March 14, 2020

Sirimas Beri Layanan Cek Turbocharger Kendaraan Tanpa Biaya

Penulis: Desmal Andi
Sirimas Beri Layanan Cek Turbocharger Kendaraan Tanpa Biaya  

Mobitekno – Mobil-mobil keluaran terbaru saat ini, kerap dibekali dengan turbocharger oleh pabrikan. Tujuannya untuk meningkatkan performa yang akselerasi yang baik. Bahkan kini mobil berkapasitas kecil pun dibenamkan perangkat turbocharger demi memuntahkan tenaga yang lebih.

Oh ya, turbocharger merupakan salah satu perangkat sistem induksi paksa (forced induction system) yang dapat meningkatkan tenaga atau power mesin secara instan dengan memanfaatkan gas buang dari mesin.

Suplai udara yang lebih padat dan lebih banyak ke dalam ruang bakar menjadi faktor utama dari peningkatan performa mesin. Tak hanya tenaga, aplikasi turbocharger dipadu suplai udara yang konsisten dari turbo ini berimbas terhadap efisiensi konsumsi bahan bakar.

“Meski begitu, turbocharger pun bisa mengalami kerusakan. Cara mendeteksi kerusakan pun bisa dari berbagai faktor. Salah satunya masuknya benda asing ke dalam komponen turbo,” Gandi selaku Technical Specialist & Advisor workshop Sirimas Turbocharger Specialist.

Gandi menambahkan bahwa kerusakan turbo bisa disebabkan lantaran kurangnya kualitas oli ke komponen turbo, hingga kebanyakan pemilik kendaraan mengabaikan pentingnya kebersihan dan penggantial filter udara dan filter oli, bisa membuat komponen turbo ini tidak bekerja maksimal.

Yuk, kita bahas sedikit lebih detail. Untuk kasus yang pertama yakni umumnya masuk benda asing seperti debu, serpihan batu, ranting kecil, pasir yang masuk ke dalam housing filter tanpa disadari. Bahkan compressor wheel turbocharger yang terbuat dari bahan aluminium bekerja pada putaran mesin sangat tinggi dan rentan terhadap benturan benda asing tersebut.

Hal yang bisa dideteksi yakni timbul suara melengking dari komponen turbo. Alasannya, karena kotoran yang masuk tadi membentur blades compressor wheel. Pun begitu dengan kebocoran oli pada turbocharger yang sangat berbahaya. Efek negatifnya ketika kekurangan suplai oli akan membuat engine jamming.

Jika Anda merasakan gejala-gejala diatas, silakan cek komponen turbocharger Anda ke workshop Sirimas yang beralamat lengkap di Jalan Taman Sari Raya No. 11C, Jakarta Barat. Para teknisi Sirimas akan dengan sigap membantu Anda.

Layanan pengecekan kondisi kerusakan turbo (Damage Analysis Report) dilakukan oleh Sirimas secara gratis. Anda tidak akan dipungut biaya sepeser pun. Selain itu, workshop Sirimas akan memberikan konsultasi terhadap kerusakan komponen turbo Anda. Mulai dari rincian biaya servis, hingga penggantian parts.

Ya, workshop Sirimas memang menjadi spesialis turbocharger. Tidak hanya menjual perangkat turbo saja, namun bisa juga melakukan servis turbochrger. Untuk pengerjaan servis memiliki rentang waktu sekitar 1 – 4 hari tergantung tingkat kerusakan.

Menariknya lagi, garansi yang diberikan adalah garansi kebocoran selama dua bulan dan free konsultasi. Anda bisa telp ke nomor 021-6255411/35 atau email keluhan Anda ke sirimas.turbo@gmail.com. Serta kunjungi website resminya pada www.sirimasturbo.co.id.

“Sirimas merupakan workshop specialist dibidang penjualan dan perbaikan turbocharger. Turbocharger yang ditangani meliputi berbagai merk seperti Garrett, Holset, Schwitzer, IHI, Toyota, Mitsubishi, ABB, KKK, Borgwarner untuk aplikasi mulai dari kendaraan pribadi, operasional, alat berat , genset , sampai Tug Boat. Sirimas telah melayani pelanggan mulai dari kota Batam, Medan, Pekanbaru, Lampung, Jakarta, Balikpapan, Banjarmasin, Samarinda hingga Sorong,” tambah Gandi.

Pemeriksaan Turbocharger dari Sirimas

Tips Turbocharger

Inilah beberapa perilaku yang bisa diperhatikan agar komponen turbo memiliki usia yang panjang. Salah satunya yang paling penting adalah perawatan dan pemakaian. Bagi kendaraan yang memiliki komponen turbo, penggantian oli mesin dan filter sebaiknya diperhatikan, agar turbo dapat berfungsi atau bekerja maksimal dan tahan lama.

Sedangkan untuk sektor pemakaian, dianjurkan untuk melakukan warm up dan cooling down dahulu sebelum kendaraan dinyalakan dan dimatikan. Apabila kedua diatas dilakukan dengan baik, turbocharger pun sebaiknya dicek secara berkala. Minimal setiap satu tahun sekali untuk mengecek kebocoran oli dan kondisi balance-nya.

Bagaimana pengaruh terhadap performa mesin mobil, jika komponen turbo tidak bekerja maksimal? Kendaraan akan mengalami loss power dan jika terdapat kebocoran oli yang menyebabkan oli di mesin berkurang. Apabila berlangsung lama sangat berbahaya karena supply oli yang kurang di dalam mesin dapat membuat engine jamming.

Tags: , ,


COMMENTS