July 19, 2016

Android 7.0 Nougat Developer Build Final Sudah Tersedia

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Android 7.0 Nougat Developer Build Final Sudah Tersedia  

MOBITEKNO – Android 7.0 Developer Build versi final baru saja diumumkan Google. Sebelumnya, penerus Android 6.0 Marshmallow ini juga telah mendapat nama resmi yang juga diambil dari nama makanan/snack manis, yaitu Nougat (permen batangan dengan kandungan madu, kecang, dan putih telur).

Kehadiran Android 7.0 Nougat Developer Build final ini juga menjadi pertanda bahwa versi final Android 7.0 Nougat untuk berbagai perangkat smartphone dan tablet akan segera menyusul dalam waktu dekat ini.

Seperti umumnya versi final, sebagian besar bug dan masalah yang ditemui dalam pengembangan Android 7.0 Nougat sudah diperbaiki. Di samping itu, sejumlah fitur baru juga dihadirkan pada build kali ini, seperti system image untuk preview device, sebuah emulator yang dapat digunakan untuk pengujian final untuk menjalankan berbagai aplikasi, update sistem, user interface (UI), termasuk API N final (API level 24).

Meski Android Nougat (developer build) final ini sudah lebih stabil dari versi sebelumnya, perlu diketahui bahwa build developer ini masih tetap memiliki bug atau penyebab ketidakstabilan sistem lainnya yang mungkin terjadi. Jadi, siapa saja yang berminat mencoba Android Nougat ini (men-download dan meng-install-nya di perangkat), harus mengantisipasi semua kemungkinan yang ada dengan sebelumnya mem-backup data yang dianggap penting.

Meski belum memberikan jadwal resmi versi final Android 7.0 Nougat, Google sudah memberi jadwal rencananya di akhir musim panas ini. Bagi Anda yang tertarik dengan berbabai aspek teknis seputar Android Nougat, tim Google (Android Engineering Team) akan menggelar AMA (Ask Me Anything) di website Reddit dalam subreddit ‘r/androiddev’ besok (20/7/2016 mulai pukul 15.00 siang hingga 17.00 (waktu setempat).

 

Tags: , , , ,


COMMENTS