July 19, 2016

Besok, Pokemon Go Hadir Resmi di Asia. Dimulai dari Jepang

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Besok, Pokemon Go Hadir Resmi di Asia. Dimulai dari Jepang  

MOBITEKNO – Setelah diluncurkan pertama kali di negara Amerika Serikat, Australia, dan Kanada, tanpa menunggu lama, game ‘Pokémon Go’ pun menyambangi warga Eropa dengan kehadiran resminya melalui Google Play Store dan Apple App Store di 26 negara di ‘benua biru’ tersebut.

Tidak sedikit warga di belahan dunia lainnya, utamanya di Asia, bertanya kenapa game mobile buatan Niantic ini masih belum dirilis resmi di negara asal Pokémon, yaitu Jepang?

Salah satu alasan teknisnya pernah diutarakan John Hanke, CEO Niantic, sehubungan dengan belum hadirnya Pokémon Go di negara asal franchise Pokémon ini. Menurut Hanke yang mulai membuat game sejak 20 tahun lalu ini, alasan utamanya adalah menyediakan kapasitas server yang benar-benar siap untuk semua pengguna Pokémon Go di Jepang.

Lonjakan pengguna yang mengakses server saat Pokémon Go hadir secara resmi di Jepang harus benar-benar diantispasi, baik oleh Niantic atau Nintendo sebagai pemegang franchise Pokémon tersebut.

Kini, setelah keduanya sudah menyatakan kesiapan untuk menghadirkan Pokémon Go di Jepang, lebih cepat dari jadwal yang ditentukan sebelumnya (akhir bulan Juni), warga Jepang pun diperkirakan sudah dapat memulai pencarian monster Pokémon melalui smartphone besok hari.

Selain kehadiran di Jepang, Niantic juga diperkirakan akan memperkenalkan metode monetize pertamanya dengan sistem lokasi bersponsor (sponsored locations) pada Pokémon Go.

Niantic juga mengumumkan bahwa restoran cepat saji McDonalds akan menjadi perusahaan pertama yang bekerja sama dengan mereka menjadi ‘sponsored location’. Lebih dari 3 ribu restoran McDonalds di Jepang juga akan menjelma menjadi lokasi gym pada besok hari. Niantic belum memberikan keterangan resmi berapa lama kerjasamanya dengan McDonalds akan dilakukan.

Setelah Jepang, Pokémon Go juga akan segera hadir secara resmi di negara-negara Asia lainnya dalam waktu dua minggu ke depan. Bagi Anda yang ingin mengetahui kehadiran Pokémon Go di berbagai negara bisa memeriksanya langsung di alamat ini.

 

 

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS