May 7, 2017

Gunakan Progressive Web App, Twitter dan Indosat Ooredoo Hadirkan Twitter Lite

Penulis: Karyo
Gunakan Progressive Web App, Twitter dan Indosat Ooredoo Hadirkan Twitter Lite  

MOBITEKNO – Sebagai pengguna Twitter terbanyak di dunia, Indonesia tentu mendapat perhatian khusus dari Twitter. Twitter pun mengadakan penelitian terhadap pengguna di Indonesia. Hasilnya, pada awal tahun 2017 lalu Twitter menunjukan bahwa masyarakat di kota kecil ingin mendapatkan informasi terkini dan berpartisipasi dalam percakapan global, namun harus berhadapan dengan koneksi lokal yang kurang lancar, harga paket data yang kurang bersahabat, serta keterbatasan dalam memori ponsel.
Atas dasar itulah Twitter menggandeng Indosat Ooredoo untuk menghadirkan Twitter Lite. Bersama Indosat Ooredoo, Twitter menyediakan solusi bagi orang Indonesia agar berkesempatan untuk menjadi bagian dari percakapan global sehari-hari. 

Kerja sama strategis tersebut dilakukan dalam upaya untuk memperkaya pengalaman mobile-web Twitter Lite yang hemat data, lebih cepat, serta terjangkau. Dengan Inovasi yang telah dikembangkan, Twitter Lite akan meningkatkan pengalaman mobile-first pengguna Indonesia dengan lebih cepat dan hemat data untuk mengakses beragam informasi tentang apa yang sedang terjadi saat ini.

Twitter Lite menggunakan teknologi Progressive Web App yang dapat menghemat data hingga 70%, pemuatan konten yang 30% lebih cepat, serta navigasi yang lebih kencang. Sehingga  cukup  dengan menggunakan memori kurang dari 1 MB di ponsel.

“Melalui Twitter Lite, pihaknya berharap dapat menghadirkan layanan yang lebih cepat dan terjangkau, terutama untuk pengguna yang menghadapi tantangan dalam hal koneksi dan biaya paket data,” kata Maya Hari, Managing Director, Asia Pacific, Twitter. “Kami senang sekali dapat menghadirkan pengalaman Twitter yang lebih baik agar pengguna Indonesia dapat semakin terhubung dengan apa yang terjadi di dunia saat ini, terutama untuk mempersiapkan mereka menyambut Ramadan sebagai momen besar yang akan hadir beberapa minggu lagi,” tambah Maya.

Senada dengan  Maya, Arvinder Gujral, Senior Director, Business Development, Twitter Asia Pacific, mengungkapakan bahwa pengguna Indonesia sangat aktif berpartisipasi dalam percakapan lokal dan global seperti pertandingan Liga 1 atau ajang olahraga internasional sebesar English Premiere League (EPL), atau percakapan terkait idola KPop favorit mereka. 

“Maka dari itu, kami sangat gembira bermitra dengan Indosat Ooredoo karena keseriusan mereka di bidang teknologi dan digital agar masyarakat Indonesia dapat selalu terhubung dengan apa yang sedang terjadi di dunia melalui Twitter. 

Melalui kerja sama ini, kami bermaksud meningkatkan akses dan kemudahan Twitter Lite bersama salah satu jaringan telekomunikasi terbesar Indonesia untuk menghadirkan informasi terkait seputar dunia hiburan dan olahraga secara real time kepada jutaan masyarakat Indonesia,” ujar Gujral, pada kesempatan yang sama.

Sementara itu, Prashant Gokarn, Chief New Business Innovation Officer, Indosat Ooredoo, mengungkapkan bahwa Twitter Lite adalah bentuk komitmen Twitter untuk Indonesia sebagai salah satu negara dengan pengguna Twitter terbanyak di dunia. 

Inovasi yang ada di Twitter Lite berangkat dari keputusan Twitter untuk menaruh perhatian spesial kepada Indonesia melalui penelitian dan observasi yang telah dilakukan terhadap pengguna di Indonesia awal tahun ini. 

Beberapa fitur Inovasi yang disuguhkan Twitter Lite diantaranya adalah mode penghemat data. Dengan mode ini, gambar dan video akan masuk mode pratinjau lebih dulu sebelum pengguna memilih gambar atau video yang ingin dilihat guna mengurangi penggunaan data hingga 70%, menjadikannya lebih terjangkau untuk area dengan harga paket data yang mahal.

Fitur tersebut didudkung pula dengan  fitur Pengalaman yang “ringan”. Dengan kapasitas memori kurang dari 1MB, Twitter Lite memiliki ukuran yang relatif ringan dengan pemuatan konten yang 30% lebih cepat. 

Selain itu ada juga  fitur notifikasi otomatis (push notifications). Pengguna dapat dapat memilih untuk menerima notifikasi tentang apa yang sedang terjadi di Twitter atau apa yang sedang ramai dibicarakan seputar dunia hiburan dan olahraga, baik di dalam negeri maupun internasional.

Fitur lainnya yang disediakan juga adalah Menawarkan dukungan offline. Pengguna tidak akan mengalami gangguan ketika mereka kehilangan koneksi saat sedang menggunakan Twitter. 

Fitur yang juga penting adalah  Twitter Lite dapat ditambahkan ke layar utama (home screen) ponsel. Pengguna dapat menambahkan Twitter Lite ke layar utama (home screen) ponsel, yang dapat memudahkan penggunaan Twitter hanya dengan satu sentuhan. 
 

Tags: , , ,


COMMENTS