pengguna ke pihak luar atau pihak ketiga. Mereka juga mengklaim hanya menggunakan data-data tersebut untuk mengoptimasi dan meningkatkan fitur-fitur yang ada di MiChat.

Perbedaan mencolok antara MiChat dengan aplikasi lainnya adalah MiChat tidak hanya menawarkan fitur chat dan telepon saja, tetapi juga fitur gaming di mana para pengguna dapat bermain bersama atau menantang temannya.

Untuk pengguna di Indonesia, beralih ke MiChat menjadi kemudahan tersendiri. Dengan lebih dari 10 juta unduhan di Indonesia, teman-teman Anda kemungkinan besar sudah menggunakan MiChat.

Telegram

Salah satu aplikasi yang diuntungkan akibat penerapan kebijakan baru di WhatsApp adalah Telegram. Ini merupakan aplikasi pesan singkat yang berdomisili di London tapi beroperasi di Dubai. Telegram diklaim mengedepankan fitur privasi pengguna, yang memastikan data pengguna di enkripsi oleh pihaknya, untuk menghindari peretasan baik dari pihak peretas perorangan hingga pemerintahan.

Berbeda dengan Signal, Telegram akan mengakses dan menyimpan info kontak, kontak, dan ID pengguna.

Palapa

Palapa merupakan aplikasi chat asal Indonesia yang dikembangkan menggunakan sistem dari Signal. Xecure IT, pengembang dari aplikasi Palapa menyatakan aplikasi ini dirancang dengan menutamakan privasi dan keamanan di atas segalanya. Palapa dilengkapi berbagai modul seperti fitur tanda tangan elektronik dan secure data exchange.

Palapa dirancang dan dibangun dengan fungsi dasar anti-hijacking, secure chat, secure voice/video call, dan penyimpanan data terenkripsi. Sama seperti Signal, Palapa hanya menyimpan nomor handphone penggunanya.

Tags: , , , , ,


COMMENTS