March 11, 2019

Membangun Kebiasaan Berinvestasi, Aplikasi Raiz Invest Hadir di Indonesia

Penulis: Karyo | Editor: Rizki R
Membangun Kebiasaan Berinvestasi, Aplikasi Raiz Invest Hadir di Indonesia  

Mobitekno – Setelah sukses di Australia, aplikasi investasi mikro Raiz Invest sudah siap diluncurkan di Indonesia. Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, investasi sering disalahpahami sebagai sesuatu yang membutuhkan modal besar.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, hingga bulan Mei 2018 terdapat 190,5 juta penduduk berusia 15 tahun ke atas di Indonesia. Dari jumlah tersebut, hanya 17,8 persen atau sekitar 33,9 juta penduduk yang setidaknya memiliki satu rekening bank. Selain itu, berdasarkan data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), sampai dengan bulan Juli 2018 jumlah investor Reksa Dana di Indonesia baru mencapai sekitar 820.000 orang. Tingkat inklusi keuangan yang masih rendah ini akhirnya membuat masyarakat kehilangan banyak peluang, terutama dalam mempersiapkan masa depan.

Menurut Melinda N. Wiria, Chief Executive Officer Raiz Invest Indonesia, melalui aplikasi Raiz Indonesia, pengguna dapat mengumpulkan uang receh dari sisa belanja dan menginvestasikannya secara otomatis di pasar modal. Upaya ini diharapkan dapat mendorong calon investor muda untuk mulai berinvestasi dan mempersiapkan masa depan mereka.

“Tidak banyak yang mengetahui bahwa mereka sebenarnya dapat mulai berinvestasi dari jumlah uang yang kecil, tanpa harus mengubah gaya hidup mereka,” ujar Melinda saat peluncuran aplikasi Raiz Invest, di Jakarta, Rabu (6/3).

“Sebagai contoh, uang receh yang didapatkan dari kembalian belanja mereka setiap hari. Biasanya, banyak yang hanya menyimpan uang receh tersebut di dalam stoples atau celengan, dan seiring berjalannya waktu, tanpa terasa uang yang terkumpul ternyata cukup signifikan jumlahnya. Berinvestasi dengan uang receh, dengan kata lain, sebenarnya memungkinkan mereka untuk mewujudkan mimpi mereka,” Melinda menjelaskan.

P90306 165804

Managing Director & CEO Raiz Invest Australia Mr. George Lucas, Commissioner Raiz Invest Indonesia Michael Luhukay, CMO Raiz Invest Indonesia Fahmi Arya, dan CIO Avrist Asset Management Farash Farich.

Diluncurkan dengan nama Acorns di Australia pada Februari 2016, aplikasi ini kemudian berganti nama menjadi Raiz Invest pada April 2018. Hingga Januari 2019, aplikasi Raiz di Australia telah diunduh sebanyak lebih dari satu juta kali dan memiliki lebih dari 175.000 pengguna aktif.

Pada kesempatan yang sama CMO Raiz Invest Indonesia Fahmi Arya,  mengungkapkan bahwa cara kerja aplikasi Raiz Invest adalah dengan mengumpulkan uang receh pengguna yang diperoleh dari selisih pembelanjaan. Saat mereka mendaftarkan diri di Raiz, pengguna dapat menghubungkan kartu debit dan/atau e-wallet mereka.

Lebih lanjut Arya menjelaskan,  setiap kali pengguna berbelanja dengan kartu debit atau dompet elektronik tersebut, Raiz akan melakukan pembulatan ke atas terhadap setiap transaksi ke kelipatan Rp 5.000 terdekat, dan ketika pembulatan yang terkumpul mencapai Rp 10.000, maka jumlah tersebut akan diinvestasikan secara otomatis ke Reksa Dana.

Selain investasi otomatis dari pembulatan transaksi, pengguna juga dapat berinvestasi secara rutin menggunakan fitur cicilan investasi (recurring investment) atau secara seketika dengan fitur ‘lump sum’ untuk meningkatkan investasi di akun Raiz mereka.

Setelah sukses di Australia, Raiz berekspansi ke Asia Tenggara, dengan Indonesia sebagai negara tujuan ekspansi pertamanya. Di Indonesia, Raiz Invest memposisikan diri sebagai produk yang memberikan pengalaman langsung bagi masyarakat untuk belajar tentang literasi keuangan dan inklusi keuangan.

Tags: , , , ,


COMMENTS