March 12, 2017

Kendala Bahasa? Fitur ‘Automatic Translation’ Gboard Permudah Ngobrol di WhatsApp dengan Siapa Saja

Penulis: Iwan RS
Kendala Bahasa? Fitur ‘Automatic Translation’ Gboard Permudah Ngobrol di WhatsApp dengan Siapa Saja  

MOBITEKNO – Gboard, salah satu aplikasi keyboard terbaik untuk smartphone/tablet Android baru saja mendapat fitur baru yang sangat bermanfaat di era Internet yang serba terkoneksi saat ini.

Google menambahkan fitur penerjemahan otomatis (automatic translation) pada versi terbaru Gboard. Dengan fitur ini, kendala bahasa saat berkomunikasi dengan siapa saja di belahan dunia ini bisa dilakukan.

Terjemahan langsung dengan 'mesin' memang masih belum dapat menggantikan terjemahan manusia, tapi minimal fitur ini bisa menjadi solusi efektif dalam mengatasi kendala bahasa dan komunikasi antar-bangsa di dunia.

Caranya mudah, setelah meng-install Gboard versi terbaru (6.1 atau di atasnya), pengguna aplikasi, misalnya WhatsApp bisa langsung mengaktifkan fitur penerjemahan langsung Gboard dengan mengklik (men-tap) ikon/icon 'G' berwarna-warni. Syaratnya, aplikasi keyboard sudah diatur agar selalu menggunakan Gboard dan bukan aplikasi keyboard bawaan vendor smartphone atau aplikasi keyboard third-party lainnya.

Selanjutnya, pilihan icon baru 'Translate' yang sudah terintegrasi pada Gboard untuk siap menerjemahkan input teks yang diketik secara langsung (real time) sesuai pilihan bahasa target yang ditentukan sebelumnya.

""

Pilih ikon 'G' dan tap ikon 'automatic translation' untuk mengaktifkan fitur penerjemahan langsung saat mengetik di WhatsApp. 

Secara default (standar), Google akan mendeteksi jenis bahasa yang diketik pengguna, meski lebih direkomendasikan untuk memilihnya secara manual. Pertimbangannya, saat opsi deteksi bahasa dipilih, Gboard masih kurang tepat membedakan anatar bahasa Indonesia dan bahasa Malaysia.

Selain fitur automatic translation, Gboard juga menyediakan fitur menarik lainnya, seperti automatic emoji, rekomendasi GIF, dan fitur untuk mempermudah ketik dengan satu tangan (One-handed mode).
 

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS