July 18, 2017

Didukung Original Content Menarik, Layanan Netflix Tembus 100 Juta Pelanggan

Penulis: Iwan RS
Didukung Original Content Menarik, Layanan Netflix Tembus 100 Juta Pelanggan  

MOBITEKNO – Layanan media streaming dan Video-on-Demand (VoD) asal AS, Netflix,  mengumumkan keberhasilannya meraih 100 juta pelanggan berbayar (paying subscriber). Keberhasilan tersebut dicapai setelah Netflix berhasil menambah 5,2 juta pelanggan baru selama tiga bulan terakhir ini.

Dibandingkan kuartal sebelumnya sejak 2011 lalu, kuartal terakhir menjadi periode Netflix paling sukses merangkul pelanggan baru. Pertumbuhan pelanggan ini bahkan terjadi meski Netflix melakukan kenaikan tarif langganan sejak tahun lalu (2016).

Hingga saat ini, perusahaan yang mengawali bisnisnya dari penjualan dan penyewaan DVD ini sudah memilki 103,95 juta pelanggan di seluruh dunia. Lebih dari setengahnya (sekitar 50 juta) pelanggannya ada di AS. Pada kuartal ketiga tahun ini, Netflix mengklaim akan mendapatkan profit tahunan pertamanya dari divisi internasional.

Sejak memproduksi konten sendiri (original content) , seperti serial populer 'House of Cards' pada 2013 lalu, Netflix terut menggenjot investasinya di segmen original content original content. Tahun ini saja, Netflix sudah berhasil memproduksi sekitar 40 film/movie.

Apabila aksesnya sudah dibuka kembali di Indonesia oleh Telkom, pertumbuhan Netflix diperkirakan akan terus positif. Seperti diketahui, awal 2016 lalu, Telkom memblokir layanan streaming ini dengan mengacu pada kebijakan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo).

Aturan tersebut menyebutkan bahwa seluruh bisnis layanan dari luar Indonesia, termasuk Netflix harus memenuhi ketentuan dan undang-undang yang berlaku di Indonesia. Ketentuan, seperti kewajiban membentuk badan hukum tetap dan bekerja sama dengan operator telekomunikasi yang telah beroperasi di Indonesia. Kerjasama diwujudkan dalam bentuk menyaring isi konten agar sesuai dengan aturan badan sensor di Indonesia.

Belakangan, sikap Telkom sebagai operator telekomunikasi terbesar di Indonesia mulai melunak. April lalu, Telkom menyatakan akan mencabut pemblokiran akses Netflix jiak berhasil mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan dengan Netflix.
 

Tags: , , , , ,


COMMENTS