March 17, 2017

Akhirnya Smartfren Jadi Operator Pertama Tawarkan Pre-Order iPhone 7. Kapan?

Penulis: Iwan RS
Akhirnya Smartfren Jadi Operator Pertama Tawarkan Pre-Order iPhone 7. Kapan?  

MOBITEKNO – Para pengguna setia iPhone di Indonesia memang harus sedikit bersabar jika ingin membeli smartphone terbaru Apple secara resmi. Setelah dirilis sejak September 2016 lalu, akhirnya di bulan Maret 2017 ini salah satu operator lokal membuka pre-order (pemesanan di awal) iPhone 7.

Apple bisa dikatakan sudah cukup lama tidak menjual menjual iPhone secara resmi di Indonesia. Terakhir, Apple hadir di tanah air dengan dua smartphone-nya, iPhone 6 dan 6 Plus sekitar tahun 2015 lalu. 

Alasan absennya Apple hadir secara resmi tentu saja karena terganjal aturan TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) yang sempat mengalami beberapa perubahan skema. Untungnya, aturan TKDN 30 persen akhirnya telah sepakat difinalisi dan mulai berlaku sejak Januari 2017.

Para vendor dan pihak terkait pun berberak cepat untuk memenuhi syarat tersebut, termasuk raksasa Apple yan bersiap kembali berkiprah di Indonesia. Pihak pertama yang duluan start menawarkan penjualan iPhone adalah operator 4G LTE Smartfren (PT Smartfren Telecom Tbk) yang baru saja mengumumkan tanggal dimulai pre-order iPhone 7 di minggu keempat bulan Maret ini.

""

Sayangnya, meski sudah mengumumkan di Twitter sebagai operator resmi yang digandeng oleh Apple, informasi terkait pre-order iPhone terbaru tersebut masih terbatas. Intinya, Smartfren hanya mengumkan dimulainya pre-order iPhone 7 pada tanggal 24 Maret mendatang. 

Pihak Smartfren sendiri belum memberikan informasi lebih lanjut seputar pre-order iPhone 7 yang tinggal satu minggu lagi digelar. Belum diketahui juga, seperti apa skema TKDN apa yang dilakukan Apple sehingga bisa lolos aturan TKDN. 

Yang pasti, persentase ketiga aspek (manufaktur, riset dan pengembangan, aplikasi) sudah disepakati oleh pihak yang terkait sehingga iPhone bisa melenggang di pasar lokal nanti. Kita tunggu saja, apakah peminat iPhone realtif tinggi? Ataukah konsumen konsumen Tanah Air lebih memilih kehadiran rival beratnya Samsung Galaxy S8?

 

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS