May 19, 2023

Ini Tips Bagi Pengguna Mobil Suzuki Agar Lebih Mudah Melakukan Parkir Paralel

Penulis: Iwan RS
Ini Tips Bagi Pengguna Mobil Suzuki Agar Lebih Mudah Melakukan Parkir Paralel  

Mobitekno – Parkir mobil secara paralel bisa menjadi tantangan tersendiri bagi pengemudi yang akan melakukan parkir. Keterbatasan lahan parkir sering membuat beberapa wilayah mengharuskan pengendara untuk memarkirkan mobilnya secara paralel. Kondisi parkir paralel membutuhkan teknik tersendiri, jarak mobil di depan dan belakang biasanya cukup berdekatan sehingga membuat parkir jenis ini lebih sulit dibandingkan parkir jenis lainnya.

Selain harus mempelajari cara parkir dengan baik dan benar, pengendara mobil Suzuki juga dapat memanfaatkan sensor parkir yang tersemat di mobilnya. Sensor parkir ini berguna untuk memberikan peringatan jika ada objek yang dekat dengan bagian mobil, dan sensor inilah yang memudahkan pengendara saat parkir di area yang sempit. Bahkan, beberapa model mobil Suzuki juga sudah dilengkapi dengan fitur kamera parkir yang disematkan di bagian belakang, serta kamera 360 yang tersedia di Suzuki Grand Vitara versi GX guna menambahkan kemudahan bagi pengendara.

Ilustrasi parkir paralel

 

Menurut Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales, saat melakukan test drive di diler, kami juga berikan kesempatan kepada calon konsumen untuk dapat menjajal seluruh fitur yang dimiliki mobil Suzuki ketika ingin parkir di suatu tempat, bahkan secara paralel. Seperti yang dianjurkan oleh Rio Octaviano, Ketua Indonesia Parking Association (IPA), terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan saat melakukan parkir mobil secara paralel seperti berikut:

Pastikan lokasi parkir memang diperuntukkan untuk parkir paralel

Saat sedang mencari tempat parkir, pengendara mobil Suzuki harus memastikan bahwa lokasi tersebut memang diharuskan untuk parkir paralel. Biasanya, terdapat marka khusus parkir paralel yang telah disediakan oleh pemilik tempat. Saat mulai memarkir mobil secara paralel, pastikan Anda tahu posisi mobil Anda dengan baik. Periksa jarak mobil Anda dari kendaraan di depan dan di belakang, serta pastikan mobil Anda sejajar dengan mobil yang terparkir di samping.

Beri tanda jika sedang parkir

Untuk memberikan penanda bagi pengendara mobil lainnya, Anda bisa menyalakan lampu sign yang menandakan bahwa sedang parkir. Hal ini dilakukan agar pengendara mobil lain dapat menunggu dan tidak tergesa-gesa saat mobil di depannya sedang dalam posisi bermanuver untuk parkir.

Mulai masuk parkir dengan mundur terlebih dahulu

Parkir paralel akan menjadi lebih mudah dan cepat jika dilakukan dengan kondisi memundurkan mobil dan memasukan bagian buritan terlebih dahulu ke ruang parkir paralel yang tersedia. Apabila Anda memulai masuk parkir dengan posisi bagian depan terlebih dahulu maka diperlukan manuver dan waktu yang lebih lama hingga menyelesaikan parkir dengan rapih.

Gunakan teknik angka 8

Teknik ini bisa membantu Anda memarkir mobil secara paralel dengan mudah. Mulai dari posisi awal yang sejajar dengan mobil di samping, lalu putar kemudi ke arah kiri atau kanan tergantung dari lokasi parkir paralel dan kemudian berjalan mundur hingga sudut belakang mobil Anda mencapai sudut parkir. Kemudian, putar balik kemudi ke arah berlawanan dan maju perlahan hingga mobil Anda berada sejajar di tempat parkir paralel.

Perhatikan saat menginjak rem dan gas

Dikarenakan tempat parkir yang tidak terlalu luas, maka pengendara mobil Suzuki harus lebih berhati-hati dalam menginjak pedal rem dan gas. Hindari menginjak pedal gas terlalu dalam agar pergerakan mobil tidak agresif. Pengendara harus bisa mengendalikan pedal rem dan pedal gas secara seimbang, karena jika tidak bisa seimbang, dikhawatirkan akan menyenggol mobil lainnya. Selain itu, manfaatkan spion mobil kiri dan kanan untuk mengetahui secara pasti mengenai area parkir dengan tepat.

Jangan lupa untuk rem tangan jika diperlukan

Setelah mobil terparkir, pastikan bahwa posisi mobil Anda tepat di antara garis parkir dan tidak menonjol ke luar. Pastikan juga jarak antara mobil Anda dengan mobil di depan dan di belakang cukup untuk membuka pintu mobil dengan aman. Selain itu, apabila memang diperlukan pengendara mobil Suzuki harus memastikan telah menarik rem tangan sebelum meninggalkan lokasi agar laju kendaraan dalam berhenti dan diam di posisinya selama parkir beberapa saat. Untuk parkir paralel, perlu diperhatikan apakah perlu menarik rem tangan atau tidak, hal ini dapat disesuaikan dengan kondisi sekitar, kontur jalan atau dapat ditanyakan kepada petugas parkir setempat. Untuk tuas transmisi automatic, jika kesulitan saat posisi parkir paralel dengan posisi tuas di N dapat melihat pada buku petunjuk pengguna kendaraan Suzuki.

Latihan yang rutin

Semakin sering Anda memarkir mobil secara paralel, semakin mudah pula Anda melakukannya. Latihan yang rutin bisa membantu Anda memperbaiki teknik dan menjadi lebih percaya diri saat memarkir mobil secara paralel.

“Saat mobil sudah dalam posisi kaca pintu tertutup rapat, sebelum keluar mobil, pengendara harus memastikan bahwa AC, lampu kendaraan, hingga audio sudah dalam kondisi mati. Kemudian pastikan untuk tidak meninggalkan barang berharga di dalam mobil untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Terakhir, pastikan tidak meninggalkan barang yang mudah terbakar dan parkirlah di area yang teduh agar mobil tetap terlindungi dari terik matahari,” tutup Hariadi.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS