September 7, 2016

Tidak Ingin Dijuluki Browser Boros Baterai, Google Pamerkan Efisiensi Chrome 53 Terbaru

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Tidak Ingin Dijuluki Browser Boros Baterai, Google Pamerkan Efisiensi Chrome 53 Terbaru  

MOBITEKNO – Adu hemat baterai empat jenis browser saat dijalankan di notebook sempat dilakukan Microsoft melalui video singkatnya di YouTube. Hasil komparasi pengujian Microsoft menunjukkan browser Edge bekerja paling efisien/hemat karena baterai notebook bertahan lebih lama, berturut-turut dari browser Google Chrome (70% lebih lama), Mozilla Firefox (43%), dan Opera (17%).

Salah satu pihak yang merespons pengujian Microsoft tersebut adalah Opera Software yang menukangi browser Opera. Pada link ini, Opera mempertanyakan metodologi pengujian Microsoft tersebut dan berinisiatif melakukan pengujian dengan metodologi pengujiannya sendiri.

Hasil pengujian Opera, browser mereka, Opera Developer (39.0.2248.0), dengan fitur ‘native ad blocker’ dan ‘power saver’ aktif (enabled) bisa bekerja lebih lama 22% dari browser Microsoft Edge (25.10586.0.0) dan 35% dari browser Google Chrome (51.0.2704.103) pada laptop Windows 10 64-bit.

Bagaimana dengan pengujian Google sendiri yang diklaim paling boros baterai? Meski tidak secara langsung merespons kedua pengujian di atas (masing-masing oelh Microsoft dan Opera), Google melakukan pengujian terbarunya yang membandingkan efisiensi baterai yang dihadirkan pada browser versi terbarunya, Chrome 53, dibandingakn Chrome 46 yang dirilis tahun lalu.

Pada video pengujian yang diunggah ke Youtube, Google menjalankan dua notebook Surface Book yang sama masing-masing menjalankan dua versi Chrome berbeda (46 vs 53). Pengujian dilakukan dengan menjalankan Chrome untuk memutara video streaming non-stop Vimeo.

Hasinya, notebook Surface Book yang menjalankan Chrome 46 bertahan hingga 8 jam 27 menit, sedangkan Surface Book dengan Chrome 53 bertahan hingga 10 jam 39 menit.

Dengan hitungan matematis berarti notebook dengan Chrome 53 bisa berjalan 2 jam 12 menit lebih lama dari notebook dengan Chrome 46. Dengan kata lain, Chrome 53 bekerja 21% lebih efisien dari Chrome 46.

Pengujian Chrome 53 kini lebih efisien, hasil pengujian Google ini tidak menunjukkan bahwa Chrome kini lebih efisien dari Edge atau Opera. Pengujian Microsoft juga tidak menjelaskan Chrome versi apa yang digunakannya saat pengujian.

Belum diketahui juga, apakah Microsoft akan kembali melakukan eksperimen pengujian yang sama dengan versi terbaru dari keempat browser tersebut. Yang jelas, efisiensi telah menjadi salah satu faktor penting bagi developer browser di zaman serba mobile saat ini.

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS