November 9, 2018

Dukung Transformasi Digital Industri Kesehatan, T-Systems Buka Kantor di Indonesia

Penulis: Karyo | Editor: Rizki R
Dukung Transformasi Digital Industri Kesehatan, T-Systems Buka Kantor di Indonesia  

Mobitekno – Transformasi digital semakin tak terelakkan di semua lini industri, tak terkecuali industri kesehatan. Industri ini tengah menghadapi revolusi ketiga gelombang teknologi informasi digital. Organisasi-organisasi kesehatan kian hari meningkat dalam penggunaan teknologi yang semakin cerdas, dan menggunakannya untuk penyampaian informasi yang lebih personal juga efisien.

Transformasi digital juga memungkinkan penyedia layanan kesehatan mencapai tujuan dengan mengutamakan pelanggan dan meningkatkan pengalaman pasien secara keseluruhan. Selain itu, para pemain di industri kesehatan perlu mengimplementasikan beragam aplikasi dan teknologi yang memungkinkan otomatisasi lebih efisien, pengambilan keputusan yang lebih baik, konektivitas yang lebih kuat dengan pelanggan dan pihak eksternal lainnya, dan juga inovasi berbasis data yang lebih canggih.

T-Systems, sebagai integrator sistem global berpengalaman dalam industri kesehatan di lebih dari 20 negara telah banyak membantu bisnis kesehatan menuju digitalisasi, termasuk industri kesehatan di Indonesia.

Berkaitan dengan hal tersebut, menurut Arkadiusz Czopor, Managing Director untuk T-Systems Asia South, T-Systems berkomitmen untuk membantu industri kesehatan di Indonesia dalam perjalanan transformasi digital mereka.

“Kami membuka kantor di Indonesia, dengan staf lokal dan ekspansi bisnis ini sebagai bagian dari komitmen perusahaan kami untuk tetap menjadi penyedia dan integrator sistem terpercaya di industri kesehatan,” kata Arkadiusz saat memberikan keterangan di Jakarta, Kamis (8/11).

Menurut Arkadiusz, di Indonesia sudah ada dua rumah sakit yang telah mengimplementasikan sistem yang dikembangkan T-Systems, yaitu Rumah Sakit Mitra Keluarga dan Eka Hospital.
T-Systems bekerjasama dengan SAP Indonesia untuk memberikan solusi kesehatan terpadu bagi para pemain industri kesehatan di Indonesia. Eka Hospital, sebagai salah satu rumah sakit terkemuka di Indonesia mengimplementasikan solusi SAP Healthcare, logistik dan manajemen keuangan dengan T-Systems.

P81108 144202 1

Implementasi solusi digital di Eka Hospital bertujuan untuk penerapan model proses sistem yang selaras dengan seluruh rumah sakit dan klinik EKA sehingga Eka Hospital dapat melayani pasien secara optimal, dan di saat yang bersamaan, merampingkan semua proses back-office sehingga aktivitas frontliners terintegrasi.

Sementara, untuk RS Mitra Keluarga, T-Systems menerapkan sistem terintegrasi dengan SAP Electronic Medical Records and Business Process Management. Solusi ini meningkatkan kemampuan Mitra Keluarga untuk menerima informasi operasional dan klinis secara real-time yang dapat diandalkan sehingga proses pengambilan keputusan terakselerasi serta realisasi pendapatan yang optimal. Solusi administratif dan klinis dari SAP akan berjalan di platform SAP HANA®, termasuk keuangan, pengadaan, inventaris, manajemen pasien, tagihan dan rekam medis elektronik (Electronic Medical Records).

“Di era masyarakat modern saat ini, konsumen membutuhkan layanan kesehatan yang dapat dipersonalisasi seperti diagnosa kesehatan, bimbingan pencegahan penyakit secara transparan hemat biaya dengan penyimpanan yang aman dan infrastruktur penagihan,” Arkadiusz menambahkan.

Menurut Stefanus Tirtosuharto, Senior Project Manager, T-Systems Singapore, dengan implementasi solusi T-Systems, pengelolaan dan operasional rumah sakit menjadi lebih efektif dan efisien.

“Hal yang dapat dirasakan langsung misalnya, pengurangan penggunaan kertas untuk urusan administrasi misalnya, itu sangat tersaasa sekali. Pendataan Medical Records pasien lebih terjamin, hal itu akan memudahkan proses diagnosis bagi pasien, bila berobat kembali,” ungkap Stefanus mencontohkan beberapa keuntungan pengimplementasian solusi dari T-Systems.

Selain itu, menurut Stefanus, pelayanan rumah sakit menjadi lebih cepet, karena pengambilan keputusan tindakan lebih mudah dan cepat berkat dukungan ketersediataan data yang memadai. Bahkan Stefanus juga mengungkapkan bahwa berdasarkan pengalaman T-Systems, tingjkat efisiensi implementasi T-Systems di industri kesehatan bisa mencapai 30 % lebih.

Senada dengan Stefanus, Hasan Widjaja Corporate IT Director Eka Hospital, mengungkapkan bahwa dengan berbagai kemudahan dan kecepatan proses pelayanan rumah sakit, pasien dan pengguna layanan kesehatan lainnya tentu menjadi lebih happy. Terlebih menurut Hasan didukung dengan suasana rumah sakit yang lebih nyaman.

Tags: , , , ,


COMMENTS