February 2, 2017

Mulai 8 Februari 2017, Gmail Tidak Lagi Dukung Chrome Versi 53 dan Sebelumnya

Penulis: Desmal Andi
Mulai 8 Februari 2017, Gmail Tidak Lagi Dukung Chrome Versi 53 dan Sebelumnya  

MOBITEKNO – Dalam menggunakan aplikasi atau software di notebook atau PC desktop, ternyata tidak semua orang akan meng-update aplikasi yang dimilikinya ketika versi baru dikeluarkan dari pembuatnya. Bagi yang melakukan update, mereka biasanya penasaran dengan fitur-fitur baru yang ditawarkan di bersi terbaru. Namun, bagi yang tidak ingin meng-update, kebanyakan sudah puas dengan kinerja dan fitur yang ada pada versi yang mereka pakai.

Hal ini juga berlaku pada aplikasi browser, terutama Google Chrome. Banyak pengguna Chrome yang merasa cukup puas tidak meng-update browsernya saat versi baru diperkenalkan Google. Namun, di bulan Februari 2017 ini, pengguna yang tidak meng-update browser Chrome-nya harus berpikir ulang. Mengapa? Baru saja Google memberikan informasi bahwa layanan email miliknya, yaitu Gmail tidak akan didukung lagi jika masih menggunakan Chrome versi 53 dan di bawahnya. Penghentian dukungan Gmail di Chrome versi 53 dan di bawahnya ini akan dimulai pada tanggall 8 Februari 2017.

“Pengguna Gmail yang masih menggunakan Windows XP dan Windows Vista mungkin yang akan merasakan dampak besarnya dengan pengumuman ini. Hal ini karena (Chrome) versi 49 merupakan versi terakhir yang mendukung kedua sistem operasi tersebut,” menurut Google, seperti dikutip dari Ubergizmo. “Seperti diumumkan sebelumnya pada bukan April 2015 dan November 2015 lalu bahwa kedua sistem ini tidak didukung lagi oleh Microsoft. Jadi, disarankan pengguna dua sistem operasi tersebut untuk bermigrasi ke sistem operasi Microsoft di atasnya yang mendukung Gmail,” tambah Google.

Saat ini, versi Chrome terbaru yang sudah bisa digunakan adalah Chrome 56. Namun, dengan pengumuman ini bukan berarti Gmail tidak bisa digunakan. Gmail tetap bisa digunakan, tetapi sudah tidak diperhatikan (didukung) Google lagi. Dengan demikian, isi email di dalamnya bisa rentan terhadap berbagai kasus keamanan.

Tags: , , ,


COMMENTS