December 23, 2020

Data Gaikindo Terbaru, Penjualan Suzuki di November Naik 9,8 Persen

Penulis: Desmal Andi
Data Gaikindo Terbaru, Penjualan Suzuki di November Naik 9,8 Persen  

Mobitekno – Jelang akhir tahun tampaknya ada secercah harapan bagi industri otomotif di Indonesia, terutama untuk PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). Hal ini karena berdasarkan data Gaikindo yang baru saja keluar, pada bulan November Suzuki mengalami kenaikan wholesales sebesar 9,84%. Dengan demikian PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) memberikan kontribusi dengan peningkatan wholesales hingga 60% dan retail sales 27% jika dibandingkan Oktober 2020. Capaian ini tentunya membuat Suzuki menguasai 15,3% pangsa pasar wholesales dan 12,9% untuk pangsa pasar retail sales pada November 2020.

“Dari data GAIKINDO, angka penjualan kendaraan roda empat kembali naik di November. Hal ini pun terjadi dengan penjualan Suzuki yang naik cukup signifikan. Kami harap dengan meningkatnya angka penjualan saat ini bisa menjadi tahap recovery dan bahkan terus membaik sehingga pasar otomotif kembali terstimulus dan pulih,” ujar Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS.

Selain pertumbuhan penjualan bulan November, pangsa pasar Suzuki sepanjang 2020 pun mengalami peningkatan. Dari Januari hingga November, Suzuki meraih pangsa pasar wholesales sebesar 12,3% dan retail sales sebesar 12,5%. Jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2019, pencapaian pangsa pasar ini tumbuh 2,7% baik dari wholesales maupun retail sales dimana di tahun 2019 Suzuki menguasai 9,58% pangsa pasar wholesales dan 9,81% di sisi ritel.

Pertumbuhan penjualan dan pangsa pasar Suzuki bulan November masih didominasi New Carry Pick Up yang berkontribusi 67,7% terhadap wholesales dan 62,5% terhadap ritel nasional Suzuki. Setelah itu, disusul XL7 dengan kontribusi 12% untuk wholesales dan 13,2% untuk ritel, serta All New Ertiga yang berkontribusi 9,3% untuk wholesales dan 11,8% untuk retail sales.

“Adanya peningkatan penjualan pada November lalu, baik dari Suzuki maupun pasar kendaraan roda 4 secara keseluruhan membawa harapan baru untuk industri otomotif Indonesia. Kami berharap agar pandemi segera berakhir, sehingga semua sektor industri, khususnya otomotif, kembali stabil dan terus meningkat,”  tutup Donny.

 

Tags: , ,


COMMENTS