September 9, 2016

Samsung Patenkan Smartphone Hybrid dengan Dual OS

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Samsung Patenkan Smartphone Hybrid dengan Dual OS  

MOBITEKNO – Sudah tidak diragukan lagi jika Android OS jauh lebih populer dari Windows 10 Mobile. Bahkan banyak pihak yang meragukan Microsoft akan terus berkomitmen untuk terus mengembangkan sistem operasi (OS) smartphone tersebut.

Anehnya, Samsung sebagai produsen smartphone berbasis Android terbesar di dunia masih melihat adanya peluang bagi Windows 10 Mobile. Raksasa elektronik Korea tersebut dikabarkan sedang mematenkan produk smarphone hybrid dengan dual OS yang salah satu OS-nya berasal dari Microsoft.

Smartphone hybrid tersebut punya memiilki kemampuan menjalankan Android OS dan Windows 10 Mobile secara bersamaan. Smartphone hybrid ini mungkin akan menjadi produk niche jika bena-benar muncul di pasaran. Pasalanya, jumlah pengguna smartphone Android yang membutuhkan adanya Windows 10 Mobile pada satu smartphone mungkin tidak banyak, jika tidak bisa dikatakan sangat sedikit .

Samsung mungkin punya argumen tersendiri untuk mematenkan samrtphone hybrid tersebut. Berbeda dengan smartphone dual OS lainnya yang menerapkan sistem dual booting, konsep smartphone hybrid dari Samsung ini memperlakukan kedua OS tersebut layaknya sebuah aplikasi.

Jadi, pengguna bisa menjalankan atau berpindah antar-aplikasi dari masing-masing OS layaknya berpindah aplikasi pada smartphone dengan satu OS. Konsep samsrtphone hybrid ini tidak mudah diwujudkan Samsung karena Samsung harus bisa mengelelola alokasi resource system (prosesor, RAM,dll) untuk kedua OS yang berjalan di smartphone.

Urusan dual system dalam satu device bukan pertama kali dilakukan Samsung. Tiga tahun lalu, Samsung sudah memperkenalkan tablet berbasis Windows, ATIV Q yang menjalankan Android melalui solusi virtualisasi (virtual machine).

 

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS