June 13, 2016

10 Aplikasi Terbaik Anak Muda Yogyakarta Akan Dipamerkan di Ajang Microsoft YouthSpark

Penulis: Eko Lannueardy
10 Aplikasi Terbaik Anak Muda Yogyakarta Akan Dipamerkan di Ajang Microsoft YouthSpark  

MOBITEKNO – Program hasil kerjasama YCAB Foundation (Yayasan Cinta Anak Bangsa) dan Microsoft Indonesia yang menggandeng Microsoft Innovation Center dan FISIPOL Universitas Gadjah Mada serta Dinas Pendidikan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta telah memasuki tahap akhir.

Puncak acara ditandai dengan gelaran pameran 10 aplikasi pilihan dan pengumuman aplikasi terbaik yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Juni 2016, di Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjasoemantri, Universitas Gadjah Mada, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Microsoft YouthSpark merupakan inisiatif global Microsoft yang melibatkan pemerintah, institusi pendidikan, organisasi nirlaba, perusahaan dan berbagai komunitas untuk mengatasi masalah pengangguran dengan menciptakan kesempatan bagi kaum muda di seluruh dunia melalui program edukasi di bidang teknologi.

M.Farhan, Sekretaris Jenderal YCAB menegaskan bahwa program ini sengaja digelar untuk membekali anak muda pra-sejahtera dengan kemampuan teknologi sejak dini. Selain itu, juga untuk memberi nilai tambah bagi mereka agar bisa bersaing di dunia kerja dengan rasa percaya diri.

Pelaksanaan Microsoft YouthSpark Ilmu Komputer di Yogyakarta turut didukung Bidang Pengembangan Layanan Teknologi Informasi, DISKOMINFO, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dukungan ini diberikan dengan harapan kegiatan Microsoft YouthSpark Ilmu Komputer dapat membantu program pemerintah untuk meningkatkan nilai-nilai budaya, khususnya di Yogyakarta.

Melibatkan 800 murid dan guru dari sekitar Yogyakarta, pembukaan program Microsoft YouthSpark Yogyakarta dilaksanakan pada bulan November 2015 lalu. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan Microsoft YouthSpark Idea Generation, dimana 300 peserta diajak untuk menghasilkan ide-ide kreatif.

Setelah Microsoft YouthSpark Idea Generation, pelatihan khusus diberikan kepada para peserta yang terpilih. Para peserta yang berasal dari 26 sekolah dan 3 organisasi nirlaba di Yogyakarta, kemudian terbagi dalam beberapa kelompok untuk diberikan pembelajaran coding menggunakan Kodu/Hour of Code untuk menciptakan aplikasi permainan.

Ruben Hattari, Corporate Affairs Director, Microsoft Indonesia mengatakan “Melihat antusiasme generasi muda Yogyakarta dalam proses mencetuskan ide, belajar coding dan menghasilkan aplikasi yang menarik dan beragam merupakan hal yang inspiratif.”

 

Tags: , , ,


COMMENTS