June 12, 2018

Update Terbaru akan Bikin Aplikasi Keyboard Gboard Makin Hemat Baterai

Penulis: Iwan RS
Update Terbaru akan Bikin Aplikasi Keyboard Gboard Makin Hemat Baterai  

Mobitekno – Gboard, aplikasi keyboard Google yang populer, baik di perangkat Android dan iOS ini sedang memasuki tahap pengujian (Beta version) yang menawarkan peningkatan performa dan beberapa fitur baru.

Gboard versi beta (7.3) di beta channel ini menyertakan dua fitur baru menarik untuk diuji coba pengguna. Keduanya adalah fitur hemat baterai (Battery Saver Mode), peringatan saat kapasitas storage mulai habis, koleksi stiker baru, dan tool OCR (optical character recognition) untuk men-scan gambar teks menjadi teks yang dapat diedit.

Gboard

Dari keduanya, fitur battery saver mode dianggap menjadi fitur yang paling bermanfaat bagi banyak pengguna dan bakal disertakan pada update Gboard final waktu dekat ini.

Fitur Battery Saver Mode ini bertujuan untuk menghemat baterai smartphone saat pengguna menggunakan aplikasi keyboard tersebut. Caranya sederhana, Google hanya mengatur penggantian warna (theme) Gboard ke ‘dark theme’ dan menonaktifkan beberapa fungsi keybaord yang dianggap boros.

Gboard

Menurut bedah APK yang dilakukan 9to5google, Rabu (6/6/2018), mode hemat baterai ini dapat diaktifkan dan dinonaktifkan secara manual. Selain mode ini , fitur menarik lainnya yang ditambahkan ke Gboard ialah peringatan saat ruang penyimpanan habis.

Mengingat keyboard merupakan modul penting bagi aplikasi umumnya, Google juga sedang menguji tool OCR dalam Gboard. Tuajuannya agar pengguna tidak perlu lagi menggunakan Google Lens atau aplikasi OCR lainnya dari luar aplikasi Gboard.

Tags: , , ,


COMMENTS