May 13, 2016

Ingin Fungsi Search Ada iOS, Google Buat Aplikasi Keyboard Gboard

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Ingin Fungsi Search Ada iOS, Google Buat Aplikasi Keyboard Gboard  

MOBITEKNO – Google bukan hanya ingin berbagai aplikasinya tumbuh subur di Android. Platform rivalnya, iOS, juga menjadi lahan yang ingin digarap raksasa Internet ini. Seperti yang belum lama ini dilakukan Google dengan merilis aplikasi keyboard untuk iOS yang menyertakan fungsi internal Google Search.

Nama aplikasinya seperti kebanyakan aplikasi dan layanan Google lainnya, juga menyertakan huruf ‘G’ yaitu Gboard atau Google keyboard. Aplikasi Gboard ini akan tersedia secara gratis bagi pengguna iPhone atau iPad di AppStore.

Fitur pencarian internalnya (search feature) ini bisa diakses melalui icon Google di kiri atas area keyboard. Hasil pencarian akan ditampilkan dalam susunan card-styled yang bisa di-copy/paste secara langsung di mana saja. Selain fungsi search, Gboard juga menyediakan fitur pengetikan swipe (swipe typing), akses ke koleksi GF online, dan pencarian emoji.

Pada blog-nya, Rajan Patel, Principal Engineer Google menyatakan, “Pencarian dan penyampaian berbagai hal atau info di smartphone tidaklah sukar."

"Dengan Gboard, Anda dapat mencari dan mengirimkan berbagai informasi, seperti restoran, jadwal penerbangan, atau artikel baru, langsung dari keyboard", tambah Rajan.

Aplikasi keyboard Gboard terlihat seperti aplikasi ‘Google Now On Tap’ service versi iOS dengan kompromi ‘sana-sini’ karena ketatnya platform iOS terhadap aplikasi pihak ketiga (third party app). Meski demikian, Gboard cukup pantas disebut sebagai aplikasi keyboard third party terbaik saat ini untuk iOS. Saat ini Gboard baru bagi pengguna di AS. Ketersediannya untuk negara lainnya akan segera menyusul kemudian.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS