August 4, 2020

Minggu Ini, Oppo Sudah Siap Hadirkan Oppo Reno4 dan Oppo Watch ke Indonesia

Penulis: Desmal Andi
Minggu Ini, Oppo Sudah Siap Hadirkan Oppo Reno4 dan Oppo Watch ke Indonesia  

Mobitekno – Jelang peluncuran Oppo Reno4 Kamis 6 Agustus 2020, makin terungkap kemampuan dan fitur yang ada di Oppo Reno4. Smartphone ini digadang-gadang akan membawa tren teknologi baru bagi dunia smartphone. Ada empat hal yang membuat Oppo Reno4 bisa membawa sebuah tren, yaitu dari sisi penampilan, fotografi, teknologi yang ada di dalamnya, dan tentunya sistem operasi. Seri terbaru dari keluarga Reno ini akan meneruskan kemampuan fotografi dan bahkan videografi dari seri reno sebelumnya.

“Dari sisi penampilan, Oppo Reno4 ini akan hadir dengan bodi yang lebih tipis dan bobot ringan. Dengan begitu, Reno4 ini bisa memberikan pengalaman lebih baik dari perangkat Reno3 sebelumnya. Oppo akan menyajikan Reno4 dalam dua warna, yaitu Space Black dan Galactic Blue,” ujar Aryo Meidianto A, PR Manager Oppo Indonesia, di Ritz Charlton Pacific Place Jakarta, 3/8/2020. “Sejak kemunculan pertama kali, Reno selalu menjadi trendsetter untuk mobile photography. Kini dengan Reno4, Oppo juga membawa kemampuan kamera untuk fotografi dan videografi. Oleh sebab itu, Oppo Reno4 membawa 4 kamera di bagian belakang dan satu kamera selfie yang semuanya mendukung AI,” lanjut Aryo.

Adapun, empat kamera di bagian belakang terdiri dari kamera utama 48MP, kamera wide angle 8MP, kamera makro 2MP, dan kamera mono. Sementara kamera depannya berkemampuan 32MP. Menurut Oppo, kamera-kamera inilah yang akan membawa trensetter bagi dunia mobile photography berkat fitur-fitur yang ada di dalamnya.

Seperti yang sudah diinformasikan Mobitekno sebelumnya, Oppo Reno4 ini membawa banyak fitur kamera menarik di dalamnya. Salah satu yang paling ditonjolkan adalah AI Color Portrait Mode. Inovasi Oppo di mode ini mampu membuat pengguna Reno4 seperti fotografer profesional yang juga memiliki kemampuan olah digital yang baik. Mengapa? Berkat fitur ini, hasil foto bisa dibuat dengan background monokrom, tetapi subjek foto tetap memiliki warna sebenarnya.

“Dengan mode ini, pengguna tidak perlu repot berlama-lama di aplikasi editing foto untuk menghasilkan foto seperti ini. Bayangkan, bila seorang profesional saja bisa membutuhkan waktu sekitar 5-10 menit untuk menghasilkan foto monokrom dengan subjek berwarna, apalagi dengan pengguna biasa. Tentu bisa memakan waktu hitungan jam. Dengan Oppo Reno4 semua bisa dihasilkan dengan singkat,” tambah Aryo.

Fitur ini tidak hanya berlaku untuk pengambilan foto, tetapi juga video. Jadi, Oppo Reno4 bisa tetap mempertahankan warna RGB pada subjek foto dan membuat lainnya monokrom. Hal ini bisa membuat hasil foto dan video Reno4 seperti karya seni yang mengagumkan.

Aryo Meidianto A

Beragam Fitur Menarik Lainnya

Fitur lainnya adalah Night Flare Portrait. Fitur ini dapat membuat efek neon pada bagian background. Tentunya, diperlukan background dengan banyak cahaya lampu untuk menghasilkan efek neon ini. Ada juga fitur Smart Slow Motion 960 fps yang dapat menghasilkan video gerak lambat begitu detil. Tidak lupa adalah Ultra Steady Video 3.0 yang membuat smartphone seperti memiliki gimbal.

Semua kemampuan tadi dibalut dalam sebuah sistem operasi terbaru dari Oppo, yaitu ColorOS 7.2. Ada banyak fitur menarik yang dibawa ColorOS  7.2 di Oppo Reno4 ini. Semuanya akan membawa kemudahan bagi pengguna. Sistem operasi ini juga berbasis Android 10 yang tentunya membawa fitur unik, yaitu Dark Mode. Ditunjang dengan penggunaan prosesor Snapdragon 720G dan memori 8GB, tentunya semakin membuat kinerjanya semakin menawan.

Salah satu hal menarik lainnya. Oppo akan mengemas Reno4 ini bukan dalam kemasan berwarna hitam seperti biasanya. Kemasannya ini akan tampil lebih ceria dengan desain lebih dinamis dengan latar berwarna putih.

Oppo juga akan bekerjasama dengan desainer Rinaldy Yunardi untuk menghadirkan aksesori yang menarik untuk Reno4. Rinaldy Yunardi sendiri, sebelumnya sempat bekerjasama dengan Oppo di seri Oppo F5.

AI Color Portrait Mode, salah satu daya tarik Oppo Reno4

Oppo Watch

Selain Oppo reno4, Oppo juga akan memperkenalkan perangkat IoT milik mereka, yaitu Oppo Watch. Rencananya, akan ada dua ukuran Oppo Watch yang akan dihadirkan di Indonesia, yaitu 41mm dan 46mm. Keduanya memiliki spesifikasi yang sama. Menariknya, perangkat IoT ini tidak memiliki desain bundar tetapi kotak, dan dibekali dengan sistem operasi Wear OS dari Google yang hemat daya.

“Dengan desain yang tidak bundar seperti kebanyakan smart watch lainnya, ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh pengguna. Salah satunya untuk melihat foto. Tidak akan ada lagi frame kosong di bagi sisi kiri, kanan, atas, atau bawah. Begitu juga saat digunakan untuk melihat pesan atau menampilkan keyboard, semuanya akan tampil lebih maksimal,” kata Aryo.

Oppo Watch

Kedua Oppo Watch ini menggunakan prosesor dari Qualcomm Snapdragon 3100. Layarnya sudah AMOLED dan diindungi oleh Corning Gorilla Glass 3. Memorinya juga cukup besar, yaitu 1GB dan masih dilengkapi pula dengan storage internal sebesar 8GB. Oppo Watch ini akan tersedia dengan warna Hitam dan Rose Gold (hanya di versi 41mm).

 

 

 

Tags: , , , ,


COMMENTS