May 13, 2016

Ini 10 Perusahaan TI di Indonesia dengan Job Interview Paling Menantang

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Ini 10 Perusahaan TI di Indonesia dengan Job Interview Paling Menantang  

MOBITEKNO – Industri TI (teknologi informasi) banyak dianggap sebagai industri yang dinamis menjanjikan, dan terus berkembang. Inilah yang menjadi salah satu alasan banyak angkatan kerja tertarik untuk bekerja di industri TI.

Jobplanet (Jobplanet.com), platform komunitas online yang menampilkan informasi tentang perusahaan di berbagai industri belum lama ini mengadakan riset seputar tingkat kesulitan wawancara kerja di perusahaan TI di Indonesia.

Jobplanet menggunakan sampel 900 perusahaan TI yang terdaftar dalam situsnya dan menganalisis informasi dari 3.500 responden yang pernah menjalani proses wawancara di perusahaan TI yang termasuk dalam sampel. Seluruh informasi dikumpulkan sejak Agustus 2015 hingga akhir April 2016 melalui situs Jobplanet.com.

Dari riset ni, Jobplanet menentukan daftar 10 perusahaan TI dengan tingkat kesulitan wawancara tertinggi, di antaranya PT Microsoft Indonesia, PT Google Indonesia, PT Global Digital Niaga (Blibli.com), dan PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel). Simak lebih jauh daftarnya pada tabel di bawah.

Analisis juga dilakukan terhadap tingkat kepuasan karyawan di sepuluh perusahaan tersebut untuk mengetahui korelasi tingkat kesulitan wawancara dengan tingkat kepuasan karyawan di perusahaan tersebut.

""

Perlu diketahui, tingkat kesulitan wawancara kerja dalam platform Jobplanet dinilai dari skala 1 hingga 5, di mana nilai 1,0 mewakili “sangat mudah”, 3,0 mewakili “sedang”, dan nilai 5,0 mewakili “sangat sulit”. Secara keseluruhan, rata-rata tingkat kesulitan wawancara di perusahaan TI adalah 2,6.

Sementara itu, tingkat kepuasan karyawan dalam platform Jobplanet dinilai dari skala 1 hingga 5, di mana nilai 1,0 mewakili “sangat tidak puas”, 3,0 mewakili “cukup puas”, dan nilai 5,0 mewakili “sangat puas”. Secara keseluruhan, rata-rata tingkat kepuasan karyawan di perusahaan TI adalah 3,34.

"Kesepuluh perusahaan TI tersebut dinilai oleh para pengguna Jobplanet.com memiliki tingkat kesulitan wawancara paling tinggi, atau cukup jauh di atas rata-rata tingkat kesulitan wawancara di perusahaan TI secara keseluruhan yang sebesar 2,6,” ungkap Kemas Antonius, Chief Product Officer Jobplanet di Indonesia.

Berdasrkan riset ini Jobplanet juga menemukan korelasi antara tingkat kesulitan wawancara kerja dengan tingkat kepuasan karyawan di suatu perusahaan. Perusahaan yang dikenal memiliki reputasi bagus biasanya memiliki tingkat kepuasan karyawan yang tinggi.

Kepuasan ini erat kaitannya dengan kesejahteraan yang didapat para karyawannya. Selain itu, semakin baik reputasi suatu perusahaan, semakin ketat pula proses rekrutmen karyawan di perusahaan tersebut.

"Berdasarkan analisis kami, kesepuluh perusahaan TI dengan tingkat kesulitan wawancara kerja yang cukup tinggi itu juga memiliki tingkat kepuasan karyawan yang terbilang tinggi dan di atas rata-rata,” pungkas Kemas.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS