September 20, 2016

Dapat Dana Segar 750 Juta Dolar, Grab Siap Pacu Bisnisnya di Indonesia

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Dapat Dana Segar 750 Juta Dolar, Grab Siap Pacu Bisnisnya di Indonesia  

MOBITEKNO – Grab, layanan pemesanan transportasi di Asia Tenggara, meraih pendanaan ekuitas senilai US$ 750 juta (sekitar Rp 9,9 triliun) untuk meningkatkan jumlah total modalnya hingga lebih dari US$ 1 miliar. Kucuran dana segar ini menjadi indikasi awal persaingan baru Grab dengan kompetitornya GO-JEK yang juga baru mendapat dana segar baru-baru ini.

Dengan curahan modal ini, Grab mengkalim menjadi startup teknologi dan perusahaan mobile Internet dengan pendanaan terbaik di Asia Tenggara. Softbank, mitra strategis jangka panjang Grab selama ini menjadi penggelontor dana terbesar pada investasi terbaru ini. 

Moda terbarunya akan digunakan Grab, salah satunya untuk melakukan ekspansi bisnis di  Asia Tenggara dengan fokus utama di pasar Indonesia. Indonesia dianggap Grab merupakan negara terpenting dalam sepak terjang bisnis layanan trasnportasi online di kawasan Asia Tenggara.

Ekspansi juga akan dilakukan di sistem pembayaran mobile (mobile payment) melalui GrabPay. Sejauh ini, Grab telah bermitra dengan Citigroup untuk memakai poin kartu kredit Citibank sebagai pembayaran layanannya dan perusahaan Lippo group untuk menerapkan sistem pembayaran GrabPay di toko-toko, bisokop, dan e-commerce milik Lippo.

Menurut Grab, baik layanan GrabCar dan GrabBike telah bertumbuh hingga 250 lipat di Indonesia sepanjang paruh pertama 2016. Angka pertumbuhan ini terbilang impresif mengingat operasional GrabCar, misalnya baru ada di wilayah Jabodetabek dan Denpasar.

Menyambut curahan modal tambahan ini, Anthony Tan, Group CEO & Co-founder, menyatakan, “Pendanaan terbaru ini merupakan pendanaan terbesar dalam sejarah teknologi konsumen Asia Tenggara. Kami melihat peluang besar dalam pertumbuhan di Indonesia, dimana peluang pasar bisa mencapai US$15 miliar pada industri pemesanan kendaraan, termasuk potensi untuk mengembangkan platform GrabPay di kawasan Asia Tenggara.”

“Saya meyakini bahwa platform teknologi, data science, dan machine learning yang kami miliki akan terus berkembang guna mendukung ambisi kami di kawasan ini,” tambahnya.
 
Mewakili SoftBank, Masayoshi Son sebagai Chairman & CEO SoftBank Group Corp, mengatakan, “Grab jelas merupakan pemenang dalam industri mobile Asia Tenggara. Anthony dan timnya telah mencatat perkembangan yang mengesankan dalam membangun perusahaan mobile internet terbesar di Asia Tenggara.”

“Kami berkomitmen untuk mendukung jawara-jawara lokal seperti Grab yang memiliki visi akan ekosistem internet generasi berikutnya, dan tentunya kami menyambut baik peluang berpartisipasi dalam kesuksesan jangka panjang mereka,” tutup Masayoshi Son.

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS