June 13, 2020

Grab Luncurkan GrabMerchant, Dorong UMKM Digitalisasi Bisnis

Penulis: Rizki R
Grab Luncurkan GrabMerchant, Dorong UMKM Digitalisasi Bisnis  

Mobitekno – Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah senantiasa berupaya menjaga keberlangsungan bisnis UMKM di tengah pandemi. Sejalan dengan rencana pemerintah, Grab baru-baru ini meluncurkan GrabMerchant, platform all-in-one yang akan menyasar sektor UMKM di Indonesia. Harapannya, UMKM yang menggunakan platform ini dapat bertransformasi menjadi bisnis online dan beradaptasi dengan tatanan baru.

GrabMerchant dapat mendorong mitra merchant mengelola operasional bisnis sehari-hari dan mengakses fitur-fitur penunjang pertumbuhan bisnis mereka. Platform ini mencakup aplikasi dan web portal yang dilengkapi fitur-fitur yang mudah digunakan. Sementara itu, web portal GrabMerchant menyediakan informasi yang komprehensif mengenai kinerja bisnis di seluruh jaringan toko online yang mereka jalankan.

Neneng Goenadi, Managing Director Grab Indonesia, mengungkapkan, “UMKM merupakan tulang punggung dari perekonomian Indonesia, akan tetapi sebagian besar masih offline. Oleh karena itu, para pelaku UMKM ini harus segera melakukan transformasi digital atau mereka akan tertinggal jauh dari UMKM lain yang sudah beralih ke online,”

Platform GrabMerchant, kata Neneng, merupakan salah satu wujud dari komitmen jangka panjang ‘Grab for Good’ untuk membantu percepatan transformasi digital para UMKM di Indonesia. Grab menyediakan solusi bisnis yang mudah digunakan untuk membantu mereka memulai, menjalankan, dan mengembangkan bisnis online mereka secara mandiri.

GrabMerchant App

Teten Masduki, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Republik Indonesia, yang turut hadir di konferensi pers virtual mengatakan, “Pandemi COVID-19 telah menunjukkan pentingnya digitalisasi. UMKM yang telah mengadopsi teknologi digital dapat terus beroperasi selama masa PSBB, dan dapat meminimalisir dampak pandemi terhadap bisnis mereka,”

Dirinya juga menyatakan, bahwa platform ini merupakan inovasi yang sangat dibutuhkan  saat ini, dan akan sangat membantu mempercepat transformasi digital para UMKM di Indonesia sehingga mereka dapat beradaptasi dan berkembang dalam era ekonomi digital.

GrabMerchant membantu UMKM untuk mendigitalisasi operasional mereka secara menyeluruh, menerima pembayaran digital melalui OVO, dan mengakses fitur-fitur yang dapat mengoptimalkan bisnis online mereka. Fitur-fitur utama dari GrabMerchant antara lain:

  1. Pendaftaran Mandiri: Para pelaku bisnis di sektor kuliner sekarang dapat mengunduh aplikasi GrabMerchant, mengikuti proses pendaftaran untuk membuka toko online mereka, dan mulai berjualan di GrabFood paling cepat dalam jangka waktu 24 jam. Proses pendaftaran sepenuhnya dapat dilakukan secara digital dan merchant dapat melihat status pendaftaran mereka secara real-time melalui aplikasi GrabMerchant.

  2. Profil Pemilik, Pengelola Toko, dan Kasir untuk keamanan ekstra: GrabMerchant dilengkapi dengan tiga profil pengguna untuk memenuhi berbagai kebutuhan dalam menjalankan bisnis. Profil Pemilik akan memperoleh akses penuh ke berbagai layanan dan fitur GrabMerchant mulai dari manajemen operasional, pemantauan dan analisis kinerja bisnis, pelunasan pembayaran, manajemen inventaris, manajemen kampanye pemasaran, hingga pengajuan fasilitas keuangan.

Profil Pengelola Toko membantu penggunanya untuk mengawasi dan mengelola operasional toko sehari-hari, sementara Profil Kasir hanya dapat menggunakan fungsi pembayaran dan pengelolaan pesanan. Fitur Profil Pengguna ini menyediakan lapisan keamanan tambahan untuk para pemilik usaha dengan cara membatasi akses karyawan ke informasi bisnis yang sensitif.

  1. Grosir: Melengkapi persediaan bahan-bahan untuk menjalankan bisnis selalu menjadi tantangan bagi UMKM. Selain karena biaya pengiriman yang tinggi, mereka juga harus membeli persediaan dan bahan-bahan dengan harga eceran dari pasar tradisional. Hal ini tentu saja tidak murah dan merepotkan. Dengan fitur Grosir, Grab telah bekerja sama dengan mitra penyedia bahan-bahan pokok yang berkualitas di berbagai kota, seperti TaniHub dan Sayurbox.

GrabMerchant untuk Mendorong UMKM Bertransformasi ke Digital

Platform GrabMerchant untuk Mendorong UMKM Bertransformasi ke Digital

Mitra merchant sekarang dapat membeli persediaan dan bahan-bahan dengan harga grosir, sekaligus menikmati kenyamanan layanan pengiriman barang ‘satu hari sampai’/next-day delivery. Layanan ini tersedia untuk 100,000 mitra merchant di beberapa wilayah di tujuh kota di Indonesia.

  1. Pemasaran: Fitur Marketing dalam aplikasi GrabMerchant akan dilengkapi dengan perangkat Pengaturan Iklan, yang membantu bisnis untuk mengembangkan iklan yang menarik dalam beberapa menit saja dengan biaya hanya US$1 per hari untuk mendorong awareness pelanggan dan meningkatkan penjualan di toko GrabFood mereka. Dengan fitur ini, mitra merchant GrabFood dapat membuat iklan banner dan iklan pencarian, memilih sasaran audiens, dan mengakses kinerja iklan tersebut secara real-time melalui laporan yang mudah dipahami.

Selain itu, mitra merchant juga dapat berpartisipasi dalam rekomendasi kampanye yang dijalankan Grab dan menyusun skema promosi untuk menjangkau lebih banyak lagi pelanggan dengan perangkat ‘Promo’ yang tersedia dalam fitur Pemasaran.

  1. Laporan Bisnis: Fitur ini memberikan UMKM gambaran tentang bisnis mereka dari sisi kinerja penjualan, efisiensi kegiatan operasional, kebiasaan belanja pelanggan mereka, dan efektivitas dari kampanye pemasaran yang dilakukan. Hal ini akan membantu mereka untuk mengatasi tantangan kegiatan operasional bisnis serta menemukan dan menangkap dengan cepat berbagai peluang bisnis baru, seperti membuat paket menu makanan berdasarkan apa yang sering dipesan oleh pelanggan.

Aplikasi GrabMerchant dapat diunduh di Google Play Store, dan portal web akan diluncurkan pada Juli 2020 mendatang. Para mitra merchant yang telah bergabung dengan GrabFood harus memperbarui aplikasi GrabFood Merchant untuk menggunakan GrabMerchant.

Tags: , , , , ,


COMMENTS