July 11, 2017

Indosat: Trafik Jaringan Kami Meningkat 117% Pada Libur Lebaran 2017

Penulis: Eko Lannueardy
Indosat: Trafik Jaringan Kami Meningkat 117% Pada Libur Lebaran 2017  

MOBITEKNO – Beberapa waktu lalu Mobitekno.com telah menginformasikan trafik atau lalu lintas layanan yang dirilis oleh Telkomsel dan XL Axiata selama libur Lebaran. Tercatat, kedua operator telekomunikasi tersebut sukses untuk menyajikan layanan yang terbilang nyaman untuk seluruh penggunanya.

Lalu, bagaimana dengan Indosat Ooredoo? Lewat rilis yang disebarkan melalui situs resminya, Indosat Ooredoo juga secara konsisten mampu menjamin performansi layanan telekomunikasi yang dihadirkannya dengan baik. Disebutkan, layanan data Indosat Ooredoo mengalami peningkatan sebesar 117% dibandingkan trafik data H+7 Lebaran tahun lalu.

Laporan lainnya juga menyebutkan, penggunaan data ini meningkat menjadi sekitar 3154,34 TB/hari atau naik 56,44% dibandingkan trafik data reguler pada hari biasa. Peningkatan ini juga sejalan dengan tren penggunaan sosial media di masyarakat, terutama aktifitas komunikasi menggunakan beragam aplikasi saat bersilahtuhrami selama masa mudik dan libur Lebaran.

"Mudik dan libur Lebaran adalah momen penting bagi masyarakat Indonesia. Momen ini digunakan untuk bersilaturahmi dan menghubungi sanak saudara di berbagai pelosok Indonesia. Indosat Ooredoo sadar akan pentingnya kualitas jaringan untuk mendukung momen ini. Oleh karena itu, kami perlu memastikan jaringan dalam kondisi baik," ujar Deva Rachman, Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo. 

Ditambahkan oleh Deva, Indosat Ooredoo melakukan peningkatan layanan hingga menjadi 7344 Terabyte/hari, dan kapasitas layanan suara disiapkan menjadi 37,5 juta Erlang/hari, sedangkan untuk kapasitas SMS ditingkatkan menjadi 1,9 Miliar SMS/hari untuk pelanggan nasional Indosat Ooredoo yang berjumlah 95,6 juta di seluruh Indonesia.

Selain itu, Indosat Ooredoo juga terus memonitor jaringan yang dikendalikan dari Indosat Ooredoo Network Operation Center (i-NOC) sebagai Command Centre. Command Center beroperasi beberapa hari sebelum dan sesudah Lebaran untuk mengidentifikasi secara proaktif melalui tim Performance Monitoring sebelum sebuah gangguan berimbas bagi pelanggan.

Satu hal yang juga menarik, telah terjadi perubahan tren penggunaan dari Voice dan SMS ke penggunaan media sosial di pelanggan Indosat Ooredoo. Akibatnya, ada penurunan jumlah Voice dan SMS dibandingkan kondisi H+7 Lebaran 2016 lalu. Tercatat, untuk Voice penuruananya mencapai 27,63%. Sedangkan trafik SMS H+7 2017 turun 50,39% dibandingkan trafik SMS H+7 2016.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS