March 17, 2017

Ini Fitur Kamera Baru yang Diketahui Bakal Ditanam pada Galaxy S8

Penulis: Iwan RS
Ini Fitur Kamera Baru yang Diketahui Bakal Ditanam pada Galaxy S8  

MOBITEKNO – Spesifikasi Samsung Galaxy S8/S8+ sudah banyak diketahui melalui rentetan bocoran sejak beberapa bulan lalu. Dapur pacu (prosesor), desain, layar, sensor baru hingga kamera sedikit demi sedikit mulai terkuak informasinya.

Berkaitan dengan modul kamera yang menjadi salah satu andalan Galaxy S selama ini, ada satu fitur baru yang ditunggu kepastian ada tidaknya pada flagship tersebut.

Berbeda dengan beberapa vendor lainnya (Apple, Huawei, LG, Vivo, Oppo), Samsung tidak mau terburu-buru mengikuti tren dual camera (depan atau belakang) yang marak belakangan ini. Lalu, apa salah fitur kamera yang mungkin dijadikan andalannnya?

""

Menurut laporan media Korea, NAVER, Galaxy S8 akan dilengkapi dengan sensor kamera baru yang sanggup merekam video hingga 1000 fps (frames per second). Sensor kamera high-speed ini berguna untuk merekam adegan yang berlangsung sangat cepat untuk kemudian ditampilkan secara lambat (slow motion) agar adegan per adegannya bisa dilihat.

Kemampuan kamera S8 ini akan jauh meningkat jika dibandingkan pendahulunya, Galaxy S7 edge, yang 'hanya' sanggup merekam video 720p (HD) pada kecepatan 240 fps.

Sebelumnya, Sony Xperia XZ Premium yang diperkenalkan di MWC 2017 lalu juga menawarkan kemampuan sensor kamera yang hampir setara dengan Galaxy S8. Meski sensornya mungkin berbeda, Xperia XZ Premium dengan sensor IMX400 19 MP juga sanggup merekam video hingga 960 fps (720p).

Kabarnya, Samsung telah menambahkan DRAM khusus (sebagai buffer memory) pada sensor kamera agar rangkaian gambar dari lensa bisa 'ditangkap' lebih cepat (sinkron). Selain sensor high-speed, kamera depan (selfie) 8 MP dari galaxy S8/S8+ juga akan memakai sensor jenis baru dengan kemampuan autofocus.

Tidak ketinggalan juga adalah adanya scanner iris terbaru untuk digunakan sebagai sistem proteksi smartphone atau mobile payment (Samsung Pay). Scenner iris ini didukung sensor kamera RGB 3,7 MP yang lebih akurat dibandingkan phablet Galaxy Note 7 sebelumnya.

Kepastian mengenai fitur kamera ini tentu baru diketahui nanti pada ajang The 'Unpacked' (juga melalui livestream) yang rencananya akan digelar pada tanggal 29 Maret nanti.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS